• Our Partners:

Helio G80 Setara Dengan Snapdragon Berapa

Helio G80 Setara Dengan Snapdragon Berapa?

Saat ini banyak pertanyaan mengenai Helio G80 setara dengan Snapdragon berapa? Biasanya pertanyaan ini kerap muncul dari mereka yang ingin membeli smartphone. Hal ini karena fungsi chipset menjadi faktor pertimbangan yang sangat penting sebelum membeli smartphone.

Untuk kamu yang masih bingung, chipset sendiri funsinya mengatur beberapa tugas komputasi lalu menghubungkannya ke hardware yang ada di motherboard. Nantinya chipset akan memproses data, grafis, dan masih banyak lagi.

Chipset yang sedang booming di pasaran sendiri ada dua jenis yakni Helio dan Snapdragon. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih jelasnya.

Helio G80 Setara Dengan Snapdragon Berapa?

Helio vs Snapdragon

Menjawab pertanyaan Helio G80 setara dengan snapdraon berapa? Dilansir dari Giznext, chipset MediaTek Helio G80 setara dengan Qualcomm Snapdragon 675. Jika keduanya dibandingkan, skor total yang didapatkan yakni MediaTek Helio G80 memiliki skor 203244, sementara Qualcomm Snapdragon 675 memiliki skor total 205811. Maka, dapat disimpulkan bahwa skor total untuk Snapdragon 665 lebih besar dibandingkan dengan Helio G80.

Chipset Helio G80 sendiri adalah chipset yang laris di awal tahun 2021 lalu. Helio G80 dibuat oleh perusahaan yang mengklaim bahwa Helio G80 adalah solusi untuk smartphone gaming dengan harga terjangkau.

Untuk lebih jelasnya, ada baiknya kamu perlu mengetahui apa perbedaan diantara keduanya. Mulai dari fiturnya, grafis yang disematkan, ukuran semi konduktornya, kecepatan clock GPU, Versi directx nya, memiliki dukungan 5G, Turbo GPU, dan lainnya.

Perbedaan antara Helio G80 dan Snapdragon 665

Jika dibandingkan dalam bentuk presentase, penilaian untuk MediaTek Helio G80 mendapatkan 63% sementara Qualcomm Snapdragon 665 mendapatkan nilai 73% yang artinya Snapdragon lebih unggul. Berikut ini perbedaan antara Helio G80 dan Snapdragon 665 yang perlu kamu ketahui :

1. Mendukung 64-Bit

Jika dilihat dari mendkung 64-BIT nya, Helio G80 dan Snapdragon 665 sama-sama mendukung 64-BIT. Hal ini terbukti dari survey yang dilakukan kepada para pengguna smartphone bahwa keduanya sudah mendukung 64-Bit.

2. Memiliki kartu grafis yang disematkan

Helio G80 dan Snapdragon 665 ternyata sama-sama memiiki kartu grafis yang disematkan sehingga para penggunanya tidak perlu membeli kartu grafis terpisah.

3. Ukuran semikonduktor

Selanjutnya, perbedaan Helio G80 dan Sanpdragon 665 dapat dilihat dari ukuran semikonduktor yang berbeda. MediaTek Helio G80 memiliki ukuran semikonduktor sebesar 12nm. Sementara, Qualcomm Snapdragon 665 memiliki ukuran semikonduktor yang lebih kecil yakni 11nm.

Ukuran semikonduktor sendiri sangat mempengaruhi kinerja dan konsumsi daya pada smartphone. Semakin kecil ukuran semikonduktor maka kinerjanya akan semakin baik serta tidak akan mengonsumsi daya terlalu tinggi. Ini artinya, Qualcomm Snapdragon 665 lebih unggul dibandingkan dengan Helio G80.

4. Versi OpenGL ES

Jika dilihat dari versi OpenGL ES nya, Helio G80 dan Snapdragon 665 sama-sama memiliki OpenGL ES yang tersemat di dalam chipsetnya sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan gaming karena grafisnya lebih baik. MediaTek Helio G80 dan Snapdragron 665 memiliki versi 3.4 untuk OpenGL ESnya.

5. Kecepatan CPU

Untuk perbedaan kecepatan CPU, MediaTek Helio G80 memiliki kecepatan 2x2GHz&6×1.8GHz sementara Snapdragon 665 memiliki kecepatan 4x2GHz&4×1.8GHz. Kecepatan CPU ini berpengaruh terhadap banyaknya siklus pemrosesan per detik yang dapat dijalankan oleh CPU. Jika dilihat dari kecepatan CPUnya, maka dapat disimpulkan bahwa Snapdragon 665 memiliki kecepatan yang lebih cepat.

6. Kecepatan RAM

Selanjutnya, perbedaam antara MediaTek Helio G80 dan Qualcomm Snapdragon 665 terlihat pada kecepatan RAMnya. MediaTek Helio G80 memiliki kecepatan RAM 1800MHz sementara Qualcomm Snapdragon 665 memiliki kecepatan RAM 1866MHz. Ini artinya Qualcomm Snapdragon 665 lebih unggul.

7. Bandwidth memori maksimal

Jika dilihat dari bandwidth memori maksimalnya, Qualcomm Snapdragon 665 memiliki bandwidth 14.9GB/s jauh lebih besar dibandingkan dengan MediaTek Helio G80 yang hanya 13.41GB/s. Bandwidth sendiri merupakan tingkat maksimum data yang mampu dibaca atau disimpan di dalam memori.

8. Kecepatan Unduh

Selanjutnya, jika dilihat dari kecepatan unduhnya, MediaTek Helio G80 memiliki kecepatan unduh 300MBits/s sementara, kecepatan unduh Qualcomm Snapdragon memiliki kecepatan unduh 600MBits/s. Kecepatan unduh di sini artinya ukuran bandwith koneksi internet yang menunjukkan tingkat pengiriman data maksimum yang digunakan suatu perangkat untuk mengakses konten internet.

9. NX bit

NX bit merupakan perangkat yang tersemat dalam komputer yang tugasnya melindungi komputer dari serangan jahat. Komputer yang menggunakan MediaTek Helio G80 80%nya memiliki NX bit sementara 20% dari MediaTek Helio G80 tidak memiliki NX bit.

10. Menggunakan HMP

Jika dilihat dari HMP, Mediatek Helio G80 sebanyak 77% nya tidak memiliki HMP. Sementara, sebanyak 23% dari Qualcomm Snapdragon 665 memiliki HMP. HMP sendiri merupakan kependekan dari Heterogeneus Multi-Processing yang dapat menggunakan seua inti di waktu bersamaan. Sehingga pada akhirnya mampu memberikan kinerja yang kuat atau meningkatkan daya tahan baterai.

Apakah Qualcomm Snapdragon 665 lebih baik dari MediaTek Helio G80

Selanjutnya mengenai pertanyaan apakah Qualcomm Snapdragon 665 lebih baik dari MediaTek Helio G80, ada beberapa poin pertimbangan yang akan menjawab pertanyaan itu.

  1. Ukuran semikonduktor Qualcomm Snapdragon 1nm lebih kecil.
  2. Mendowload 2x lebih cepat.
  3. Qualcomm sudah menggunakan HMP.
  4. Qualcomm mempunya NX bit
  5. Bandwidth Qualcomm Snapdragon lebih banyak dibandingkan dengan MediaTek Helio G80.

Pengujian Terhadap Snapdragon 665 dan Helio G80

Untuk mengetahui chipset mana yang lebih baik, ada pula yang dinamakan pengujian Helio G80 vs Snapdragon 665 versi AnTuTu Benchmark 8. Dilakukan pengujian kepada sejumlah smartphoen yang menggunakan kedua chipset ini. Pengujian itu dilakukan mulai dari pengujian CPU, GPU, RAM, hingga UX (User Experience) dengan hasil Helio G80 lebih unggul dibandingkan dengan Snapdragon 665.

Selain itu, dilakukan pula pengujian Geekbench untuk mengetahui performa CPU untuk membedakan perfora single core dan multi core dari Snapdragon dan Helio. Hasilnya didapatkan bahwa MediaTek Helio G80 lebih unggul jika dilihat dari sisi single core. Sementara, untuk skor multi corenya, keduanya menunjukkan hasil yang sama.

Namun, sebenarnya, perbedaan dari kedua chipset ini atau mana chipset yang lebih unggul untuk setiap pengguna berbeda-beda. Hal ini karena setiap pengguna memiliki prioritasnya masing-masing terhadap komputer dan memiliki penilian tersendiri setelah merasakan pengalaman mengggunakan Helio G80 ataupun Snapdragon 665.

Contoh Produk MediaTek Helio G80 dan Qualcomm Snapdragon 665

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa contoh produk dari MediaTek Helio dan Qualcomm Snapdragon 665.

  • Produk MediaTek Helio G80 
  1. Lenovo IdealPad 311 Chomebook Laptop
  2. Samsung Galaxy Tab A7
  3. Lenovo IdeaPad 1 14 Laptop
  4. Lenovo Ideapad 3 11 Chromebook
  5. Moto G Stylus
  6. Samsung Galaxy Tab A7 Lite
  • Produk Qualcomm Snapdragon 665
  1. Samsung Galaxy Tab A7 Lite 8.7
  2. JBL Tune 125TWS True Wireless In-Ear Headphone
  3. Lenovo IdeaPad 3 11 Chromebook Laptop
  4. Samsung Galaxy S20 FE 5G

Jadi, jawaban dari Helio G80 Setara Dengan Snapdragon Berapa? Helio G80 itu setara dengan Snapdragon 665 karena keduanya memiliki spesifikasi yang hampir mirip, dalam artian perbedaannya hanya sedikit saja.

Nah, setelah membaca informasi ini cobalah untuk mempertimbangkan keduanya terutama untuk kamu yang ingin membeli komputer ataupun smartphone. Pastikan kamu memilih produk yang chipsetnya mampu memenuhi kebutuhan kamu.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend