Jangan Pasang Aplikasi Netflix Gratis Ini Di Smartphone

Jangan Pasang Aplikasi Netflix Gratis Ini Di Smartphone

NESABAMEDIA.COMAplikasi bajakan menjadi aplikasi yang cukup populer selama bertahun-tahun, dan popularitasnya semakin naik sejak Covid-19 mengharuskan orang-orang tetap berada di rumah, menghabiskan waktu di depan smartphone dan khususnya untuk menonton tayangan film streaming. Kini ada aplikasi bajakan yang menawarkan Netflix secara gratis dan tentu saja, ada bahaya mengancam di baliknya.

Sebuah aplikasi Android berbahaya telah muncul di Google Play Store, menjanjikan para penggunanya kesempatan untuk mendapatkan akses gratis ke tayangan Netflix dari manapun di seluruh dunia, meski mereka tidak memiliki akun layanan streaming tersebut. 

Aplikasi tersebut diketahui bernama FlixOnline, yang telah ditemukan oleh perusahaan keamanan CheckPoint Research yang sebenarnya tidak pernah memberikan penggunanya tayangan Peaky Blinders, Attack on Titan ataupun Stranger Things secara gratis. 

Melainkan, aplikasi itu akan mengirimkan virus yang bisa melipatgandakan dirinya ke perangkat pengguna yang telah terinfeksi. Jadi aplikasi Netflix gratis itu digunakan oleh para peretas sebagai bentuk phising untuk mencuri data-data pengguna dan bahkan menimbulkan kerusakan perangkat.

Virus dalam aplikasi FlixOnline itu memiliki sebuah malware yang nantinya bisa bersembunyi di perangkat smartphone korban dengan melanggar izin akses, dan kemudian menggunakan aplikasi Whatsapp yang terpasang untuk menyebarkan malware ke pengguna lain. 

Begitu pengguna yang tidak tahu mengunduh aplikasi FlixOnline, dia akan meminta sejumlah izin akses. Kemudian membobol aplikasi Whatsapp dan menggunakannya untuk mengirimkan pesan berantai ke seluruh kontak yang ada. Termasuk ketika ada kontak korban yang mengirimkan pesan, virus akan otomatis membalasnya dengan mengirimkan tautan untuk menyebarkan virus tersebut. 

“Gratis 2 bulan akun premium Netflix sebagai dampak dari wabah pandemi dan karantina mandiri di rumah. Dapatkan 2 bulan akun premium Netflix secara gratis dari manapun di. Dapatkan aplikasinya di sini (yang berisi tautan ke malware),” bunyi dari pesan yang dikirimkan oleh virus tersebut.

Tentu saja, mengirimkan pesan berantai ini hanyalah sebagian kecil dari dampak yang bisa ditimbulkan oleh virus itu. Peretas di balik virus itu tentunya juga mampu untuk mengambil seluruh data pribadi yang ada di perangkat smartphone para korbannya. 

Leave a Reply

Send this to a friend