• Our Partners:

Layanan Exchange Server 2013 Mencapai Masa Akhir Dukungan April 2023

Layanan Exchange Server 2013 Mencapai Masa Akhir Dukungan April 2023

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mengingatkan kembali para pelanggannya, platform email dan penanggalan Exchange Server 2013 akan mencapai masa akhir dukungannya, sekitar 9 bulan dari sekarang, yakni pada tanggal 11 April 2023. Dirilis pada bulan Januari 2013 silam, layanan ini telah memasuki sembilan tahun layanan dan telah mencapai masa akhir arus utama lebih dari empat tahun yang lalu, yakni pada 10 April 2018. 

Setelah mencapai masa akhir dukungan, Microsoft akan berhenti menyediakan dukungan teknis dan perbaikan bug untuk masalah yang baru ditemukan, yang nantinya akan berdampak pada stabilitas dan fungsionalitas dari server.

Admin juga tidak akan mendapatkan perbaikan keamanan yang biasanya memperbaiki celah kerentanan yang berdampak pada server yang menjalankan Exchange Server 2013. 

“Exchange Server 2013 masih akan bisa terus berjalan sampai tanggal masa akhir dukungan tersebut, tentu saja, karena adanya resiko yang telah dijelaskan di atas, kami sangat menyarankan agar anda bisa berpindah dari layanan Exchange Server 2013 dengan segera,” ungkap Scott Schnoll, Product Marketing Manager untuk Microsoft Exchange. 

Pihaknya juga menambahkan, apabila para pengguna belum memulai proses perpindahan ke layanan yang lebih baru dari Exchange Server 2013, misalnya ke Exchange Online atau Exchange Server 2019, mereka menyarankan bahwa mungkin saat ini adalah saat yang tepat untuk merencanakannya.

Pilihan Yang Tersedia

Pelanggan yang ingin server mereka tetap bisa berjalan dan mendapatkan perbaikan bug dan pembaruan keamanan atas kerentanan yang baru ditemukan, disarankan untuk meningkatkan ke Exchange Server 2019. 

Sebelum menerapkan pemasangan Exchange Server 2019, anda harus bisa memastikan jaringan, perangkat keras, software dan klien telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, seperti yang telah disampaikan Microsoft dalam halaman berikut ini.

Microsoft juga menyarankan pelanggan untuk berpindah ke klien email dan penanggalan Exchange Online, yang tersedia secara mandiri sebagai layanan terpisah atau melalui langganan Microsoft Office 365. 

Apabila pelanggan berpindah ke layanan Exchange Online, maka ada kesempatan untuk bisa menggunakan layanan Microsoft FasTrack. Layanan ini menyediakan praktik, alat dan sumber daya terbaik untuk membuat migrasi pengguna ke Exchange Online semulus mungkin.

Yang terbaik dari semuanya, anda akan memiliki teknisi dukungan yang memandu anda mulai dari perencanaan dan desain, hingga migrasi ke kotak surat terakhir pengguna.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend