Google-Billing

Google Ekspansi Jenis Pembayaran di Play Store

NESABAMEDIA.COM – Google baru-baru ini telah memberikan kesempatan kepada pengembang aplikasi di layanan Play Store, untuk memperluas layanan mereka agar dapat memberikan pilihan pembayaran yang lebih luas. Google akan memberlakukan pembayaran pihak ketiga, namun dengan syarat akan menaikkan Fee hingga 155, Sabtu (03/09).

Pengguna Google Play Store memang telah berasal dari berbagai macam negara, ada banyak juga aplikasi dan layanan di Play Store yang membutuhkan pembayaran untuk dapat mengunduhnya. Maka dari itu itu, Google memberikan pilihan untuk melakukan pembayaran dengan lebih mudah, sebut saja melalui Merchant, hingga kartu kredit.

Namun, ternyata tidak semua negara memiliki akses pembayaran yang telah ditetapkan oleh Google. Berangkat dari masalah KakaoTalk yang sempat menghadirkan pembayaran pihak ketiga, namun mendapatkan tindakan kecaman dari Play Store. Hal ini terbilang memiliki dampak yang baik jika dikaji dalam kacamata yang berbeda.

Balik lagi, tidak semua orang memiliki kartu kredit untuk melakukan pembayaran, juga tidak semua orang tinggal di lokasi yang deka dengan cabang Merchant yang dibuka. Maka dari itu, menghadirkan pembayaran pihak ketiga bi menjadi solusi atas masalah ini. Di Indonesia misalnya, yang sebagian besar orang telah akrab dengan pembayaran digital melalui dompet digital.

Kabar baiknya, kini Google akan memperluas jenis pembayaran mereka melalui pihak ketiga. Beberapa negara yang telah mendapatkan dukungan Google ini diantaranya ialah Indonesia, Australia, Jepang, dan India. Tercatat hingga saat ini, Eropa menjadi bagian negara pertama yang telah didaftarkan oleh Google melalui European Economic Area atau EAA.

Namun, pembayaran pihak ketiga yang akan diberlakukan oleh Google ini akan menaikkan harga mereka, di mana kenaikan harganya bisa mencapai 15-30% untuk biaya tambahan. Maka dari itu, Anda sebagai pengguna setidaknya bisa memperkirakan berapa kisaran kenaikan harga yang akan berlaku ketika membeli aplikasi di Play Store.

Fitur pembayaran dengan menggunakan akses pihak ketiga ini akan berlaku di 2023, tepatnya pada Maret 2023 mendatang. Sejalan dengan pengurusan persyaratan di tiap negara yang tentunya memakan banyak waktu untuk kemudian akan resmi dirilis.

Bagaimana tanggapan Anda mengenai rencana Google ini? Tentu pembayaran akan lebih mudah diakses dengan tanpa perlu menggunakan kartu kredit, yang mana tidak semua orang memilikinya.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend