• Our Partners:

Microsoft dan CWA Sepakati Perjanjian Netralitas Pekerja

Microsoft dan CWA Sepakati Perjanjian Netralitas Pekerja

NESABAMEDIA.COMMicrosoft dan Serikat Pekerja Amerika Serikat (CWA) telah mencapai kesepakatan netralitas tenaga kerja. Kedua belah pihak mengatakan bahwa perjanjian tersebut menyangkut para pegawai di Activision Blizzard dan akan mulai berlaku dalam waktu 60 hari sejak Microsoft melakukan akuisisi atas perusahaan tersebut. 

Kesepakatan tersebut akan memungkinkan karyawan untuk secara bebas dan adil, memutuskan apakah mereka menginginkan keberadaan perwakilan serikat pekerja, yang sejalan dengan pengumuman Microsoft baru-baru ini tentang pengorganisasian lingkungan kerja.

CWA mengatakan bahwa perjanjian itu mengikat. Pasalnya, mereka juga menyatakan kekhawatiran soal akuisisi Activision Blizzard oleh Microsoft. Pihaknya mengklaim bahwa perjanjian dengan Microsoft yang baru disepakati, akan memberikan para pekerja kesempatan untuk menyampaikan suara soal pengambilan keputusan guna memastikan mereka bisa mendapatkan manfaat dari akuisisi tersebut. 

Perjanjian itu memiliki lima ketentuan pokok, yakni pertama Microsoft akan mengambil pendekatan secara netral ketika karyawan yang tercakup dalam perjanjian menyatakan minatnya untuk bergabung dengan serikat pekerja.

Kedua, karyawan yang dilindungi akan dengan mudah mendapatkan hak mereka untuk berkomunikasi dengan karyawan lain dan perwakilan serikat pekerja, dengan cara mendorong keterbukaan informasi dan menghindari gangguan bisnis.

Ketiga, karyawan akan memiliki akses ke proses yang didukung teknologi inovatif dan efisien untuk memilih apakah akan bergabung dengan serikat pekerja. Keempat, karyawan bisa menjaga kerahasian dan privasi pilihan mereka, jika mereka inginkan.

Kelima, apabila timbul ketidaksepakatan antara CWA dan Microsoft berdasarkan perjanjian, kedua organisasi akan segera bekerja sama untuk mencapai kesepakatan dan akan beralih ke proses arbitrase yang dipercepat jika tidak menemukan titik tengah. 

Mengomentari perjanjian itu, Presiden dan Wakil Ketua Microsoft Brad Smith mengatakan, “Awal bulan ini kami mengumumkan serangkaian prinsip yang akan memandu soal pendekatan kami terhadap organisasi buruh, dan akuisisi Activision Blizzard adalah kesempatan pertama kami untuk menerapkan prinsip-prinsip ini. Kami menghargai kolaborasi CWA dalam mencapai kesepakatan ini, dan kami melihat kemitraan hari ini sebagai jalan untuk berinovasi dan tumbuh bersama.”

Sebagai catatan, perjanjian itu tidak akan memberikan pengaruh bagi pekerja Activision Blizzard sebelum akuisisi rampung. Microsoft dan CWA mengatakan bahwa mereka akan terus bekerja sama untuk menghadirkan peluang, seperti program pengembangan keterampilan.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend