Pengertian Laptop, Sejarah, Fungsi dan Kegunaan Laptop Lengkap!

Di era teknologi ini khususnya di perkotaan, laptop seakan tidak bisa dipisahkan dengan aktivitas sehari-hari apalagi jika sudah menyangkut dengan masalah pekerjaan. Nah, pada artikel ini, saya akan menjelaskan dengan detail mengenai pengertian laptop, sejarah, fungsi dan kegunaan laptop.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan dengan laptop seperti mengerjakan tugas, belajar, bermain game, hiburan, dan aktivitas lainnya. Ada berbagai aplikasi atau software yang bisa Anda install di laptop guna menunjang kebutuhan Anda.

Laptop adalah ibarat komputer mini yang bisa dan mudah dibawa-bawa dengan menggunakan baterai sebagai sumber daya-nya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengertian laptop, mari simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Laptop

pengertian laptop

Dalam bahasa indonesia, laptop berarti komputer jinjing. Sedangkan, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), laptop didefinisikan sebagai komputer pribadi yang agak kecil, yang dapat dibawa-bawa dan dapat ditempatkan di pangkuan pengguna, terdiri atas satu perangkat yang mencakupi papan tombol, layar tampilan, mikroprosesor, biasanya dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang.

Kemudian berdasarkan Oxford Advance Learner’s Dictionary, laptop adalah komputer kecil (mini) yang dapat bekerja dengan baterai dan mudah dibawa-bawa. Dari beberapa pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwa laptop adalah komputer pribadi berukuran kecil dan ringan dimana seluruh komponennya menjadi satu kesatuan seperti layar, pointer, processor, dan keyboard sehingga mudah dibawa-bawa dan sumber dayanya berasal dari baterai.

Sejarah Laptop

Setelah kita memahami apa itu laptop, kita juga sebaiknya mengetahui sejarah perkembangan laptop mulai dari awal sampai pada versi laptop saat ini. Laptop saat pertama kali diciptakan tidaklah sama dengan yang sekarang tetapi lebih sederhana. Laptop dari masa ke masa terus diperbaharui agar semakin canggih dan lebih efesien.

Bagaimanakah sejarah perkembangan laptop dari awal penciptaannya hingga sekarang? Untuk informasi lebih lanjut mengenai sejarah laptop, mari simak penjelasan dibawah ini.

1. Tahun 1975 – IBM Portable PC 5100

IBM Portable PC 5100 - Sejarah LaptopIBM Portable PC 5100 merupakan komputer portabel pertama dari IBM yang diperkenalkan pada September 1975. Komputer ini dibuat khusus untuk para ahli matematika dan insinyur. Komputer ini adalah evolusi dari prototipe yang disebut dengan SCAMP (Special Computer APL Machine Portable) yang dibuat oleh Dr. Paul Friedl dan timnya di IBM Los Gatos Scientific Center pada tahun 1973. 

2. Tahun 1977 – Rockwell AIM 65

Rockwell AIM 65Rockwell AIM 65 merupakan komputer mikro dari Rockwell yang dirilis pada tahun 1977 dengan menggunakan mikroprosesor MOS Technology 6502. Komputer ini lebih lengkap daripada pendahulunya, ia sudah dilengkapi perangkat lunak seperti monitor, penerjemah BASIC, PL / 65, Pascal dan sistem pengembangan FORTH serta perangkat keras seperti floppy disk drive dan backplane.

3. Tahun 1978 – IBM Portable PC 5110

IBM Portable PC 5110IBM Portable PC 5110 merupakan komputer portable pengembangan dari IBM Portable PC 5100 yang dirilis pada 1978 dengan menggunakan mikroprosesor IBM PALM processor. Komputer ini tentunya lebih unggul dari versi 5100 karena sudah mendukung lebih banyak perangkat I / O seperti floppy disk drive, IEEE-488, RS232, atau yang lainnya, serta set karakter (EBCDIC) yang cocok dengan mesin IBM lainnya.

4. Tahun 1979 – Heathkit H89

Heathkit H89Heathkit H89 adalah komputer portabel “all in one” dari Heath Company yang dirilis pada akhir tahun 1979 dengan menggunakan mikroprosesor Zilog Z80. Komputer ini merupakan versi pengembangan dari Heathkit H8 (tahun 1977). H89 memiliki program monitor MTR-88 didalam ROM yang memungkinkan pengguna beroperasi pada tingkat mesin atau menggunakan komputer tanpa drive disk atau kaset. Setelah tahun 1979, Heath Company dibeli oleh Zenith dan Heathkit H89 pun berubah nama menjadi Zenith Z-89.

5. Tahun 1981 – Osborne 1

Osborne 1 - Sejarah LaptopDari semua komputer portabel yang disebut sebelumnya, hanya Osborne 1 saja yang dapat disebut sebagai komputer portabel. Artinya, Orborne 1 adalah komputer portabel pertama di dunia yang dikembangkan oleh Adam Osborne dan dirilis pada 3 April 1981. Komputer ini menggunakan sistem operasi CP/M 2.2 dan mikroprosesor Zilog Z80 @ 4.0 MHz.

Komputer ini tentunya tidak terlepas dari beberapa kelemahan seperti layar yang berukuran 5 inch dan hanya bisa menampilkan 52 karakter x 24 baris.

6. Tahun 1983 – Gavilan SC

Gavilan SCGavilan SC merupakan komputer portabel pertama yang diperkenalkan sebagai “laptop”. Komputer yang dirilis pada Mei 1983 ini,  dikembangkan oleh Manuel (Manny) Fernandez dengan menggunakan mikropresesor 5 MHz Intel 8088 dan berbasis GUI (Graphical User Interface).

Gavilan SC ini memiliki besar yang paling ringan (masa itu) yaitu 4 kg (9 lb) dan sudah dilengkapi dengan floppy disk drive, touchpad, LCD display (400×64 pixels), dan yang lainnya. D ayanya berasal dari baterai Nickel Cadmium dan mampu beroperasi hingga 9 jam.

7. Tahun 1984-1988 – Compaq SLT 286

Compaq SLT 286Compaq SLT 286 merupakan komputer portabel/laptop yang dikembangkan oleh perusahaan Compaq pada tahun 1984. Laptop ini sudah mendukung standar tampilan komputer analog VGA (Video Graphics Array) sehingga menghasilkan tampilan dengan resolusi tinggi yang cerah. Kemudian, laptop ini memiliki prosesor 12-megahertz 80C286 (chip berdaya rendah baru yang termasuk salah satu mikroprosesor  80286 yang lebih cepat) serta floppy disk 1.44 Mb. Keyboard pada laptop ini juga dapat dilepas.

8. Tahun 1989 – Zenith Minisport

Zenith MinisportZenith Minisport merupakan laptop paling kecil dan ringan yang pernah dibuat oleh Zenith Data Systems (ZDS) dengan berat 5.9 lbs / 2.7 kg. Laptop ini dirilis pada Juli 1989 dengan menggunakan prosesor (CPU) Intel 80C88 @ 4.77 / 8MHz.  Zenith Minisport terdiri dari 2 model yaitu ZL-1 has 1 MB RAM dan ZL-2 has 2 MB RAM. Memiliki resolusi layar 640 x 200 pixel dan juga internal 2-inch floppy disk drive.

9. Tahun 1989 – Macintosh Portable

Macintosh PortablePada tahun yang sama dengan Minisport, sebuah gebrakan besar dalam inovasi laptop muncul yaitu Macintosh Portable. Macintosh Portable merupakan laptop dengan berat 7,2 kg yang dikembangkan oleh Apple Computer, Inc dan mulai dipasarkan pada September 1989 sampai Oktober 1991. Laptop ini memiliki prosesor 16 MHz 68000 CPU, 1.4 MB double-sided floppy drive, layar berukuran 9.8″ dengan resolusi 640 x 400 pixel serta menerima input dari keyboard dan trackball.

Dari spesifikasi singkat Macintosh tersebut dapat kita simpulkan bahwa laptop ini memiliki fitur, desain, dan sistem yang lebih maju dari pendahulunya.

10. Tahun 1996 – Toughbooks

ToughbooksHingga sampai saat ini, Panasonic masih terus aktif menciptakan produk-produk teknologi di tengah-tengah masyarakat. Perlu Anda ketahui bahwa pada tahun 1996, Panasonic Corporation pernah merilis laptop yaitu Toughbooks. Toughbooks pertama kali diperkenalkan pada tahun 1996 dengan series CF-25.

Laptop ini diciptakan dengan desain yang kokoh (tidak mudah rusak) yang tahan akan getaran, suhu ekstrim, tetesan/tumpahan, atau penggunaan yang kasar serta memiliki sistem yang canggih sehingga cocok digunakan untuk berbagai jenis industri seperti pemerintah, konstruksi, minyak, kesehatan, dan yang lainnya.

11. Tahun 2003-Sekarang – Laptop Saat Ini

laptop sekarang - Sejarah LaptopInovasi laptop terus dilakukan dari masa ke masa dan akan terus berkembang menjadi lebih canggih dan efisien contohnya adalah laptop yang kita gunakan saat ini.

Laptop pada saat ini merupakan hasil dari pekembangan inovasi laptop yang terus dilakukan sejak awal penciptaannya. Laptop yang sekarang dilengkapi dengan fitur dan sistem yang lebih canggih, lebih ringan, lebih tipis, dan desainnya lebih menarik. Kinerja atau performa laptop saat ini pun tentu lebih cepat dan akan terus berkembang menjadi lebih baik lagi.

Fungsi dan Kegunaan Laptop

fungsi laptop dan kegunaan laptop

Nah, saya sudah menjelaskan apa itu laptop dan juga sejarahnya, sekarang saya akan menjelaskan tentang apa sajakah fungsi dan kegunaan laptop. Berikut dibawah ini fungsi dan kegunaan laptop.

1. Mengetik dan Membuat Presentasi

Kalau dulu, untuk mengetik, kita perlu menggunakan mesin ketik yang penggunaannya juga tidak mudah alias agak ribet. Misalnya, kalau kita salah ketik maka kertasnya harus diganti, selain itu, mesin ketik juga berisik. Berbeda dengan laptop, kita bisa mengetik dengan sangat mudah, jika salah bisa dihapus dan tersedia pula fitur formatting text yang dapat membantu editing tulisan kita. Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menulis/mengetik seperti Wordpad, Notepad, dan Ms. Word.

Bukan hanya itu saja, kita juga bisa membuat presentasi menggunakan salah satu aplikasi pada laptop yaitu Ms. Powerpoint. Didalamnya, tersedia berbagai fitur menarik dan powerful yang dapat membuat bahan presentasi Anda menjadi lebih informatif dan menarik. Singkatnya, laptop dapat memudahkan pekerjaan atau tugas Anda.

2. Media Hiburan

Anda bisa mendengarkan lagu, menonton film, dan juga bermain game di laptop. Manfaatkan media hiburan pada laptop untuk menghilangkan rasa lelah atau jenuh setelah beraktivitas. Dibandingkan, dengan smartphone, menonton film di laptop tentu lebih memuaskan. Bahkan, beberapa game juga lebih menyenangkan jika dimainkan di laptop daripada di smartphone karena ukuran layarnya lebih besar dan bisa dipasang joystick.

3. Mudah Dibawa atau Fleksibel

Laptop bersifat portabel artinya mudah dibawa-bawa berpergian karena bentuknya yang kecil, ringan dan cenderung tipis. Sumber dayanya juga berasal dari baterai, jadi Anda tidak perlu selalu mencolokkan laptop Anda ke listrik karena sudah ada cadangan daya didalamnya. Cukup isi ulang baterai laptop Anda, saat akan habis.

4. Desain, Editing Foto dan Video

Dengan bantuan aplikasi editing dan desain, Anda bisa membuat desain poster, brosur, ataupun yang lainnya di laptop serta melakukan editing foto dan video juga. Anda bisa membuat animasi dengan After Effect, membuat ilustrator atau desain poster dengan Adobe Ilustrator, mengedit foto dengan Adobe Photoshop, mengedit/membuat video dengan Movie Maker dan beragam aktivitas terkait lainnya.

5. Sebagai Alat Komunikasi

Anda bisa menggunakan laptop sebagai media untuk berkomunikasi yaitu dengan cara menginstal atau membuka aplikasi-aplikasi sosial media/alat komunikasi pada laptop seperti Line, WhatsApp, atau Skype.

6. Menyimpan Data Penting

Anda dapat menyimpan data Anda di laptop baik dokumen, foto, video, audio ataupun format file lainnya. Keamanan data juga dapat Anda lindungi yaitu dengan membuat password login pada laptop. Besar data yang dapat Anda simpan disesuaikan dengan storage yang tersedia pada laptop Anda.

7. Memudahkan Pekerjaan atau Aktivitas

Ada banyak fungsi dan keguanaan laptop lainnya selain yang saya sebutkan diatas. Beragam aktivitas yang dapat Anda lakukan di laptop seperti browsing, membuat perhitungan dengan Ms. Excel, mengembangkan aplikasi, blogging, berfoto, merekam video, dan yang lainnya. Laptop bahkan juga memudahkan kita dalam bekerja, misalnya kita yang bekerja di bidang blogging, vlogging, pengembang aplikasi, administrasi, desainer, dan yang lainnya.

Baiklah, semoga pembahasan mengenai pengertian laptop, sejarah laptop, fungsi dan kegunaan laptop yang telah dijelaskan diatas bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba. Terima kasih!

Leave a Reply

Send this to a friend