• Our Partners:

LIVA Comeback, ECS Resmi Rilis Duo PC Mini Z3 Plus dan Z3E Plus

NESABAMEDIA.COM – ECS, perusahaan elektronik ternama asal Taiwan, meluncurkan duo PC mini edisi LIVA baru. Comeback edisi ini menghadirkan Z3 Plus dan Z3E Plus khusus bagi kalangan profesional maupun pengguna rumahan. Dua produk ini kerap dikaitkan karena sama-sama memiliki performa yang luar biasa lewat spesifikasi yang terbilang hampir kembar.

Dari tampak luar, baik Z3 Plus maupun Z3E Plus memiliki panjang 117 mm dan lebar 128 mm. Namun Z3E Plus memiliki tinggi 52,9 mm sementara Z3 Plus hanya setinggi 35 mm. Ukuran produk yang tersedia dalam warna hitam dan silver ini tentu tidak akan memakan banyak tempat pada meja kerja.

LIVA Z3E Plus (Sumber: ECS)

Supaya kinerjanya lancar, kedua PC mini memasang CPU berupa Comet Lake-U sebagai produk Generasi ke-10 buatan Intel. Pengguna bebas memilih prosesor yang dibuat dengan teknologi 14nm berdasarkan jumlah core. Mulai dari Core i3-10110U dengan core ganda, Core i7-10510U dan Core i5-10210U dengan empat core, atau Core i7-10710U dengan enam core.

ECS menawarkan kapasitas penyimpanan yang andal pada kedua produk dengan adanya dua slot SO-DIMM DDR4 RAM. Hal ini dapat menampung hingga 32 GB untuk tipe memori super cepat DDR4-2400 atau DDR4-2666.

Kedua produk menjamin konektivitas lengkap lewat berbagai jenis port. Terdapat sebuah port Type-C, sebuah port USB 3.1, serta satu port audio jack 3,5 mm. Bahkan ECS merealisasikan fitur pengenal suara lewat empat microphone di bagian depan. Sementara port di bagian belakang ialah dua port Gigabit Ethernet, sebuah port HDMI 2.0, serta sebuah port Mini Display.

LIVA Z3 Plus (Sumber: ECS)

Terdapat beberapa perbedaan minor antara Z3 Plus dan Z3E Plus. Misalnya, Z3E Plus mendukung media penyimpanan berupa sebuah HDD atau SSD jenis SATA berukuran 2,5 inci. Konektivitas pada Z3E Plus juga sedikit lebih banyak karena terdapat dua port COM RS232.

Dari spesifikasi yang telah disebutkan, kedua PC mini tampak berfokus pada peningkatan performa lewat integrasi antara memori dan hard drive. ECS juga berkomitmen untuk menampilkan objek visual dengan kualitas Ultra HD dalam resolusi 4K karena menyertakan antarmuka mini-DP dan HDMI pada PC mini LIVA terbaru.

Selamat mencoba duo PC mini dari LIVA, ya!

Leave a Reply