• Our Partners:

Cara Download Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

Cara Download Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi (+Gambar)

Kali ini kita akan belajar mengenai cara download sertifikat vaksin di Pedulilindungi. Seperti yang kita ketahui, salah satu cara untuk menanggulangi masalah Covid-19 Pemerintah Indonesia meluncurkan sebuah aplikasi digital yang dikembangkan oleh Kemkominfo. Aplikasi ini berguna untuk memantau dan melacak Covid-19 agar virus ini tidak menyebar begitu cepat.

Selain itu, cara untuk menangani masalah Covid-19 ini adalah dengan melakukan vaksinasi. Nah, di dalam aplikasi Pedulilindungi ini kita bisa mengetahui apakah orang tersebut sudah tervaksinasi atau belum. Bahkan, Anda juga dapat melihat dan mendownload sertifikat vaksin di Pedulilindungi.

Cara Download Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

Sebenarnya cara download sertifikat vaksin di Pedulilindungi sangat amatlah mudah. Jika Anda sudah mengetahui cara untuk melihat atau mengecek sertifikat vaksin di Pedulilindungi, maka langkah-langkah ini akan sangat mudah untuk Anda lakukan.

Apakah semua sertifikat vaksin bisa diunduh? Tentu bisa dong. Seluruh sertifikat vaksin Anda yang sudah masuk ke dalam aplikasi Pedulilindungi dapat Anda download dengan sangat mudah. Bagaimana sih caranya? Langsung saja, silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Langkah pertama yang wajib Anda lakukan untuk mendownload sertifikat vaksin tentunya adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Pedulilindungi di handphone Anda. Bagaimana caranya? Silakan Anda buka aplikasi Google PlayStore di handphone Anda.

2. Lalu, silakan Anda ketikkan Pedulilindungi pada kolom pencarian. Seperti pada gambar di bawah ini.

pedulilindungi

3. Kemudian, jika aplikasi Pedulilindungi sudah muncul silakan Anda klik Instal. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Download Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

4. Tunggu beberapa saat sampai proses unduhan selesai.

5. Jika sudah selesai, silakan Anda klik Buka. Seperti pada gambar di bawah ini.

klik buka

6. Kemudian, silakan Anda klik Warga Negara Indonesia jika Anda WNI. Namun, jika Anda WNA silakan Anda klik Warga Negara Asing. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Download Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

7. Lalu, silakan Anda klik centang untuk menyetujui dengan syarat dan kebijakan dari aplikasi Pedulilindungi. Lalu, silakan klik Saya Setuju. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

saya setuju

8. Lalu akan ada 2 pilihan masuk yaitu dengan menggunakan nomor handphone atau email. Namun, sebelum Anda masuk pastikan Anda sudah memiliki akun di Pedulilindungi. Jika belum memiliki akun, silakan Anda klik Daftar. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik daftar

9. Jika sudah selesai daftar, silakan Anda masukkan nomor handphone yang sudah Anda daftarkan tadi. Lalu, silakan klik Masuk.

masuk

10. Kemudian, akan ada kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda. Silakan masukkan kode OTP tersebut dan klik Verifikasi. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Download Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

11. Lalu, silakan klik Berikutnya. Seperti pada gambar di bawah ini.

klik berikutnya

12. Lalu, silakan klik Mengerti. Seperti pada gambar di bawah ini.

klik mengerti

13. Kemudian, aplikasi Pedulilindungi akan meminta izin untuk mengakses lokasi Anda. Silakan Anda klik Saat Aplikasinya Digunakan. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik saat aplikasinya digunakan

14. Lalu, silakan klik Berikutnya. Kemudian, klik Mengerti. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik berikutnya Cara Download Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

15. Kemudian, aplikasi Pedulilindungi akan meminta izin untuk mengakses foto dan media di perangkat Anda. Silakan Anda klik izinkan. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik izinkan

16. Lalu, silakan klik Berikutnya. Kemudian, klik Mengerti. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik berikutnya klik mengerti

17. Kemudian, aplikasi Pedulilindungi akan meminta izin untuk mengambil gambar dan merekam video. Silakan Anda klik Saat Aplikasinya Digunakan. Seperti pada gambar di bawah ini.

klik saat aplikasinya digunakan

18. Nah, jika Anda sudah masuk silakan Anda klik ikon Profil yang ada di pojok kiri atas. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

ikon profil

19. Kemudian, silakan Anda klik Sertifikat Vaksin. Seperti pada gambar di bawah ini.

klik sertifikat vaksin

20. Lalu, silakan Anda klik Nama Anda. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik nama

21. Nah, maka sertifikat vaksin Anda akan muncul. Jika Anda sudah melakukan vaksin 2 kali maka akan muncul 2 sertifikat. Seperti contoh gambar di bawah ini.

sertifikat vaksin

22. Kemudian, silakan Anda klik pada salah satu sertifikat yang ingin Anda unduh.

23. Lalu, silakan Anda klik tombol Unduh Sertifikat. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik unduh sertifikat

24. Kemudian, pada popup yang muncul silakan Anda klik Ya, Unduh jika sudah yakin untuk mengunduhnya. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik Ya, Unduh

25. Selesai. Sertifikat Vaksin Anda sudah berhasil terunduh dan cek di galeri handphone Anda. Lakukan cara yang sama untuk mengunduh sertifikat vaksin lainnya. Selamat mencobaaaaaa!!!!

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang bagaimana cara melihat sertifikat vaksin di Pedulilindungi. Bagaimana? Caranya sangat mudah bukan? Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend