Sony Xbox

Microsoft Klaim Sony Membayar “Hak Blokir” Xbox Games Pass

NESABAMEDIA.COM – Microsoft baru-baru ini memberikan keterangan bahwa, Sony membayar sejumlah perusahaan untuk tidak mendistribusikan games mereka ke Xbox Games Pass. Klaim eksplosif ini telah dibagikan menjadi sebuah dokumen, yang diajukan ke Regulator Kompetisi Nasional Brazil, di mana berisikan akuisisi Microsoft atas Activision Blizzard, Jumat (12/08).

Perusahaan telah memberikan penyataan terkait masalah ini, Microsoft berencana untuk menggandeng banyak jenis games yang dapat diakses melalui Xbox Games Pass. Namun, perusahaan mengaku mengalami kesulitan karena Sony memblokir pertumbuhan ini.

“Microsoft akan memperluas banyak jenis games yang dapat dimainkan di Xbox, namun Sony seakan menghambat distribusi ini,” klaim Microsoft pada 9 Agustus kemarin.

Administrative Council for Economic Defense (CADE) juga memberikan pernyataan yang sama, yang mana telah diterjemahkan dari bahasa Portugis yang mengatakan bahwa, Sony telah membayar pengembang untuk tidak memberikan dukungan mereka terhadap games yang dapat dimainkan di Xbox Games Pass.

“Sony membayar hak pemblokir dari pengembang untuk tidak menambahkan games mereka ke layanan Game Pass dan layanan berlangganan dari platform lainnya.” Pernyataan CADE.

Dengan ini, nampaknya Sony tidak memberikan izin untuk pengembang dalam memasarkan games mereka di luar dari platform Sony itu sendiri. Cara ini dinilai tidak profesional dan Sony terkesan tidak kompetitif dalam bisnis.

Sejauh ini, Sony mungkin saja telah membayar secara eksklusif hak mereka untuk mendistribusikan games mereka sendiri, atau telah memiliki klausul dalam beberapa kontrak yang telah mereka setujui dengan para pengembang. Namun yang jelas, dalam kontrak tersebut pastinya tidak memberikan akses kepada pengembang untuk menjual game di platform lain selain Sony.

Sampai saat ini belum menemukan titik cerah atas apa yang terjadi dengan kontrak publisitas mereka, karena dalam kontrak tersebut tentunya memiliki banyak topik yang kompleks, khususnya mengenai hak jual beli game pada layanan berlangganan.

Tahun lalu, Apple juga telah memberikan pernyataan bahwa Microsoft telah melakukan pembagian pendapatan yang tidak menguntungkan untuk pengembang games. Menurut Apple, Microsoft tidak memberikan banyak dukungan untuk pembagian keuntungan dari penjualan games di Xbox.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend