• Our Partners:

Aplikasi untuk Membuka File RAR

10 Aplikasi untuk Membuka File RAR / ZIP di PC dan Laptop, Pilih Mana?

NESABAMEDIA.COM – Saat ini, penggunaan file yang sudah terkompresi sangat sering digunakan karena file akan lebih padat dan lebih kecil sehingga ruang penyimpanan data akan menjadi lebih efektif serta saat melakukan pertukaran data hanya membutuhkan waktu yang singkat saja.

Format file kompresi yang paling populer adalah file RAR dan ZIP. Namun, untuk membuat dan membaca file sejenis RAR dan ZIP membutuhkan aplikasi khusus. Tidak semua aplikasi dapat digunakan untuk membaca file kompresi.

10 Aplikasi untuk Membuka File RAR / ZIP

Biasanya saat Anda membeli laptop baru didalamnya sudah terinstal aplikasi untuk membuka file seperti file RAR atau ZIP. Namun, mungkin saja ada beberapa PC atau laptop yang belum terinstal aplikasi tersebut sehingga mengharuskan Anda untuk mengunduh dan menginstalnya sendiri.

Nah, artikel kali ini akan membahas tentang aplikasi apa saja yang dapat membuka file jenis RAR / ZIP di PC / laptop. Langsung saja, silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

1. WinRAR

Aplikasi untuk Membuka File RAR adalah WinRAR

WinRAR merupakan aplikasi untuk membuka file RAR / ZIP di PC / laptop. Selain dapat mengekstrak file jenis RAR dan ZIP, aplikasi ini juga bisa mengekstrak format file terkompresi lainnya seperti CAB dan ARJ. Aplikasi ini bukan hanya untuk membuka atau membaca file yang dikompresi saja, tapi Anda juga bisa membuatnya, menambahkan kata sandi, membagikan arsip menjadi volume yang terpisah, menguji file yang diarsipkan, serta dapat memperbaiki file yang rusak.

Aplikasi WinRAR ini juga memiliki enkripsi AES 128/256 yang sudah standar industri untuk arsip atau file yang menggunakan password atau kata sandi. Tampilan yang dimiliki aplikasi WinRAR ini sangat gampang untuk bermanuver. Dengan beberapa pilihan yang menggunakan tombol besar di bagian atasnya, seperti pilihan Add, Extract To, Test, View, Delete, Find, Wizard, Info, dan Repair.

Aplikasi WinRAR sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan aplikasi untuk membuka file RAR ataupun ZIP karena banyak sekali penawaran yang diberikan. Aplikasi ini tersedia gratis dan Anda dapat mencobanya selama 40 hari. Tapi, Anda juga bisa membelinya dengan biaya sekitar $29 yang disediakan untuk sistem operasi Windows.

2. 7-Zip

7-Zip

Aplikasi 7-Zip merupakan aplikasi open source dan tidak mempunyai string, yang artinya Anda tidak akan dikenakan biaya lagi setelah Anda mulai untuk menggunakannya. Aplikasi 7-Zip ini dapat digunakan pada berbagai jenis format file diantaranya seperti RAR, ZIP, 7z, dan CAB.

Selain dapat membuka atau membaca file tersebut, Anda juga bisa melakukan kompresi file ke dalam salah satu bentuk format file termasuk juga WIM dan TAR. Tampilan antarmuka yang dimiliki aplikasi ini cukup terlihat rapi dan bersih dengan menggunakan tombol yang berwarna – warni untuk memudahkan penggunaannya.

Anda juga dapat melindungi file Anda dengan menggunakan password atau kata sandi. Aplikasi ini menggunakan enkripsi AES-256. Saat ini aplikasi 7-Zip hanya tersedia untuk sistem operasi Windows saja.

3. WinZip

WinZip

WinZip merupakan aplikasi yang sudah banyak menggunakannya dan sesuai namanya aplikasi ini lebih dikenal untuk file ZIP. Tapi, aplikasi ini juga dapat membuka format file lainnya, seperti RAR, CAB, 7z, ISO, dan format lainnya. Tampilan antarmuka yang dimiliki aplikasi ini sangat sederhana, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk membuka file Anda.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi WinZip ini juga dapat menkonversi dan melindungi file Anda dengan menggunakan enkripsi AES 128 dan 256 bit. Selain itu, aplikasi ini juga bisa mengubah ukuran foto dan menambahkan watermark.

Dan Anda juga dapat menyimpan serta membagikan file Anda secara cepat melalui email, clipboard, atau layanan penyimpanan awan misalnya seperti Google Drive, Dropbox, dan lain sebagainya. Jika Anda membutuhkan aplikasi kompresi file yang lengkap, aplikasi WinZip merupakan pilihan yang tepat bagi Anda.

Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis selama 21 hari. Karena setelah itu, Anda harus membelinya sekitar $30 agar dapat menggunakan aplikasi WinZip. Dan aplikasi ini tersedia pada sistem operasi Windows, Mac, dan perangkat seluler.

4. PeaZip

PeaZip merupakan aplikasi untuk membuka file ZIP, RAR, TAR, dan 7z. Tampilan antarmuka yang dimilikinya pun sangat sederhana sehingga sangat mudah untuk digunakan. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga dapat mengekstrak file Anda serta dapat mengirimnya ke lokasi yang berbeda.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan konversi file ke format lainnya, melindungi file Anda dengan menggunakan kata sandi enkripsi, mengujia file serta menyimpan log tugas, dan juga dapat menghapus file. Aplikasi PeaZip merupakan aplikasi open source, dan dapat digunakan secara gratis tanpa ada uji coba dan Anda tidak harus membelinya. Aplikasi ini dapat digunakan pada sistem operasi Linux dan Windows.

5. B1 Free Achiever

B1 Free Achiever

B1 Free Achiever juga merupakan aplikasi untuk membuka file RAR / ZIP di PC / laptop. Namun, bukan hanya file tersebut saja yang bisa dibuka, format file lainnya seperti TAR, 7z dan lain sebagainya. Tampilan antarmuka yang dimiliki aplikasi ini sangat menarik dan sangat terlihat lebih modern dibanding aplikasi lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa membagikan file arsip Anda, serta menambahkan perlindungan dengan menggunakan kata sandi. Aplikasi B1 Free Archiever mendukung berbagai macam platform diantarnya Linux, Windows, Mac, dan Android. Selain Anda dapat mengunduhnya secara gratis, Anda juga bisa menggunakannya secara online.

6. FilZip

FilZip

FilZip merupakan aplikasi untuk membuka file RAR / ZIP di PC / laptop. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengekstrak berbagai format file arsip, diantaranya seperti TAR, RAR, ACE, GZ, ARJ, dan lain sebagainya. Anda juga dapat mengarsipkan file – file tersebut dengan menggunakan aplikasi ini.

Dengan menggunakan aplikasi FilZip Anda juga bisa menyalin, memindahkan, mengubah nama file, serta menghapus file arsip. Anda juga dapat melindungi file dengan melakukan enkripsi, dan Anda juga bisa mendeskripsikan arsip tersebut.

7. ExtractNow

ExtractNow

Aplikasi ExtractNow dapat digunakan sebagai aplikasi pembaca file RAR, ZIP, dan file arsip lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengekstrak beberapa file arsip secara sekaligus. Tampilan antarmuka yang dimilikinya juga sederha sehingga sangat mudah digunakan.

Aplikasi ExtractNow mendukung berbagai format arsip lainnya, diantaranya TAR, CAB, JAR, CBR, ARJ, bzip2, dan lain sebagainya. Aplikasi ini pun cukup ringan sehingga tidak memakan banyak kuota dan tempat penyimpanan.

8. Zip Reader

Zip Reader

ZIP Reader dapat memudahkan Anda untuk membuka file arsip. Selain dapat membaca, aplikasi ini juga dapat mengekstrak file arsip dengan mudah. Walaupun namanya Zip Reader, bukan berarti aplikasi ini hanya bisa digunakan pada file Zip saja.

Aplikasi ini mendukung berbagai format file arsip lainnya, diantaranya RAR, CAB, ARJ, TGZ, GZ, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin megkompres file, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Zip Reader ini.

9. Power Archiever 2010 Free

Power Archiever 2010

PowerArchiver 2010 Free sama seperti aplikasi lainnya yang bisa Anda gunakan untuk membaca file RAR / ZIP di PC / laptop Anda. Selain format tersebut, aplikasi ini juga mendukung format file arsip seperti JAR, ARJ, 7-ZIP, ISO, TAR, GZIP, dan lain sebagainya.

Sesuai dengan namanya aplikai Power Archiever 2010 Free ini bisa Anda gunakan secara gratis untuk penggunaan pribadi. Anda juga bisa melakukan dekompresi pada semua jenis format file dan Anda juga bisa melindungi file yang Anda miliki dengan menggunakan enkripsi yang sudah disediakan oleh aplikasi ini.

10. TUGZip

TUGZip

Aplikasi TUGZip juga merupakan aplikasi untuk membaca file RAR / ZIP di PC / laptop. Aplikasi ini mendukung banyak jenis format file arsip seperti TAR, RPM, JAR, GZ, RAR, ZIP, LIB, dan lain sebagainya. Anda juga dapat mengekstrak file yang Anda miliki. Aplikasi TUGZip juga menawarkan Anda untuk membuat batch arsip.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 Aplikasi untuk Membuka File RAR / ZIP di PC / Laptop. Silahkan Anda gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply