• Our Partners:

Microsoft Dukung Manifest V2 hingga Januari 2024

Microsoft Dukung Manifest V2 hingga Januari 2024

Microsoft kini telah melakukan pembaruan untuk langkah mereka dalam memberikan dukungan migrasi ke Manifest V3, di mana Microsoft menyatakan bahwa mereka akan memberikan dukungan Manifest V2 hingga Januari 2024 nanti, Sabtu (10/12).

Beberapa waktu yang lalu, perusahaan raksasa Google memberikan pengumuman mereka bahwa perilisan Manifest V3 telah ditunda untuk batas waktu yang masih belum ditentukan secara pasti. Mengikuti langkah yang ada di Google, Microsoft memberikan tindakan lanjutan untuk memperbaharui Roadmap mereka untuk dukungan Manifest V3.

Sebelumnya, Google telah memberikan pengumuman bahwa mereka akan menghentikan segala dukungan dari Manifest V2, di mana mereka telah mengumumkan hal ini sejak bulan Juni/Juli 2023 kemarin. Bersamaan dengan itu beberapa dukungan eksistensi seperti AdBlock mulai kehilangan taring mereka untuk memblokir sejumlah iklan.

Namun, berselang beberapa bulan kemudian AdGuard mengatakan bahwa layanan AdBlock mereka kini telah bisa memblokir dan mendapatkan kekuatannya seperti semula. Tak sama berselang Google menunda perilisan Manifest V3 hingga bulan Juni 2023 nanti.

Nampaknya memang tidak sesuai rencana pengembangan Manifest V3, di mana Google masih belum memberikan konfirmasi lebih lanjut mengenai perilisan Manifest V3 dan menghentikan dukungan Manifest V3. Hanya kabar bahwa Manifest V3 akan dirilis bersamaan dengan perilisan Google Chrome nanti.

Melalui dokumentasi yang telah mereka perbaharui, Microsoft kini telah memberikan konfirmasi bahwa mereka akan memberikan dukungan penuh untuk Manifest V2 hingga setidaknya Januari 2024 nanti. Itu artinya, masih ada waktu satu tahun untuk beberapa eksistensi dalam mengembangkan dukungan mereka ke Manifest V3.

Hal ini harus dimanfaatkan oleh mereka para pengembang eksisten di berbagai macam layanan browser berbasis Chromium, karena Microsoft sendiri telah memberikan syarat untuk eksistensi di Microsoft Edge.

Microsoft tidak akan memberikan dukungan apapun untuk eksistensi yang masih menggunakan Manifest V2 di Add-on Microsoft Edge, maka dari itu sebagai pengembang setidaknya bisa mengembangkan lebih lanjut untuk mendapatkan dukungan di Manifest V3 nanti.

Meskipun telah ada banyak eksistensi yang memberikan dukungan mereka di Manifest V3, namun Manifest V2 sendiri diklaim memberikan performa yang lebih baik untuk menjalankan fitur yang lebih mumpuni seperti AdBlock.

Editor: Hudalil Mustakim

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend