Cara Cek Android 11 di Smartphone Samsung, Xiaomi, Oppo, Realme, OnePLus, Pixel, Redmi, Vivo

Google Resmi Rilis Android 11 ke Selain Ponsel Pixel

NESABAMEDIA.COM – Android 11, sistem operasi seluler terbaru dan terhebat dari Google, secara resmi hadir. Meskipun Android 11 telah dalam versi beta publik selama beberapa bulan, sekarang sudah keluar dari beta dan tersedia untuk konsumen – meskipun tidak semuanya.

Sebuah posting blog Google mengatakan sistem operasi baru akan tersedia untuk semua perangkat Pixel 2 dan yang lebih baru, serta ponsel tertentu dari OnePlus, Xiaomi, Oppo, dan Realme. Namun, ternyata hanya ponsel Pixel yang mendapatkan rilis stabil – dan perusahaan lain mendorong pembaruan sebagai bagian dari beta.

Android 11 bukanlah perombakan visual raksasa, tetapi menawarkan beberapa fitur baru untuk sistem operasi. Khususnya, Android 11 memberi pengguna kontrol privasi yang lebih baik, termasuk izin satu kali. Itu adalah fitur yang telah tersedia di iOS selama beberapa waktu dan berguna bagi mereka yang ingin mengontrol privasi digital mereka.

Android 11 juga sekarang akan “menyetel ulang otomatis” untuk aplikasi yang sudah lama tidak Anda gunakan.

Google juga mempermudah untuk mendapatkan pembaruan privasi di ponsel Anda. Di Android 11 resmi, Anda bisa mendapatkan patch privasi dengan cara yang sama seperti Anda meng-update aplikasi, langsung melalui Google Play Store. Itu berarti patch privasi dapat diterapkan tanpa perlu pembaruan sistem operasi penuh.

Ada juga beberapa perubahan visual. Mungkin yang paling menonjol adalah layar “matikan” baru, yang menawarkan akses ke Google Pay dan perangkat rumah pintar yang paling sering Anda gunakan.

Ini pada dasarnya adalah jawaban Google untuk Pusat Kontrol Apple, dan menambahkan lebih banyak sentuhan visual ke Google Home, yang biasanya dikontrol melalui Asisten Google.

Kontrol visual utama baru lainnya, Bubbles, menyatukan semua aplikasi obrolan Anda ke dalam satu antarmuka. Gelembung bekerja dengan cara yang sama seperti kepala obrolan untuk Facebook Messenger, memungkinkan Anda mengakses obrolan individual. Gelembung tidak seperti Messenger, bagaimanapun, karena berfungsi di berbagai aplikasi – artinya Anda dapat membalas obrolan dari Messenger, WhatsApp, Google Messages, dan sebagainya, tanpa harus beralih antar aplikasi.

Ponsel Pixel juga memiliki beberapa fitur tambahan. Ada fitur berbagi lokasi AR (Augmented Reality) baru untuk memungkinkan pengguna menemukan teman mereka dan fitur Smart Reply baru yang ada di Gboard pada perangkat Pixel.

Leave a Reply

Send this to a friend