Prosesor Intel 11th Gen Tiger Lake CPU

Intel Umumkan CPU 11th Gen Tiger Lake, Bagaimana Performanya?

NESABAMEDIA.COM – Setelah berbulan-bulan rumor dan spekulasi, Intel hari ini mengumumkan prosesor mobile 11th Gen Tiger Lake, yang sebelumnya dikenal dengan nama kode Tiger Lake. Dengan chip baru ini, Intel berjanji untuk menciptakan “prosesor terbaik untuk laptop tipis dan ringan”.

Terlepas dari kenyataan bahwa chip tersebut masih didasarkan pada proses 10nm, perusahaan menjanjikan peningkatan kinerja yang nyata dari chip generasi ke-10 saat ini.

Secara khusus, perusahaan berfokus pada peningkatan kinerja dalam tugas-tugas berbasis AI. Secara keseluruhan, Intel mengatakan chip generasi ke-11 harus 20% lebih cepat untuk tugas produktivitas kantor, 2x lebih cepat untuk bermain game, saat streaming, dan 2,7x lebih cepat dalam pembuatan konten “dalam alur kerja dunia nyata dibandingkan produk kompetitif”.

Prosesor terbaik saat ini maksimal pada 4,8 Ghz dibandingkan dengan 4.0 pada model generasi ke-10, sambil mempertahankan konsumsi daya keseluruhan yang serupa. Ini diaktifkan dengan ukuran transistor 10nm yang sama berkat teknologi ‘SuperFin’ baru dari Intel.

Di sisi grafis, arsitektur Xe-LP baru mengemas 50 persen dalam unit eksekusi, memungkinkan Intel mengklaim grafis ini mengungguli 90 persen grafis diskrit dalam kategori tipis dan ringan, termasuk Nvidia MX150. Hari-hari grafik terintegrasi yang tidak berguna akhirnya bisa berakhir. Perlu diingat, grafis Iris Xe hanya tersedia pada model Core i5 dan yang lebih baru, dan hanya prosesor i7 yang akan mendapatkan performa maksimal darinya.

Selain performa, chipset Intel 11th Gen Tiger Lake dilengkapi dengan konektivitas Thunderbolt 4 dan dukungan PCIe Gen4 untuk performa yang lebih baik saat menghubungkan aksesori kelas atas seperti GPU eksternal. CPU juga mendukung peredam bising berbasis AI, background blur, dan decoding video yang lebih baik. Tidak mengherankan, dukungan WiFi 6 untuk kecepatan Gig + juga ada di dalamnya.

Untuk membantu pengguna memastikan mereka mendapatkan kinerja terbaik yang ditawarkan Intel, perusahaan meluncurkan merek ‘Intel Evo’ baru. Laptop yang mendapatkan lencana Evo minimal harus mencapai:

  • Operasi responsif saat bertenaga baterai
  • Bangun dari tidur dalam waktu kurang dari 1 detik
  • Sembilan jam atau lebih masa pakai baterai ‘dunia nyata’ dengan layar FHD
  • Pengisian cukup cepat untuk menyediakan empat jam penggunaan dalam waktu kurang dari 30 menit

Perusahaan mengatakan “lebih dari 20” desain diverifikasi diharapkan tahun ini, dan nama Acer Swift 5, Asus Zenbook Flip S, Lenovo Yoga 9i, dan Samsung Galaxy Book Flex 5G sebagai beberapa model tersebut.

Intel juga merilis logo baru:

Leave a Reply

Send this to a friend