• Our Partners:

Lebih Dekat Aplikasi Sound Recorder Windows 11 Baru

Lebih Dekat: Aplikasi Sound Recorder Windows 11 Baru

NESABAMEDIA.COMAplikasi perekam suara Windows telah lama menjadi sebuah aplikasi yang mendasar, biasa saja, namun pada versi yang diperbarui di Windows 11, ditambahkan beberapa fitur baru yang menarik. Pertama, aplikasi ini sekarang bernama Sound Recorder, menggantikan moniker Voice Recorder di versi Windows sebelumnya. 

Rupanya, ini tidak hanya perubahan nama saja, namun mendapatkan tampilan dan fitur baru, dengan tetap menonjolkan kesederhanaan. 

Microsoft mengumumkan aplikasi Sound Recorder pada bulan lalu, dan saat ini statusnya masih dalam tahap Pratinjau. Namun ada kemungkinan ini akan diperbarui sebelum versi Windows 11 22H2 dihadirkan pada musim gugur nanti, seperti halnya aplikasi Media Player. 

Tampilan Baru

Aplikasi Sound Recorder Windows 11 yang baru, terlihat begitu berbeda dengan aplikasi Voice Recorder sebelumnya. Selain itu, untuk versi yang baru terdapat juga versi mode terang. Sebagai perbandingan, anda bisa melihat perbedaan dari tampilan kedua aplikasi tersebut berikut ini:

Seperti halnya aplikasi Media Player Windows 11, jika anda mengetik dengan nama lama, dalam kasus ini adalah ‘Voice Recorder’, maka versi yang baru ‘Sound Recorder’, akan terbuka dan melakukan pembaruan. Sebagai informasi, Media Player yang baru adalah pengganti dari aplikasi Groove Music. 

Anda juga akan bisa menemukan aplikasi ini di Microsoft Store, namun dalam kasus tertentu itu masih bernama Voice Recorder. Diharapkan, toko aplikasi itu bisa segera menggunakan nama aplikasi yang baru.

Setelah melakukan pembaruan, anda harus memberikan izin kepada aplikasi itu untuk menggunakan perangkat mikrofon yang terpasang. Dalam sebuah kasus, pengguna terkadang harus mengaktifkan terlebih dahulu mikrofon di aplikasi Settings sebelum bisa masuk ke tahap ini. Buka pengaturan Sound, temukan Voice Recorder di antara aplikasi yang diizinkan dan geser tombol pengaktifan. 

Fitur Baru

Aplikasi Sound Recorder yang baru memakai bahasa desain dan ikon Windows 11 yang telah disegarkan. Elemen baru yang paling mencolok dalam hal ini adalah grafis pola gelombang yang muncul begitu anda mulai melakukan perekaman suara atau memainkan lagu. 

Anda juga bisa menempatkan penanda di gelombang itu untuk menampilkan bagian mana yang menarik dalam rekaman. Penanda itu ditampilkan dalam bentuk garis berwarna merah. Gelombang itu akan selalu menyesuaikan dengan ukuran jendela aplikasi, jadi anda tidak perlu menggulir keluar jendela untuk melihat materi yang jauh, namun ini berarti anda juga tidak bisa melakukan pembesaran tampilan.

Anda juga bisa memilih dari beberapa mikrofon yang berbeda, di mana aplikasi yang lama hanya bisa menggunakan perangkat mikrofon yang dijadikan perangkat default. Kemudian ada juga kemampuan baru untuk mengubah kecepatan pemutaran rekaman. Anda memiliki pilihan kecepatan dari ¼ kecepatan hingga 4x kecepatan dari versi asli. 

Aplikasi baru ini juga memungkinkan anda untuk membuka file suara, bahkan jika anda tidak merekamnya dengan aplikasi Sound Recorder. Anda bisa mengubah namanya, namun tidak bisa melakukan perubahan format dan kualitas. 

Format Yang Didukung

Sound Recorder menawarkan banyak sekali format file audio yang bisa anda pilih, mulai dari MP3 standar, AAC, WMA sampai dengan FLAC atau WAV. Anda juga bisa memilih kualitas suara, dengan pilihan Otomatis, Terbaik (kualitas lebih baik, namun ukuran file lebih besar), Tinggi (disarankan), Medium (ukuran file lebih kecil). 

Berbagi Hasil Rekaman

Pada akhirnya, aplikasi ini memungkinkan anda untuk membagikan file hasil rekaman dengan orang lain melalui email, fitur Nearby Sharing ke PC lain, atau ke aplikasi lain yang menerima format yang digunakan.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend