10 Macam-Macam Brainware Beserta Tugasnya, Sudah Tahu?

Kali ini kami akan menjelaskan tentang macam-macam brainware yang merupakan salah satu bagian terpenting selain perangkat keras dan perangkat lunak.

Brainware merupakan seseorang yang memakai atau menggunakan komputer. Brainware lah yang bertugas memasukkan input sesuai dengan keinginannya untuk kemudian ditampilkan sesuai dengan input yang diberikan.

Ada juga yang menjelaskan bahwa brainware merupakan sebuah perangkat intelektual yang berperan dalam mengoperasikan komputer. Selian itu, brainware juga terkenal dengan sebutan user atau pengguna. Ada banyak macam-macam brainware yang tersebar yang mana mereka memiliki tugas atau tujuan masing-masing.

Macam-Macam Brainware

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa brainware memiliki banyak macamnya yang masing-masing memiliki pengertian, ciri, dan tujuannya masing-masing. Lalu apa saja yang termasuk ke dalam macam-macam dari brainware tersebut? Silahkan simak penjelasan kami berikut ini.

1. Operator komputer

Macam-Macam Brainware (Operator Komputer)

Pembahasan seputar macam-macam user atau brainware yang pertama adalah operator komputer. Operator komputer merupakan jenis brainware yang memiliki tanggung jawab di dalam mengolah dan mengubah data yang ada di dalam sebuah sistem komputer. Di dalam melaksanakan tugasnya, operator komputer harus berdasarkan instruksi yang sudah ditetapkan melalui sebuah run book yang sebelumnya sudah disusun oleh programmer.

Perlu diketahui bahwa operator komputer harus diberikan batasan agar supaya mereka tidak sampai memodifikasi sebuah program, baik ketika sebelum maupun pada saat program tersebut sedang berjalan. Hal ini bertujuan agar supaya program tersebut tidak sampai mengalami masalah yang bisa mengakibatkan kerugian bukan hanya untuk operator tersebut melainkan juga untuk orang lain.

2. Teknisi

Apa itu teknisi? Teknisi merupakan seseorang yang bertugas memperbaiki dan merawat semua hal yang berkaitan dengan permasalahan komputer. Ya, teknisi inilah yang nanti akan langsung bertugas memperbaiki ketika ada komputer yang mengalami masalah, khususnya yang berkaitan dengan perangkat keras atau hardwarenya. Sebelum menjadi seorang teknisi, mereka dituntut harus memiliki pengetahuan yang sangat luas mengenai dunia komputer.

Jadi, teknisi tersebut sudah bisa memprediksi kemungkinan permasalahan yang ada pada suatu komputer. Dengan begitu, mereka akan langsung memperbaikinya agar supaya komputer tersebut dapat digunakan dan dapat beroperasi kembali seperti sebelumnya.

3. Trainer

Trainer

Macam-macam brainware yang ketiga adalah trainer. Siapa trainer itu? Trainer adalah brainware yang pengetahuannya lebih luas dibandingkan dengan jenis brainware yang lainnya. Tidak semua orang dapat menjadi seorang trainer dimana mereka harus memiliki pengetahuan yang bukan hanya luas melainkan juga mendalam mengenai dunia komputer.

Selain itu, mereka juga harus memiliki pengalaman yang mempuni sebelum kemudian terjun menjadi seorang trainer. Apa tugas dari trainer tersebut? Trainer bertugas untuk mendidik dan melatih seseorang agar mampu menguasai hal-hal yang berkaitan dengan komputer. Bahkan, trainer inilah yang nanti bisa mencetak teknisi-teknisi handal yang tentunya dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

4. Konsultan

Konsultan juga merupakan golongan dari brainware. Mungkin Anda sudah tahu bahwa konsultan bertugas sebagai tempat untuk meminta saran dan masukan bagi seseorang mengenai apa saja yang berkaitan dengan dunia komputer. Memang cara kerjanya seperti seorang penasehat dimana saran dan masukannya akan sangat didengar dan tidak jarang akan langsung dituruti oleh orang yang memang membutuhkan saran darinya.

Sama halnya dengan trainer, tidak semua orang juga bisa menjadi seorang konsultan. Hanya orang-orang tertentu saja yang memang memiliki pengalaman dan wawasan yang begitu luas tentang komputer dan seluk-beluknya lah yang bisa menjadi seornag konsultan komputer.

5. Project Manager

Project Manager

Project Manager juga bagian yang tidak bisa dilepaskan dari macam-macam user atau brainware. Seseorang yang menjadi project manager berarti ia memegang sebuah jabatan atau kekuasaan tertentu dan juga merupakan seorang komando. Dia akan memimpin beberapa orang yang tergabung dalam suatu tim untuk menyelesaikan projek yang telah diberikan kepadanya.

6. Programmer

Programmer juga masuk ke dalam macam-macam brainware yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Programmer merupakan seseorangn yang ahli di dalam bidang perangkat lunak atau sebuah program dalam komputer yang mana mereka bertugas menciptakan aplikasi atau program untuk bisa dimasukkan ke dalam komputer. Tujuannya untuk semakin memudahkan pekerjaan manusia ketika menggunakan komputer.

Seorang programmer juga harus memiliki pengalaman yang luas mengenai komputer, khususnya yang berkaitan dengan perangkat lunak. Programmer juga terkadang bukan hanya menciptakan aplikasi melainkan juga memodifikasi aplikasi tersebut.

7. Graphic Designer

Macam-Macam Brainware (Graphic Designer)

Seseorang yang kesehariannya selalu berurusan dengan dunia desain grafis, mereka dinamakan sebagai graphic designer. Seseorang yang masuk ke dalam kategori ini umumnya orang-orang kreatif yang selalu berusaha membuat sebuah karya untuk bisa dinikmati oleh orang banyak. Salah satu pekerjaan mereka adalah membuat animasi yang nanti akan digunakan untuk berbagia keperluan, seperti hiburan, pendidikan, dan lain sebagainya.

8. Spesialis Jaringan

Sesuai dengan namanya, brainware yang satu ini merupakan orang yang memang keahliannya di bidang jaringan komputer. Orang tersebut memiliki tanggung jawab di dalam membuat, mengatur, dan memperbaiki jaringan komputer.

9. Database Administrator

Database Administrator

Seseorang yang tergolong ke dalam database administrator berarti orang tersebut memiliki tanggung jawab di dalam mengatur segala yang berkaitan dengan databas pada sebuah aplikasi, organisasi, dan lain sebagainya.

10. System Analis

Siapakah sistem analis ini? Istilah ini diberikan kepada seseorang yang bertanggung jawab dalam merancang, mendesain, atau juga menganalisa program yang hendak dibuat maupun juga yang sudah jadi. Maka dari itu, sistem analis tidak bisa sembarangan di dalam menganalisa, merancang suatu aplikasi agar nanti tidak menimbulkan kesalahan.

Itulah penjelasan tentang macam-macam brainware beserta masing-masing tugas dan tanggungjawabnya. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend