5 Jenis-Jenis Scanner Beserta Kelebihan & Kekurangannya

Apakah Anda tahu apa itu scanner? Apa saja jenis-jenis scanner yang selama ini beredar? Scanner merupakan salah satu perangkat luar komputer yang berfungsi sebagai input.

Seseorang yang sudah terbiasa bekerja di bidang penggandaan file atau rentan fotocopy sudah tentu tidak akan asing dengan alat yang satu ini. Scanner adalah sebuah peralatan komputer yang digunakan untuk menscan atau memindai file. File yang bisa dipindah dapat berbentuk gambar, tulisan, maupun juga animasi yang nantinya akan langsung diubah sehingga berbentuk digital.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju membawa dampak positif juga terhadap perkembangan scanner. Saat ini banyak jenis-jenis scanner yang dijual di luar sana yang memiliki fungsi, keunggulan, dan tentunya harga yang tidak sama.

Jenis-Jenis Scanner (Kelebihan dan Kekurangannya)

Di bawah ini akan kami berikan informasi yang berkaitan dengan beberapa jenis scanner yang paling populer.

1. Scanner Portable

Jenis-Jenis Scanner

Sesuai namanya, scanner jenis ini merupakan scanner yang bisa Anda gunakan dimana pun dan kapan pun. Hal ini karena scanner tersebut memiliki ukuran yang kecil sehingga Anda tidak akan ribet ketika hendak memindai dokumen secara mendadak. Scanner portable memiliki ukuran yang sangat kecil dan bahkan tidak jauh berbeda dengan smatphone yang Anda gunakan sekarang.

Kelebihan

  • Dapat digunakan dimana pun dan kapan pun.
  • Tidak membutuhkan tempat yang besar

Kekurangan

  • Memiliki resolusi yang cukup rendah sehingga Anda tidak disarankan menggunakannya ketika hendak menggunakannya untuk fotografi.

 2. Scanner Rooler

Scanner Rooler

Salah satu hal yang membedakan antara scanner rooler dengan jenis-jenis scanner yang lainnya adalah dari caranya ketika ia menarik sebuah dokumen. Jika scanner lain akan menggerakkan matanya, namun scanner ini nantinya akan menarik dokumen tersebut sehingga nanti dapat digunakan untuk melewati mata scanner. Hasilnya, proses pemindaian menjadi lebih cepat dan efisien.

Kelebihan

  • Memiliki efisiensi yang baik ketika menscan dokumen meskipun dalam jumlah yang banyak.
  • Memiliki potensi untuk dapat memindai file dengan akurat karena scanner roller telah menyediakan tempatnya sendiri ketika ingin memindai dokumen.

Kekurangan

  • Dijual dengan harga cukup mahal.
  • Anda harus segera mengganti salah satu atau beberapa bagian scanner pada saat Anda menscan dalam waktu yang lama.

3. Scanner Film

Jenis-Jenis Scanner Film

Sebenarnya, scanner film menggunakan sebuah teknologi yang tidak jauh berbeda dengan yang digunakan pada scanner flatbed. Teknologi tersebut bernama CCD atau charge coupled device. Namun yang perlu digarisbawahi bahwa scanner film berguna untuk memindai sebuah file yang berasal dari data negatif kemudia diubah sehingga menjadi sebuah film yang positif.

Kelebihan

  • Digunakan untuk menscan sebuah gambar yang memiliki ukuran besar. Hal ini dikarenakan objek tersebut berasal dari sumber yang menyerahkan film negatif.
  • Memiliki kemampuan untuk menscan dengan sangat baik dan tanpa adanya paksaaan.

Kekurangan

  • Kekurangan dari menggunakan scanner film adalah harganya yang mahal. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan budget yang besar sebelum anda mulai berniat membelinya.
  • Selain itu, scanner film merupakan jenis scanner yang hanya bisa digunakan untuk menscan satu objek yakni berupa film.

4. Scanner Flatbed

Jenis-Jenis Scanner Flatbed

Scanner flatbed merupakan jenis-jenis scanner yang saat ini sudah cukup terkenal. Adapun teknologi yang digunakan oleh scanner flatbed adalah CCD yang merupakan singkatan dari charge coupled device. Scanner ini juga telah menggunakan sebuah teknologi bernama contac image sensor atau yang disingkat menjadi CIS. CIS inilah yang nanti akan bekerja untuk membaca objek yang akan discan.

Anda akan melihat bahwa banyak orang yang sudah menggunakan scanner flatbed dan sudah merasakan sendiri keunggulannya. Jenis scanner yang satu ini juga merupakan salah satu yang terawet dibandingkan dengan merk yang lain.

Kelebihan

  • Scanner flatbed tidak membutuhkan daya yang tinggi. Hal ini karena teknologi CIS maupun CCD yang sudah diterapkan yang mana teknologi tersebut memang terkenal hemat daya.
  • Karena dayanya yang rendah inilah, maka scanner ini bisa langsung dicolokkan ke port USB komputer maupun juga laptop.
  • Hasil scan yang ditampilkan juga bagus sehingga tidak akan membuat Anda kecewa terhadap hasil file yang Anda pindai.

Kekurangan

  • Salah satu hal yang menjadi kelemahan dari scanner flatbed adalah kemampuannya yang bersifat terbatas. Maksudnya, scanner ini hanya dapat memindai 1 sisi pada objek. Maka dari itu, scanner ini hampir tidak pernah digunakan ketika seseorang hendak memindai file dalam jumlah yang banyak.
  • Scanner flatbed merupakan jenis scanner yang saat ini sudah dikembangkan untuk kebutuhan pribadi. Salah satu contohnya adalah memindai buku, maupun ketika hendak memindai dokumen yang menggunakna kertas A3.

5. Scanner Drum

Scanner Drum

Scanner drum merupakan jenis scanner yang sudah menggunakan teknologi bernama PMT. Teknologi yang satu ini merupakan singkatan dari photomultiplier tubles yang digunakan untuk membaca dan memindai suatu objek. Scanner yang satu ini nantinya akan digunakan untuk memindai gambar yang memiliki ukuran besar. Namun terkadang jenis scanner ini juga bisa digunakan untuk memindai gambar yang berukuran kecil.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan bagi Anda yang hendak menggunakan scanner drum. Apa saja kelebihan dan kekuragannya tersebut? Berikut ini informasinya:

Kelebihan

  • Scanner yang satu ini paling baik ketika Anda hendak mendapatkan suatu gambar yang memiliki tingkat detail yang baik maupun juga akurat.
  • Ketika Anda memindai file menggunakan scanner drum, maka Anda bahkan tidak akan menemukan adanya getaran seperti halnya ketika Anda menggunakan jenis scanner yang lain. Dengan begitu, maka proses dari pemindahan menggunakan scanner ini tidak akan menyebabkan terganggunya hasil file yang discan.
  • Scanner drum mampu menghasilakn sebuah gambar yang beresolusi sampai 24.000 ppi.

Kekurangan

  • Salah satu hal yang menjadi kekurangannya adalah ukuran dari scanner yang terlalu besar sehingga Anda harus menyiapkan tempat yang tidak sempit.
  • Kekurangan yang kedua adalah harganya yang masih terbilang cukup mahal.
  • Terbatasnya dari objek yang bisa discan juga merupakan salah satu kekurangan dari scanner drum.

Itulah pembahasan mengenai jenis-jenis scanner beserta kelebihan dan kekurangannya. Pilih scanner sesuai kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend