• Our Partners:

Pengertian Data Warehouse

Pengertian Data Warehouse Beserta Fungsi dan Contoh Data Warehouse

Pengertian Data Warehouse

Pengertian data warehouse adalah suatu sistem penyimpanan data dari berbagai sumber yang biasanya diterapkan dalam sebuah perusahaan atau institusi tertentu sebagai bahan pertimbangan manajemen. Adapun kata kerja dengan istilah data warehousing yang memiliki makna sebagai kegiatan mengumpulkan data dari berbagai sumber yang kemudian diolah menjadi informasi yang lebih mudah dibaca dan dipahami untuk kepentingan strategi bisnis. Teknik ini merupakan perpaduan antara pemanfaatan teknologi dan komponen yang membantu penggunaan data secara strategis.

Data warehouse merupakan penyimpanan dalam bentuk elektronik dalam sebuah komputer induk maupun data cloud di internet. Menyimpan berbagai informasi dalam jumlah besar yang dirancang untuk kueri dan analisa dalam menjalankan bisnis.  Data warehousing merupakan proses mengubah data menjadi informasi yang siap disajikan ketika sedang dibutuhkan oleh divisi tertentu dalam sebuah perusahaan. Informasi dari data warehouse dapat menentukan pengambilan keputusan dalam menjalankan sebuah perusahaan.

Terciptanya sistem penyimpanan data dalam skala besar ini terwujud dari keinginan untuk memisahkan antara data pendukung dengan database operasional. Hal ini karena data warehouse bukanlah sebuah produk atau objek, namun sebuah lingkungan. Data warehouse ibarat arsitektur dengan konstruksi tertentu sebagai sistem informasi pendukung yang susah untuk diakses dari operasional penyimpanan data konvensional.

Data warehouse merupakan sistem yang telah diterapkan di banyak perusahaan dan institusi tertentu dalam masyarakat. Mulai dari perusahaan penerbangan, bank. Rumah sakit, lembaga-lembaga pemerintahan, perusahan asuransi dan investasi, perusahaan komunikasi, dan masih banyak lagi. Sistem informasi data pendukung ini biasanya digunakan sebagai informasi yang lebih mendalam. Mulai dari mengukur profit, trend pasar, dan kebutuhan data yang membutuhkan analisa.

Setelah mengetahui pengertian data warehouse, anda juga perlu memahami fungsi dan contoh dari data warehouse supaya anda lebih paham lagi.

Fungsi Data Warehouse

Pengertian Data Warehouse dan Fungsi Data Warehouse

Data warehouse diciptakan untuk membantu sebuah perusahaan atau institusi memiliki sistem penyimpanan data pendukung yang lebih terstruktur dan terorganisir. Berikut beberapa fungsi lengkap dari data warehouse secara umum:

  1. Data warehouse mampu memudahkan para pelaku bisnis untuk mendapatkan akses cepat akan data esensial dari sebuah sumber yang menampung berbagai informasi spesifik dalam satu tempat.
  2. Data warehouse menyediakan informasi yang konsisten untuk berbagai divisi dan bentuk aktivitas. Sistem ini juga menyimpan adhoc laporan dan query.
  3. Data warehouse dapat membantu proses integrasi data yang dapat mengurangi stres pada sistem produksi.
  4. Restrukturisasi dan integrasi dapat mempermudah proses pembuatan laporan dan analisa.
  5. Data warehouse membuat pengguna dapat mengakses data penting dari berbagai sumber melalui satu tempat. Hal ini pastinya dapat menghemat waktu dalam pengambilan data yang dibutuhkan dari berbagai sumber.
  6. Data warehouse menyimpan data dalam jumlah besar, begitu juga data-data lama dari berbagai tahun. Informasi ini dapat dijadikan bahan analisis tambahan untuk menganalisa suatu fenomena dan memprediksi trend yang akan muncul mengikuti pola yang ada.

Contoh Data Warehouse

Data warehouse memiliki sistem yang cukup rumit dan kompleks jika anda ingin membuatnya sendiri. Anda tidak perlu memusingkan hal tersebut, telah tersedia banyak data warehouse yang bisa anda gunakan di pasaran. Berikut beberapa contoh data warehouse paling populer dan telah digunakan oleh berbagai perusahaan dan institusi.

1. Amazon Redshift

Pengertian Data Warehouse dan Contoh Data Warehouse

Amazon Redshift merupakan salah satu service yang disediakan oleh salah satu perusahaan marketplace terbesar, Amazon. Data warehouse yang ditawarkan di sini berubah sistem penyimpanan data cloud yang terkenal akan kecepatannya. Cocok bagi perusahaan atau institusi dengan beban kerja konkuren tinggi. Hal ini karena Amazon Redshift dapat menangani konkurensi hingga nyaris tak terbatas. Merupakan yang tercepat di dunia dan semakin cepat setiap tahunnya agar tidak mudah ditandingi.

Adapun beberapa fitur unggulan Amazon Redshift sebagai berikut:

  • Inteligensi bisnis yang membuat keputusan bagi perusahaan dari data yang terus bergerak dan bertumbuh.
  • Analisis prediktif yang dapat berguna untuk menganalisa data produk yang digunakan oleh pelanggan dan merekomendasikan produk dengan spesifik dan tepat sasaran.
  • Analitik alira real-time yang mampu memberikan data secara real-time, memberikan data yang benar-benar baru untuk kebutuhan bisnis anda.

Amazon Redshift akan mempermudah anda dalam mengolah analisa query yang kompleks, dengan optimasi query yang canggih. HIngga penyimpanan kolom pada local disk dengan kinerja tinggi dan eksekusi query paralel yang besar.

2. Panoply

Data Warehouse Panoply

Panoply menyediakan platform manajemen data dari ujung ke ujung. Data warehouse satu ini bisa dibilang merupakan salah satu platform yang sangat mudah dioperasikan, karena tidak membutuhkan coding bagi anda yang ingin mengambil data. Panoply menggunakan sistem me-sin pembelajaran dan Natural Language Processing (NLP) yang berfungsi untuk membentuk informasi dari berbagai sumber dengan teknik eliminasi. Panoply akan merampingkan data yang anda butuhkan menjadi paling spesifik yang akan mengurangi waktu pengambilan data pendukung.

Panoply akan memudahkan anda dalam memulai dan menambahkan berbagai data dari berbagai sumber yang anda inginkan. Anda juga membuat koneksi antara sumber data dan membangun sistem data custom sesuai dengan kebutuhan anda yang memberikan laporan data mendalam dan bermutu.

3. BigQuery

Data Warehouse BigQuery

BigQuery merupakan data warehouse milik Google tanpa server, memiliki skala yang besar dengan harga yang terjangkau. Service ini masuk dalam bagian Google Cloud Platform dengan kapasitas yang besar. Dengan sistem NoOPs (tanpa operator) analisa data, BigQuery menawarkan pengguna kemampuan untuk mengatur data menggunakan SQL yang cepat seperti query untuk analisa real-time dengan sumber terbaru yang pastinya sangat menguntungkan.

Itu tadi pengertian dari data warehouse serta fungsinya yang bisa anda manfaatkan untuk kelancaran kegiatan bisnis maupun institusi swasta anda.

Leave a Reply

Send this to a friend