Apa itu Android Studio? Simak Pengertian Android Studio dan Kegunaannya!

Pengertian Android Studio

Semua pengguna smartphone pasti sudah tahu bahwa setiap tahun atau mungkin beberapa bulan sekali akan keluar smartphone tebaru yang membawa spesifikasi dan kelebihan atau fitur-fitur terbaru.

Setiap smartphone di dunia dunia ini hampir semuanya memanfaatkan Android sebagai sistem operasinya sehingga memberikan banyak peluang bagi para pengembang aplikasi untuk membuat beragam aplikasi untuk ponsel android.

Nah, softaware yang digunakan untuk membuat aplikasi android inilah yang dinamakan sebagai android studio. Jadi, android studio atau yang dinamakan juga sebagai IDE atau Integrated Development Environment merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang digunakan untuk membuat maupun mengembangkan aplikasi yang ada di android.

Sejarah Tentang Android Studio

Apa itu Android Studio? Pengertian Android Studio Adalah

Android studio pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 2013 yang waktu itu bertepatan dengan acara Google I/O Conference. Android studio ini merupakan perangkat lunak yang benar-benar telah mendapat dukungan secara penuh dari Google yang merupakan perusahaan induk untuk OS android.

Seseorang yang berjasa di dalam mengembangkan android stuido ini bernama Jet Brains yang mana dia merilis dan memperkenalkan perangkat lunaknya tersebut kepada publik di tahun 2014.

Sekedar informasi bahwa sebelum adanya android studio, Google sudah terlebih dahulu memberikan dukungannya pada Eclipse, dimana dahulunya software ini banyak digunakan oleh para developer untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang bisa dipasang di android. Namun sekarang Google sudah benar-benar menghentikan dukugannya dan kemudian berpindah ke android studio.

Kegunaan Android Studio

Sebenarnya apa sih kegunaan dari android studio ini? Mengapa kita harus menggunakan android studio untuk belajar android? Jawabannya adalah karena memang ada beberapa manfaat dan kegunaan dari android studio ini sehingga penting bagi Anda mempelajarinya. Adapun kegunaan dari android studio ini tidak lain adalah untuk membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi yang nanti akan diinstal di android.

Meskipun sebenarya Anda masih bisa menggunakan Eliclipse, namun android studio sepertinya lebih baik karena memiliki beberap keunggulan atau kelebihan yang tidak dimiliki oleh software Eliclipse.

Kelebihan dan Kekurangan Android Studio

A. Kelebihan android studio 

Pengertian Android Studio dan Kelebihannya

Di bawah ini akan kami berikan informasi tentang apa saja kelebihan dari android studio dan alasan mengapa Anda harus menggunakannya dibandingkan dengan software lain dengan fungsi yang sama.

Instant Run

Bagi Anda yang akan menjalankan program melalui run, nanti Anda harus menyusun sebuah program dengan bentuk APK. Kemudian Anda harus mengirimkannya menuju perangkat yang akan Anda gunakan untuk mengoperasikannya. Dengan adanya fitur instant run ini maka proses berjalannya program bisa lebih lancar dan tepat tanpa harus menyusun kembali aplikasinya.

Intelligent Code Editor

Dengan menggunakan android studio, maka Anda dapat menulis kode dengan lebih baik, produktif, dan tentunya tidak membutuhkan waktu lama. Salah satu fitur yang disematkan pada android studio adalah intelligent code editor yang akan memberi kemudahan Anda yang ingin menulis kode dan juga Anda akan memperoleh saran kode yang akan Anda ketikkan.

Emulator yang miliki banyak fitur

Perlu Anda tahu bahwa android studio termasuk ke dalam salah satu emulator terbaik. Hal ini tidak lepas dari banyaknya fitur menarik yang ditawarkan dan Anda bisa langsung melakukan pengujian terhadap perangkat Anda, seperti tablet, smartphone, smart TV, smart watch, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mensimulasikan pada beberapa perangkat yang lain seperti GPS, baterai, sensor gerak, maupun juga latensi jaringan.

Merupakan sistem yang fleksibel

Kelebihan yang keempat dan menjadi alasan kenapa Anda harus menggunakan android studio adalah karena perangkat lunak yang satu ini termasuk sistem yang fleksibel.

Software ini sudah menawarkan adanya otomatisasi versi, konfigurasi versi, dan juga managemen dependensi. Anda nanti bisa mengkonfigurasikan proyek dengan menyertakan library lokal dan juga host. Selain itu, android studio juga akan menjelaskan mengenai varian versi lengkap dengan kode yang berbeda-beda yang bisa Anda gunakan.

Mampu membuat aplikasi secara lengkap

Dengan menggunakan android studio, maka Anda akan sangat terbantu ketika hendak membuat sebuah aplikasi yang sangat lengkap. Anda akan mendapatkan dukungan ketika membuat proyek dengan menggunakan C++ atau bahasa C. Jadi, nanti Anda nanti bisa membuat sebuah dokumen JNI di dalam suatu aplikasi.

Selain itu, ISE yang satu ini juga sudah menyediakan sintaks dan juga pemfaktoran ulang bagi C++ atau C dan juga pemfaktoran untuk debugger dengan basis LLDB.

Mampu digunakan untuk semua perangkat android

Android studio akan sangat bermanfaat karena dapat digunakan sebagai wadah untuk membuat sebuah aplikasi yang nanti bisa digunakan oleh semua perangkat android. Jadi, kelebihan ini akan bermanfaat bagi Anda yang hendak membagi sebuah proyek ke dalam beberapa unit fungsi. Jadi Anda bisa lebih teratur ketika hendak mengembangkan aplikasi android.

2. Kekurangan android studio

Kekurangan android studio

Proses yang lambat

Dikarenakan android studio memanfaatkan bahasa pemograman Java, maka menyebabkan pengoperasiannya menjadi lambat. Jadi, Anda harus lebih sabar ketika codding dengan menggunakan software ini.

Penerapan yang rumit

Kekurangan kedua adalah implementasi atau penerapannya yang rumit. Bukan hanya rumit, namu proses yang Anda lakukan juga cukup panjang. Padahal aplikasi yang dikembangkan tersebut termasuk aplikasi yang mudah digunakan.

Adanya error yang terkadang sulit ditemukan

Kekurangan ketiga dari penggunaan android studio adalah terkadang munculnya eror yang sulit untuk ditemukan. Error tersebut nanti malah ketemu ketika proses ujicoba. Akibatnya, waktu pengembangan menjadi lebih lama dan tentu akan menyita waktu Anda meskipun aplikasi yang dihasilkan merupakan aplikasi sederhana.

Itulah pengertian Android Studio beserta kelebihan dan kekurangannya yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend