Intel Akhiri Dukungan CPU Gen 10 Dengan Driver WDDM 3.1 Windows 11 22H2

Intel Akhiri Dukungan CPU Gen 10 Dengan Driver WDDM 3.1 Windows 11 22H2

NESABAMEDIA.COMDengan peluncuran Windows 11 22H2 yang semakin dekat, vendor perangkat keras seperti Intel dan AMD, mulai merilis driver dengan dukungan tambahan untuk pembaruan fitur Windows 11 yang akan datang.

AMD telah merilis driver Adrenalin 22.7.1 dengan dukungan untuk 22H2 bersama dengan peningkatan kinerja OpenGL besar-besaran seperti yang telah dikonfirmasi oleh berita sebelumnya. Nvidia juga akan segera merilis driver 525.14 dengan dukungan untuk Windows 11 22H2.

Perubahan ke pembaruan fitur Windows 11 22H2 juga berarti pengenalan Windows Driver Model (WDDM) versi 3.1 dan ada beberapa kabar yang kurang menyenangkan bagi para pengguna yang selama ini menjalankan grafis terintegrasi Intel yang lama. Intel mengumumkan bahwa mereka mengakhiri dukungan untuk Generasi ke-10, atau Comet Lake di desktop dan Ice Lake di seluler, dan keluarga prosesor yang lebih lama sampai dengan Generasi ke-6, Skylake. 

CPU Generasi ke-6 keluar pada tahun 2015, dan keluarga yang lebih baru seperti jajaran Generasi ke-10, baru berusia beberapa tahun. Namun, Intel tidak banyak melakukan pembaruan atas arsitektur GPU onboard mereka sejak Skylake sampai Comet Lake, dan terus menggunakan iterasi dari seri 500 dan 600 yang sama. Oleh karenanya, pengguna di platform yang jauh lebih baru seperti Comet Lake Generasi ke-10, juga akan kehilangan dukungan.

Namun, Intel telah menjanjikan bahwa pembaruan keamanan penting masih akan dikirimkan dari waktu ke waktu. Dalam sebuah unggahan di blog, Gabriela Estrada dari Intel mengatakan:

“Pada tanggal 27 Juli 2022, Intel akan memindahkan Intel Processor Graphics Gen 6 – 10 dan Processor Graphics Intel terkait seperti Atom, Pentium dan Celeron sebagai model dukungan lawas. Intel akan menyediakan dukungan software untuk produk yang terdampak, dengan perbaikan kritis dan kerentanan keamanan saja. Pembaruan software untuk produk-produk tersebut akan dialihkan ke pembaruan kuartalan dengan perilisan software jika dibutuhkan.”

Paket driver yang dikirimkan Intel, nantinya akan memiliki dua driver yang terpisah. Satu untuk Intel Rocket Lake Gen-11 dan yang terbaru yang hadir dengan grafik seri UHD 700, serta driver lain dengan driver lawas untuk Comet Lake Gen 10 sampai dengan Skylake Gen 6. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend