Matikan Pengaturan Windows 10 Yang Menggangu Ini

Matikan Pengaturan Windows 10 Yang Menggangu Ini

NESABAMEDIA.COMMeski sudah ada Windows 11, Windows 10 masih menjadi sistem operasi yang bisa diandalkan, setidaknya sampai tahun 2025 mendatang. Untuk menjadikannya semakin optimal, anda sebaiknya melakukan pengaturan kembali pada beberapa konfigurasi, agar perangkat bisa berjalan semaksimal mungkin di Windows 10. Berikut ada beberapa pengaturan yang perlu anda matikan untuk itu.

Berbagi Pembaruan

File Sharing Updates merupakan sistem pengiriman pembaruan yang dioptimalkan di Windows 10, yang memungkinkan anda untuk mengunduh pembaruan dari perangkat Windows 10 lainnya lewat internet (tidak hanya dari server Microsoft). Artinya, perangkat anda digunakan sebagai terminal berbagi pembaruan dengan pengguna Windows 10 lainnya. 

Fitur ini aktif secara default, namun anda bisa mematikannya lewat Settings → Update & Security → Advanced Options → Delivery Optimization dan mematikan Allow Downloads from Other PCs. 

Matikan Pemberitahuan Mengganggu

Action Center Windows 10 adalah pusat dari semua pemberitahuan yang berasal dari aplikasi, pengingat, sampai program yang baru saja dipasang. Namun pemberitahuan yang berlebih adalah sebuah gangguan, utamanya jika pemberitahuan itu rupanya bukanlah hal yang penting. 

Untuk mengendalikan pemberitahuan, anda bisa melakukannya lewat Settings → System → Notifications & Actions. Matikan beberapa hal seperti Dapatkan Tips, Trik dan Sugesti Ketika Menggunakan Windows atau Tunjukkan Pengalaman Sambutan Windows setelah memperbarui perangkat. 

Iklan

Microsoft mencoba mempromosikan aplikasi Microsoft Store mereka, dan ini terkadang bisa berlebihan, yang terkadang memunculkan aplikasi yang tidak pernah anda unduh di Start Menu. Aplikasi yang disarankan ini pada dasarnya adalah iklan. 

Matikan dengan cara membuka Settings → Personalization → Start → Show Suggestions Occasionally in Start. 

Iklan tidak hanya ada di Start Menu, tapi Microsoft juga mengirimkan iklan ke beberapa tempat. Bahkan anda memiliki ID Unik yang ditautkan ke akun Microsoft anda, yang digunakan perusahaan untuk menampilkan iklan tertarget kepada anda. Lebih buruknya, ID tersebut dibagikan ke pihak ketiga, kecuali anda mematikan fitur ini. 

Caranya adalah buka Settings → Privacy → General → matikan Let Apps Use Advertising ID …

Cortana

Cortana mendapatkan informasi personal dengan mengumpulkan data mengenai anda dan apa saja yang anda lakukan dengan perangkat. Data yang dikumpulkan mulai dari pola dan riwayat pengetikan sampai aplikasi dan halaman situs apa saja yang anda kunjungi. Cukup mengerikan bukan?

Anda bisa menghentikan perilaku Cortana ini dengan membuka Settings → Privacy → Inking & Typing, matikan opsi ini. 

Aplikasi Latar Belakang

Di Windows 10, secara default, banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, bahkan jika anda sama sekali tidak pernah membukanya. Aplikasi ini bisa mendapatkan informasi, mengirim pemberitahuan, mengunduh dan memasang pembaruan, yang akan memakan kuota internet dan juga mengkonsumsi baterai. 

Untuk mematikannya adalah dengan membuka Settings → Privacy → Background Apps, matikan opsi Let Apps Run in The Background. Atau anda bisa mematikan untuk masing-masing aplikasi. 

Sinkronisasi

Windows 10 adalah segalanya tentang sinkronisasi. Semuanya, dari pengaturan sistem, tema, kata sandi, riwayat pencarian, semuanya disinkronisasi ke perangkat anda secara default. Untuk mematikannya, buka Settings → Accounts → Sync Your Settings. Manfaatnya sama dengan mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, untuk hemat baterai, kinerja dan internet. 

Pembaruan Otomatis

Windows 10 memiliki fitur yang akan mengunduh dan memasang pembaruan secara otomatis, dan faktanya anda tidak bisa benar-benar mematikannya. Karena pada dasarnya pembaruan ini memang sangat penting demi keamanan dan keandalan perangkat yang anda gunakan. 

Mungkin karena alasan tertentu seperti menghemat internet atau masalah kinerja lainnya, anda bisa menunda Windows 10 untuk melakukan pembaruan secara otomatis. Caranya buka Settings → Updates → Advanced Options dan di bawah Pause Updates, anda bisa mengatur sampai kapan waktu untuk melakukan penundaan. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend