Google resmi Hentikan Layanan Google Talk Minggu Ini

Google Resmi Hentikan Layanan Google Talk Minggu Ini

NESABAMEDIA.COM – Layanan perpesanan instan Google Talk, resmi akan dihentikan pada minggu ini. Layanan perpesanan instan yang telah dirilis sejak 2007 silam ini akan sepenuhnya dihentikan beroperasi.

Meskipun Google telah memindahkan pengguna Google Talk ke Hangout, yang masih bisa diakses menggunakan pihak ketiga. Namun, Google menyatakan bahwa sudah tidak akan lagi mendukung aplikasi pihak ketiga untuk mengakses dan menggunakan layanan Google Talk.

Pernyataan yang diumumkan pihak Google menyatakan bahwa, minggu ini tanggal 16 Juni layanan Google Talk sepenuhnya akan berhenti beroperasi.

Sebelumnya, layanan Google Talk dapat diakses menggunakan pihak ketiga seperti Pidgim, namun nantinya Google akan memberhentikan layanan dan dukungan pihak ketiga.

Layanan Google Talk sendiri sebenarnya telah digunakan sejak tahun 2005 silam, pengguna dapat menggunakan layanan Google Talk untuk mengirimkan pesan yang terhubung dengan email mereka. Kemudian, seiring berkembangnya kebutuhan pasar akan minat komunikasi, akhirnya Google memperluas layanan ini.

Google Talk akhirnya digunakan untuk keperluan komunikasi yang lebih luas, di manan mumpuni untuk dapat melakukan panggilan suara dan video, secara gratis menggunakan jaringan internet, ke sesame pengguna Google Talk.

Dilansir dari Republika yang mengutip pernyataan dari The Verge, (14/06/2022). Pengguna yang akan mencoba masuk menggunakan Google Talk akan mengalami beberapa gangguan, seperti akses ditolak ketika mencoba masuk ke akun Google Talk mereka.

Jika kita lihat daftar software yang dikembangkan oleh Goole, memang memiliki banyak kesamaan seperti Hangout, Google Talk, dan Gchat. Pemberhentian salah satu platform dari layanan Google ini, mendorong pengguna untuk dapat beralih ke platform yang lebih baru dan mencangkup semua fiturnya.

Hingga pada tahun 2020, Google mulai memindahkan beberapa fitur yang dapat diakses dalam satu layanan saja, seperti fitur dari Hangout yang sudah dapat diakses di Gchat. Di mana sangat mumpuni untuk menunjang kebutuhan Workplace anda.

Kedepannya, Google akan menutup pengoperasian platform Hangout, untuk sepenuhnya berpindah ke platform yang lebih baru dengan fitur lengkap, yaitu Google Chat.

Dengan diberhentikannya layanan Google Talk dan Hangout, merupakan langkah yang diambil oleh Google untuk memindahkan semua kebutuhan dari layanan Google dalam satu aplikasi.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend