• Our Partners:

Microsoft Bakal Kirimkan Perbaikan Masalah RRAS Windows dan VPN Bulan Juli Mendatang

Microsoft Bakal Kirimkan Perbaikan Masalah RRAS Windows dan VPN Bulan Juli Mendatang

NESABAMEDIA.COMMicrosoft akhirnya memberikan konfirmasi soal masalah sambungan internet yang berdampak pada server dengan Routing and Remote Access Service (RRAS) yang diaktifkan, setelah memasang pembaruan Windows yang dirilis sebagai bagian dari Patch Tuesday bulan ini

RRAS adalah sebuah layanan di Windows yang menawarkan routing tambahan dan fitur sambungan TCP, misalnya akses jarak jauh atau sambungan situs ke situs, dengan bantuan dari Virtual Private Network (VPN) atau sambungan dial-up. 

Selain server RRAS yang mengalami masalah dengan lalu lintas routing, Microsoft mengatakan bahwa perangkat di tingkat klien mungkin juga mengalami masalah yang sama, setelah menghubungkan ke server yang terdampak, dengan server juga akan kehilangan sambungan internet dalam prosesnya. 

Admin Windows sejak pekan lalu mulai mengalami permasalah itu, setelah memasang pembaruan Patch Tuesday bulan Juni, yang hanya bisa diperbaiki dengan cara menghapus pembaruan secara penuh, kembali ke versi sebelumnya. 

Microsoft kini mengungkap bahwa masalah ini telah diperbaiki dalam pembaruan pratinjau opsional Windows yang dikirimkan pekan lalu. Pembaruan pratinjau itu dirilis sebagai bagian dari pembaruan bulanan C yang terjadwal untuk bulan Juni 2022, yang memungkinkan pengguna untuk menguji perbaikan yang akan datang untuk Windows 11 KB5014668, Windows Server KB5014665 dan Windows 10 versi 1809 KB5014669.

Namun bagi mereka yang menggunakan rilisan terbaru dari Windows 10, Windows 8.1, Windows 7 SP1, dan beberapa versi Windows Server lainnya yang terdampak oleh masalah ini, sepertinya harus menunggu lebih lama lagi, setidaknya sampai dengan pembaruan Patch Tuesday bulan berikutnya atau pembaruan Out of Band (OOB). 

“Kami sedang melakukan investigasi dan akan menyediakan pembaruan untuk rilisan berikutnya,” terang Microsoft dalam dasbor Windows Health. 

Seperti yang dijelaskan di atas, ada beberapa versi Windows yang terdampak yang perbaikannya masih dikerjakan oleh Microsoft. Namun ada juga cara untuk menyiasati masalah sambungan yang sedang terjadi ini.

Admin bisa secara temporer mematikan fitur NAT di server RRAS, sembari menunggu perbaikan dikirimkan. Microsoft juga membagikan solusi yang sama sebagai bagian dari Pengetahuan Masalah Umum di dasbor Windows Health. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend