Google dan Microsoft Kerjasama Atasi Masalah Audio Youtube di Windows 10

Google dan Microsoft Kerjasama Atasi Masalah Audio Youtube di Windows 10

NESABAMEDIA.COMFitur terbaru Microsoft untuk platform Chromium berbasis open-source tidak hanya akan menguntungkan browser default Windows 10 yakni Edge saja, tetapi juga Google Chrome yang menjadi pesaingnya. Dalam sebuah unggahan, Google dan Microsoft kedapatan telah melakukan konfirmasi bahwa keduanya tengah bekerjasama untuk memberikan peningkatan kualitas audio saat pengguna memutar video Youtube di browser Edge dan Chrome untuk Windows 10. 

Sebelumnya, banyak sekali pengguna yang melaporkan bahwa mereka mengalami masalah audio ketika menonton Youtube di browser Chrome Windows 10. Dalam beberapa kasus, pengguna melaporkan masalah itu adalah mereka tidak bisa mendengar suara video di volume penuh dari speaker perangkat PC mereka. 

Menurut Google, Youtube telah menerima ratusan laporan setiap harinya dari para pengguna yang komplain akan video yang diputar tanpa adanya suara di perangkat desktop dan 95 persen dari laporan itu berasal dari pengguna Windows. 

Google meyakini bahwa ada tiga alasan utama yang menyebabkan terjadinya masalah audio itu. Pertama bisa saja karena pengguna secara tidak sengaja memencet tombol mute di video Youtube yang mereka tonton, atau perangkat output audio telah mengalami perubahan (ini terjadi ketika pengguna memiliki dua monitor dengan satu audio yang terhubung), kemudian juga bisa karena driver yang ada di Windows 10. 

Baik driver bawaan dan driver dari pihak ketiga bisa menyebabkan hasil suara tidak muncul di Youtube. Monitor HDMI dengan pengatur volumenya sendiri, kartu suara USB, dan lain sebagainya bisa menyebabkan masalah suara, seperti yang dijelaskan oleh pihak Google.

Dalam proposal yang diajukan, Google meminta kepada Microsoft dan tim Youtube untuk saling berkolaborasi dalam pengujian driver untuk mengatasi potensi munculnya masalah pada audio di situs Youtube dan browser berbasis Chromium baik itu Edge dan Chrome. 

Microsoft sendiri dikabarkan telah menerima permintaan Google itu dan mereka telah mulai melakukan kerjasama untuk menghadirkan fitur baru yang memungkinkan browser berbasis Chromium untuk mengatasi masalah para penggunanya terkait volume browser yang tidak bisa maksimal atau di-mute. 

Berdasarkan unggahan tersebut, tampaknya Microsoft mencoba untuk meningkatkan integrasi antara Chromium dan fitur pengatur suara bawaan Windows 10. Namun untuk saat ini, belum bisa diketahui kapan perubahan ini akan dirilis untuk pengguna publik.  

Leave a Reply

Send this to a friend