Google Lakukan Perubahan Besar di Play Store

Google Lakukan Perubahan Besar di Play Store, Yang Mungkin Bikin Pengguna Android Kecewa

NESABAMEDIA.COMPengguna Android yang membuka aplikasi Play Store, akan mendapatkan tampilan yang berbeda. Google melakukan perubahan yang cukup besar pada halaman aplikasi Play Store pada minggu kemarin, dan efeknya akan dialami oleh seluruh pengguna Android di seluruh dunia. 

Perubahan itu sebelumnya sudah diinformasikan oleh Google sejak satu bulan yang lalu, yang salah satunya juga membahas mengenai penghentian Google Music Play.. Play Store didesain ulang, sebagai bagian dari rencana Google yang akan fokus ke layanan Youtube Music mereka.

Opsi “Browse Music” di aplikasi Play Store telah dihilangkan oleh Google dan layanan Google Play Music juga mereka tutup. Pengguna pun tak lagi bisa membeli lagu yang mereka sukai melalui aplikasi Google Play Music tersebut. Mereka justru diarahkan ke layanan Youtube Music, dan library yang sudah mereka beli melalui Play Music disarankan untuk dipindahkan ke Youtube Music.

Saat mencoba mengakses, akan muncul pesan error “Music store tidak lagi tersedia di Google Play. Untuk melanjutkan mendengarkan konten Play Music, pindahkan library anda ke Youtube Music di music.youtube.com/transfer. Anda juga bisa mengunduh data anda melalui Google Takeout atau menghapus data melalui pengaturan akun Play Music anda.”

Google mulai menghentikan layanan streaming Play Music pada bulan September kemarin, dan seluruh akses akan mereka hapus pada bulan Desember mendatang. Agar data play music anda tidak hilang, Google menyarankan untuk memindahkannya ke akun Youtube Music. 

Informasi mengenai penghentian layanan Play Music itu mereka sampaikan ke pengguna pada satu bulan sebelumnya. Ada tiga pesan yang mereka sampaikan kepada pengguna setia Music Play saat itu. Pertama, Youtube Music akan menggantikan peran aplikasi Music Play pada Desember 2020, dan pengguna diberikan kesempatan untuk memindahkan data mereka ke Youtube Music.

Kedua, pengguna tidak akan lagi dapat menggunakan layanan Music Play dalam beberapa bulan ke depan secara bertahap. Dan Google akan melakukan sejumlah perubahan pada halaman Play Store karena hal ini. 

Ketiga, Google memastikan tidak akan menghapus data yang dimiliki oleh pengguna yang sudah berlangganan atau membeli konten di Music Play. Namun untuk bisa tetap menikmatinya, data tersebut bisa ditransfer ke Youtube Music.

Leave a Reply

Send this to a friend