Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

Begini Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi dengan Mudah

Kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara melihat sertifikat vaksin di Pedulilindungi. Pedulilindungi merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Pemerintah Indonesia yang  menjadi pelacakan kontak digital. Aplikasi ini melacak lokasi keberadaan penggunanya dengan menggunakan fitur GPS pada handphone.

Pelacakan ini berfungsi untuk  mengetahui apakah seseorang pernah berada dekat dengan kasus suspek, konfirmasi, dan kontak erat. Namun, bukan hanya itu saja, bagi Anda yang sudah menjalani vaksin Anda dapat mengecek atau melihat sertifikat vaksin tersebut di aplikasi Pedulilindungi ini. Bagaimana caranya?

Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

Cara melihat sertifikat vaksin di Pedulilindungi sebenarnya sangatlah mudah. Tidak ada kesulitan berarti ketika Anda akan melihat sertifikat vaksin.

Anda bisa melihat seluruh sertifikat vaksin yang Anda miliki baik dosis 1, dosis 2, ataupun booster atau dosis 3. Bagaimana langkah-langkahnya? Langsung saja silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Langkah pertama yang wajib Anda lakukan untuk melihat sertifikat vaksin tentunya adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Pedulilindungi di handphone Anda. Bagaimana caranya? Silakan Anda buka aplikasi Google PlayStore di handphone Anda.

2. Lalu, silakan Anda ketikkan Pedulilindungi pada kolom pencarian. Seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

3. Kemudian, jika aplikasi Pedulilindungi sudah muncul silakan Anda klik Instal. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik instal

4. Tunggu beberapa saat sampai proses unduhan selesai.

5. Jika sudah selesai, silakan Anda klik Buka. Seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi Dosis 1

6. Kemudian, silakan Anda klik Warga Negara Indonesia jika Anda WNI. Namun, jika Anda WNA silakan Anda klik Warga Negara Asing. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik WNI

7. Lalu, silakan Anda klik centang untuk menyetujui dengan syarat dan kebijakan dari aplikasi Pedulilindungi. Lalu, silakan klik Saya Setuju. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

saya setuju

8. Lalu akan ada 2 pilihan masuk yaitu dengan menggunakan nomor handphone atau email. Namun, sebelum Anda masuk pastikan Anda sudah memiliki akun di Pedulilindungi. Jika belum memiliki akun, silakan Anda klik Daftar. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi Dosis 2

9. Jika sudah selesai daftar, silakan Anda masukkan nomor handphone yang sudah Anda daftarkan tadi. Lalu, silakan klik Masuk.

masuk

10. Kemudian, akan ada kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda. Silakan masukkan kode OTP tersebut dan klik Verifikasi. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

kode otp

11. Lalu, silakan klik Berikutnya. Seperti pada gambar di bawah ini.

klik berikutnya

12. Lalu, silakan klik Mengerti. Seperti pada gambar di bawah ini.

klik mengerti

13. Kemudian, aplikasi Pedulilindungi akan meminta izin untuk mengakses lokasi Anda. Silakan Anda klik Saat Aplikasinya Digunakan. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik saat aplikasinya digunakan

14. Lalu, silakan klik Berikutnya. Kemudian, klik Mengerti. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik berikutnya klik mengerti

15. Kemudian, aplikasi Pedulilindungi akan meminta izin untuk mengakses foto dan media di perangkat Anda. Silakan Anda klik izinkan. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik izinkan

16. Lalu, silakan klik Berikutnya. Kemudian, klik Mengerti. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik berikutnya klik mengerti

17. Kemudian, aplikasi Pedulilindungi akan meminta izin untuk mengambil gambar dan merekam video. Silakan Anda klik Saat Aplikasinya Digunakan. Seperti pada gambar di bawah ini.

klik saat aplikasinya digunakan

18. Nah, jika Anda sudah masuk silakan Anda klik ikon Profil yang ada di pojok kiri atas. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

ikon profil

19. Kemudian, silakan Anda klik Sertifikat Vaksin. Seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

20. Lalu, silakan Anda klik Nama Anda. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik nama

21. Nah, maka sertifikat vaksin Anda akan muncul. Jika Anda sudah melakukan vaksin 2 kali maka akan muncul 2 sertifikat. Seperti contoh gambar di bawah ini.

sertifikat vaksin

22. Selesai. Selamat mencobaaaa!!!

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang bagaimana cara melihat sertifikat vaksin di Pedulilindungi. Bagaimana? Caranya sangat mudah bukan? Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend