Pria Berlalu Lalang di depan Papan Iklan Huawei di Beijing, Tiongkok (China) Lisensi Usaha di AS

Lisensi Dagang Huawei di Amerika Serikat Kedaluwarsa, Bahayakah?

NESABAMEDIA.COM – Lisensi sementara yang diberikan oleh administrasi Presiden Donald Trump untuk mengizinkan perdagangan antara perusahaan Amerika Serikat tertentu dan Huawei telah kedaluwarsa. Hal ini menempatkan perusahaan produsen ponsel cerdas yang diberdayakan oleh perusahaan Tiongkok itu dalam risiko, terutama perihal urusan bisnisnya di AS.

Lisensi tersebut, yang habis masa berlakunya pada 13 Agustus 2020, dimaksudkan untuk membantu perusahaan telekomunikasi yang beroperasi di daerah pedesaan AS untuk mengganti peralatan Huawei dengan perangkat dari pemasok lain. Kedaluwarsa telah dikonfirmasi oleh Departemen Perdagangan melalui email ke The Washington Post.

Namun, penangguhan hukuman itu juga memungkinkan penyedia perangkat lunak AS untuk terus mengirim pembaruan ke Huawei untuk disebarluaskan ke ponsel cerdasnya. Ini termasuk Google dan dukungan yang disediakannya untuk smartphone Huawei yang berjalan di Android.

Sementara smartphone Huawei yang lebih lama mungkin terus menerima pembaruan keamanan untuk Android, Google tidak akan dapat memberikan bantuan jika muncul masalah kompatibilitas, menurut GSM Arena. Huawei juga mungkin tidak dapat mendistribusikan aplikasi Google, karena Google tidak dapat mengesahkan pembaruan tersebut.

Pihak Google telah dihubungi untuk dimintai komentar tentang lisensi yang kedaluwarsa terkait hubungannya dengan Huawei, dan kami akan memperbarui artikel ini segera setelah kami mendengarnya kembali.

Huawei dalam masalah besar di Amerika Serikat

Huawei mungkin telah menjual ponsel paling banyak pada kuartal kedua, mengalahkan Samsung dan Apple untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun, tetapi perusahaan itu hanya bertujuan untuk bertahan melalui pembatasan baru yang diberlakukan oleh pemerintah AS.

Huawei juga baru-baru ini mengatakan bahwa mereka sedang berjuang untuk mengamankan prosesor yang cukup untuk pembuatan ponselnya karena larangan yang diprakarsai oleh pemerintah AS, menambah tantangan yang saat ini memengaruhi perusahaan China.

Pengecualian lisensi Huawei bagi Google

Ponsel cerdas apa pun yang diproduksi sebelum 16 Mei 2019 masih memenuhi syarat untuk menerima pembaruan keamanan dari Google dan pembaruan umum untuk aplikasi Google, tetapi ada batasannya. Jika kebetulan Huawei merusak kompatibilitas apa pun dengan aplikasi Google selama pembaruan perangkat lunak, Google tidak akan dapat berkolaborasi dalam masalah ini meskipun Google sudah menyediakan pembaruan dan tambalan keamanan.

Ada juga kemungkinan Huawei tidak dapat mendistribusikan aplikasi Google dengan pembaruan di masa mendatang bahkan untuk perangkat yang lebih tua dari 16 Mei 2019 karena Google harus mengesahkan setiap pembaruan yang didorong Huawei. Dan dengan adanya larangan perdagangan dan lisensinya hilang, Google tidak akan dapat melakukannya.

Leave a Reply

Send this to a friend