• Our Partners:

Performa Ponsel Smartphone Pixel 5 di acara tahunan Google

Google Akhirnya Menyadari Pixel Terlalu Mahal, Janji Perbaiki Tahun Ini

NESABAMEDIA.COM – Ponsel Pixel Google selalu relatif mahal. Tidak relatif dengan pesaing utama mereka, Samsung Galaxy dan iPhone of the year, yang selama ini selalu mengusung harga serupa, namun relatif terhadap spesifikasi dan kemampuan yang mereka tawarkan. Dan yang paling penting, relatif terhadap fakta bahwa sangat sedikit orang yang mau beralih dari merek ponsel yang mereka kenal untuk mencoba Google Pixel untuk pertama kalinya.

Jika Pixel terbaru memiliki harga yang sama dengan ponsel Samsung yang Anda gunakan, tetapi terlihat hambar dan tidak memiliki tingkat spesifikasi yang sama – atau insentif penjualan dari operator dan pengecer – mengapa Anda akan mencobanya? Nama “Google” rupanya belum cukup untuk meyakinkan banyak orang.

Namun Google menemukan sesuatu dengan Pixel 3a dan Pixel 3a XL tahun lalu: Jika Anda menurunkan harganya, orang-orang akan mulai mempertimbangkan Pixel. Penjualan Pixel Google secara keseluruhan naik lebih dari 50% pada tahun 2019, terutama karena penjualan Pixel 3a dan 3a XL, yang dilaporkan lebih dari dua kali lipat dari Pixel 3, meskipun diluncurkan pada pertengahan tahun. Penjualan Pixel 4 dan 4 XL dilaporkan buruk, yang sejujurnya tidak terlalu mengejutkan mengingat respons hangat yang didapat ponsel bahkan dari penggemar terbesar Google.

Hal yang paling jelas adalah bahwa bahkan dengan Pixel 4 dan 4 XL yang lebih mahal dianggap cacat dan mahal, mungkin menodai citra merek, orang masih terus memuji seri 3a, bahkan hingga tahun 2020. Tidak ada keraguan bahwa Pixel 3a dan 3a XL terus menjual lebih banyak dr seri Pixel 4, melebihi apa yang Anda harapkan mengingat perbedaan harganya.

Untungnya, Google telah mengambil hati ini dan dengan jelas menerapkan strategi baru. Pixel 4a adalah ponsel yang fantastis, dengan sempurna membangun warisan Pixel 3a dengan pengalaman luar biasa dan kualitas kamera yang luar biasa – dan lebih baik lagi, Google bahkan memangkas harga $ 50 dibandingkan dengan Pixel 3a. Dapat dimengerti bahwa ulasan sangat positif, dan Pixel 4a saat ini menjadi ponsel tidak terkunci terlaris di Amazon. Pixel 4a 5G yang lebih besar dan berkemampuan 5G diharapkan menjadi $ 500, masih harga yang sangat terjangkau bagi banyak orang.

Bahkan Pixel 5 “kelas atas” tahun ini, yang diharapkan pada bulan Oktober, akan hadir sebagai perangkat dengan fitur yang lebih sedikit dan spesifikasi yang lebih rendah daripada Pixel 4 tahun lalu – dengan harga yang sesuai, dilaporkan sekitar $ 650. Pemahaman baru Google bahwa banyak orang sudah bosan dengan harga ponsel yang terus naik membuat pendekatan andalan terbaru Samsung terlihat sangat ketinggalan zaman. Dengan Galaxy S20 mulai dari $ 999 dan Note 20 Ultra yang diluncurkan dengan harga $ 1.300, melihat ponsel kelas atas Google tahun ini memiliki harga yang dimulai dengan 6 sangatlah menarik.

Sekarang Google semakin condong ke arah proposisi nilai yang kuat, meremehkan apa yang dulunya merupakan pesaing dolar-untuk-dolar, sebenarnya Google memiliki peluang untuk menumbuhkan apa yang masih merupakan pangsa pasar kecil. Karena sementara Pixel mungkin tidak terlalu menarik pada pandangan pertama, kebanyakan orang dengan cepat “mendapatkannya” segera setelah mereka benar-benar menggunakannya – dan khususnya, setelah mereka melihat apa yang dapat dilakukan kamera Pixel. Namun satu-satunya cara orang mau mencoba Pixel untuk pertama kalinya adalah jika harganya jauh lebih murah daripada nama merek besar yang mereka kenal dan gunakan saat ini. Ini tidak berbeda dengan apa yang harus dilakukan OnePlus selama bertahun-tahun untuk mendapatkan pengakuan merek.

Saya masih sepenuhnya mendukung keputusan untuk memiliki model Pixel 5 yang lebih mahal, dengan spesifikasi ekstra, perangkat keras yang lebih bagus, dan fitur rapi yang menjadi pelengkap bagi pembeli yang kurang sadar harga yang menginginkan pengalaman terbaik yang ditawarkan Google. Tapi jelas tidak bisa menaruh banyak telur di keranjang itu.

Google harus membalik skrip dan alih-alih menggunakan Pixel 5 sebagai perangkat “halo” yang meningkatkan penjualan seluruh portofolio, gunakan Pixel 4a yang murah (dan Pixel 4a 5G yang akan datang) untuk membawa orang-orang baru ke dalam merek dan meningkatkannya ke Pixel atas nanti. Ini sedang dalam proses untuk membentuk struktur itu, dan akan terwujud sepenuhnya pada akhir tahun.

Leave a Reply

Send this to a friend