Kenali Jenis-Jenis Flowchart Beserta Fungsinya + Gambar

Seperti apa pangertian dan jenis-jenis flowchart? Flowchart merupakan bagian yang di dalamnya menunjukkan alur dari sebuah proses yang mana di dalam alur tersebut terdapat prosedur maupun juga program yang tersusun dengan sistematis.

Flowchart bisanya digunakan untuk membuat dan juga mengevaluasi terhadap program yang dibuat sehingga nanti bisa diketahui apa saja kekurangan dan kelebihan atau bahkan hambatan yang mungkin ditemui.

Flowchart merupakan cara yang dibutuhkan yang mana kita nanti bisa menyusun program secara lebih efektif, sistematis sehingga nanti bisa menghasilkan alur yang berurutan. Ketika mengalami hambatan, maka bisa langsung dibuatkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Jenis-Jenis Flowchart

Ada beberapa jenis flowchart yang mana akan kami jelaskan di bawah ini. Dengan mengetahui informasi ini diharapkan nanti Anda bisa paham perbedaan dari masing-masing flowchart tersebut.

1. Flowchart Proses

Jenis-Jenis Flowchart Proses

Jenis flowchart yang pertama adalah flowchart proses. Flowchart yang satu ini adalah jenis yang biasanya digunakan oleh mereka para pelaku industri. Seperti namanya, flowchart proses digunakan untuk menggambarkan suatu proses yang ada di dalam prosedur. Dari sini maka bisa diketahui seperti apa proses itu berlangsung sampai nanti dapat diketahui outputnya.

2. Flowchart Sistem

Flowchart Sistem

Flowchart sistem merupakan jenis flowchart yang di dalamnya menggambarkan arus dari pekerjaan secara menyeluruh. Dengan menggunakan flowchart sistem maka Anda bisa mengetahui urutan dari prosedur yang terdapat di dalam sistem. Bagian ini memberikan informasi mengenai apa yang dikerjakan oleh sistem tersebut.

3. Flowchart Skematis

Jenis-Jenis Flowchart Skematis

Flowchart skematis atau yang juga dinamakan sebagai schematic flowchart adalah salah satu dari jenis-jenis flowchart yang memiliki kemiripan dengan alur sistem. Fungsi dari flowchart skematik adalah untuk menggambarkan alur yang terdapat di dalam sistem. Namun jika Anda perhatikan bahwa antara sistem dan skematis memiliki beberapa perbedaan.

Flowchart skematik bukan hanya menggunakan gambar komputer maupun juga peralatan lainnya. Tujuan dari penggunaan gambar ini yakni memudahkan pengguna untuk orang-orang yang mungkin masih belum paham terhadap simbol yang ada di bagian alur tersebut. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah ketika ingin memahami dan kesulitan ketika hendak menggambarnya.

4. Flowchart Program

Flowchart Program

Flowchart program atau program flowchart adalah sebuah bagan yang di dalamnya memberikan informasi terkait langkah-langkah yang berasal dari sebuah proses. Bagian ini berasal dari derivikasi yang ada di dalam sistem. Setidaknya bagan ini memiliki dua macam, yakni bagan alur logika maupun juga bagan alur program komputer.

Untuk bagian alur logika berfungsi untuk menggambarkan program yang ada di dalam komputer dengan berdasarkan logika. Bagan alat-alat program tersebut nanti akan disiapkan analis sistem. Sementara itu, alur program komputer berfungsi untuk memberikan gambaran secara terperinci mengenai instruksi-instruksi tersebut. Siapa yang menyiapkan alur program komputer? Yang menyiapkannya adalah pemogram.

4. Flowchart Dokumen

Jenis-Jenis Flowchart Dokumen

Flowchart dokumen atau document flowchart juga dinamakan sebagai form flowchart maupun juga paperwork adalah bagan alur yang menunjukkan informasi tentang arus laporan dan juga formulir, termasuk di dalamnya mengenai tembusan-tembusannya.

Fungsi Flowchart

Setelah Anda memahami apa saja jenis-jenis flowchart, maka Anda juga harus tahu apa saja fungsi dari flowchart yang seperti telah dijelaskan bahwa flowchart diperlukan ketika hendak membuat atau mengevaluasi program. Hal ini karena Anda bisa mengetahui proses dan hambatan-hambatan yang nanti akan Anda temui. Dengan begitu, Anda bisa memahami betul mengapa Anda harus menggunakan flowchart.

1. Memastikan bahwa program mempunyai alurnya sendiri

Fungsi yang pretama mengapa Anda harus menggunakan flowchart adalah untuk mengetahui seperti apa pola yang ada ketika Anda hendak membangun sebuah aplikasi atau program. Tujuannya adalah untuk menghindarkan suatu program memiliki alur yang berbeda maupun memiliki beberapa alur aliar multifungsi. Dengan begitu, maka program yang Anda jalankan dapat memberikan hasil yang optimal.

2. Digunakan melihat seluruh program

Dengan menggunakan flowchart, maka Anda bisa melihat semua program yang ada. Kita tahu bahwa flowchart akan saling berhubungan antara jalur yang satu dengan jalur yang lainnya. Dari sini Anda bisa melihat dengan jelas runtutan dari jalur tersebut secara keluruhan.

3. Melihat proses dari program yang berjalan

Untuk melihat proses dari suatu program sebenarnya masih ada hubungannya dengan jenis flowchart yang kedua. Dengan menggunakan flowchart, maka Anda bisa dengan mudah dan jelas memperoleh informasi yang berkenaan dengan program apa saja yang sedang berjalan. Anda bisa melihat seperti apa jalannya proses tersebut sehingga memudahkan mengetahui seperti apa output dan apakah terdapat beberapa kendala atau tidak.

Salah satu contoh ketika Anda membuat flowchart yang berkaitan dengan keuangan. Di sini nanti Anda akan menemukan input penjualan. Anda bisa memperoleh penjelasan mengenai bagaimana memperoleh input tersebut beserta dari mana ia memproleh data untuk dijadikan input.

4. Pedoman untuk mengembangkan aplikasi

Fungsi dari flowchart yang keempat adalah untuk membantu Anda ketika hendak menyusun maupun mengembangkan suatu aplikasi. Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa flowchart akan memberikan informasi kepada Anda mengena seperti apa alur yang berjalan dan darimana asalnya. Anda juga bisa mengetahui kegiatan apa yang sedang terjadi sehingga akan memudahkan Anda ketika memiliki niat untuk mengembangkan aplikasi.

Demikian informasi yang bisa kami jelaskan kepada Anda berkaitan dengan pengertian, fungsi, dan jenis-jenis flowchart. Kesimpulannya, flowchart merupakan bagan yang bermanfaat ketika Anda hendak membuat sebuah program maupun juga aplikasi. Dari flowchart inilah nanti Anda bisa memperoleh kemudahan ketika hendak mengembangkan program maupun aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Send this to a friend