• Our Partners:

Kerja sama Canonical dan Microsoft

Kerja sama Canonical dan Microsoft, Berikan Sistemd di WSL

NESABAMEDIA.COM – Akhirnya, Microsoft telah memberikan pengumuman bahwa mereka akan bekerja sama dengan Canonical dengan menghadirkan Sistemd di Windows Subsystem for Linux. Kerja sama ini diharapkan akan memberikan peningkatan lebih baik untuk pengembangan program dari pengembang yang menggunakan Ubuntu, Sabtu (23/09).

Kerja sama antara Microsoft dan Canonical yang akhirnya memberikan dukungan Systemd untuk dapat berjalan di Linux, memberikan kabar yang bahagia untuk pengembang yang telah cukup lama menunggu dukungan Windows Subsystem for Linux.

Maka dari itu, perubahan yang cukup besar tentunya akan hadir bagi pengguna WSL. Dengan adanya dukungan ini, maka dipastikan proses menjalankan aplikasi akan lebih banyak dan mendapatkan dukungan yang lebih luas.

Perlu diketahui, memang ada banyak fitur yang harus mendapatkan dukungan dari Sistemd ketika menjalankan aplikasi di WSL. Atas kerja sama dengan Canonical akan memberikan sistem dengan dukungan yang lebih luas dibandingkan sebelum mendapatkan dukungan ini.

Bagian dari Sistemd sendiri memang ada di Canonical, seperti Systemctl, Microk8s, dan Canonical Snap yang mana menjadi bagian terpenting untuk mendapatkan dukungan aplikasi yang berjalan di WSL. Dengan adanya dukungan Systemd ini, maka pengembang dapat menggunakan interaksi dengan layanan Service.

YouTube video

Melalui laman YouTube resmi Microsoft, mereka mulai menjelaskan kerja sama ini serta kelebihan-kelebihan lainnya yang akan didapatkan pengembang ketika menggunakan WSL. Canonical sendiri memang telah lama menjadi bagian dari sistem operasi Ubuntu.

Dengan latar belakang Canonical ini, diharapkan akan mendapatkan dukungan yang sama di Linux dan beberapa distro yang ada di bawahnya. Namun, untuk saat ini Microsoft baru memberikan dukungan mereka untuk pengguna Windows.

Microsoft baru memberikan dukungan Systemd untuk pengguna Windows 11 Insider Dev Beta terlebih dahulu, nantinya setelah mendapatkan pembaruan ini baru Microsoft akan memperluas dukungan mereka untuk pengguna Windows 11 lainnya. Pembaruan ini akan disediakan oleh Windows Update.

Perlu digaris bawahi juga untuk mereka yang ingin memasangnya secara manual, maka perlu untuk mengunduh dan melakukan pemasangan melalu laman resmi WSL di Github di sini. Dukungan ini akan hadir di versi WSL 0.67.6 dan harus menyunting wsl.conf  dengan mengetikkan perintah ini:

sudo nano etc/ wsl.conf

untuk lebih mudah dimengerti dan sesuai prosedur, maka Canonical telah memberikan petunjuk cara memasang Systemd yang benar melalui link ini.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend