Pembaruan Windows Juni 2022, Sebabkan Masalah Login Microsoft 365, AAD dan Jaringan Wi-Fi

Pembaruan Windows Juni 2022, Sebabkan Masalah Login Microsoft 365, AAD dan Jaringan Wi-Fi

NESABAMEDIA.COMMicrosoft sedang melakukan investigasi terkait sebuah masalah umum yang menyebabkan login ke Azure Active Directory dan Microsoft 365 bermasalah di perangkat ARM, setelah menerapkan pembaruan Windows bulan Juni 2022. 

Microsoft mengatakan dalam sebuah peringatan layanan bahwa pengguna mungkin mengalami masalah login ke beberapa layanan Microsoft 365 di perangkat Windows berbasis ARM setelah memasang pembaruan yang dirilis sebagai bagian dari Patch Tuesday bulan ini.

“Aplikasi dan layanan yang menggunakan Azure Active Directory untuk login, mungkin juga terdampak,” ungkap Microsoft lebih jauh di dashboard kesehatan rilisan Windows. Menurut Microsoft, peringatan layanan itu berdampak ke skenario berikut ini, namun tidak terbatas ke :

  • Aplikasi dan layanan yang menggunakan Azure Active Directory untuk login.
  • Jaringan VPN.
  • Microsoft Teams versi desktop.
  • OneDrive untuk Bisnis
  • Klien Outlook Desktop

Daftar lengkap dari versi Windows yang terdampak oleh masalah umum baru ini termasuk platform Windows 11 21H2, Windows 10 21H2, Windows 10 21H1, Windows 10 20H2. Teknisis Microsoft saat ini sedang mencari solusi untuk masalah login Azure Active Directory dan Microsoft 365 ini, dan akan merilis perbaikan untuk mengatasi masalah tersebut pada pembaruan Windows yang akan datang.

“Kami secara aktif sedang melakukan investigasi log layanan dan telemetri di pembaruan keamanan Windows terbaru untuk memahami akar masalah dan membuat rencana perbaikan,” tambah Microsoft.

Beralih ke Aplikasi Web

Microsoft juga membagikan solusi sementara untuk pelanggan yang terdampak masalah login ini, sampai solusi yang lebih permanen tersedia. Menurut Microsoft pengguna yang ingin tetap menggunakan produk yang terdampak itu, bisa beralih ke versi aplikasi web.

“Untuk menyiasati masalah, anda bisa menggunakan versi web dari aplikasi yang terdampak, seperti OneDrive, Microsoft Teams dan Outlook.com,” terang Microsoft.

Pembaruan Windows bulan ini sepertinya membawa sejumlah masalah baru, dengan Microsoft mengungkap bahwa pengguna juga mungkin akan mengalami masalah jaringan ketika menggunakan Wi-Fi hotspot untuk memperbarui sistem klien dan server.

Pembaruan bulan Juni juga mungkin menyebabkan masalah pencadangan di sistem Windows Server, dengan aplikasi terus gagal melakukan pencadangan data menggunakan Volume Shadow Copy Service (VSS) karena tambahan keamanan yang diperkenalkan untuk mengatasi masalah kerentanan peningkatan hak akses CVE-2022-30154.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend