pengertian spam dan fungsi spam

Pengertian Spam Beserta Contoh dan Istilah-istilah yang Berhubungan dengan Spam

Berkembangnya bidang komunikasi saat ini menjadikan segala komunikasi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Segala komunikasi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. komunikasi bisa dilakukan tanpa batasan jarak dan waktu. Dengan kebebasan berkomunikasi bisa menjadikan hubungan silaturrahmi menjadi semakin dekat dan bertambah semakin baik. Komunikasi bisa dilakukan dengan cara apapun baik secara digital maupun secara langsung. Dengan adanya berbagai komunikasi yang baik akan memberikan berbagai manfaat dalam kehidupan bermasyarakat dan bersosial.

Dengan adanya komunikasi yang baik bisa menimbulkan berbagai dampak. Dampak yang dimaksudkan adalah dampak positif dan negatif. Dampak positif dari berkomunikasi dengan baik adalah terciptanya hubungan baik antar sesama manusia yang menjalin komunikasi dengan baik, dapat meminimalisir perpecahan atau pertikaian, dapat digunakan untuk media diskusi berbagai hal yang menarik, dan masih banyak lagi dampak positif dari komunikasi yang baik.

Namun, semakin berkembangnya teknologi komunikasi juga dapat mengakibatkan dampak yang negatif. Banyak hal negatif yang bisa dilakukan dengan adanya komunikasi dan didukung oleh teknologi yang canggih seperti saat era modern ini. Salah satunya adalah berkembangnya spam yang tidak bisa dipungkiri lagi. Dengan didukung oleh berbagai teknologi canggih cara pengaksesannya bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah, spam bisa ditemukan dimana saja dan berbagai alat komunikasi apapun. Simak penjelasan dibawah ini mengenai pengertian spam beserta contoh dan istilah-istilah yang berhubungan spam.

Pengertian Spam

spammer

Spam merupakan pesan yang selalu dikirimkan dengan jumlah yang banyak dan terus menerus. Spam bisa menimbulkan keresahan bagi penerima pesan, karena hal tersebut sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Spam terkadang berisi informasi yang tidak penting dan dirasa tidak berguna bagi kita penerima pesan spam tersebut. Pengiriman spam biasanya ditujukan untuk mengirimkan berbagai promosi dan trik marketing suatu perusahaan atau brand.

Pengiriman spam biasanya melebihi kapasitas yang bisa ditoleransi oleh penerima pesan spam. Banyaknya spam yang masuk terkadang membuat penerima spam menjadi resah dan jengkel karena harus bekerja lebih lama untuk menghapus semua spam yang masuk. Spam biasanya dikirimkan melalui berbagai media komunikasi.

Umumnya, spam banyak dikirimkan melalui email. Banyak website yang menerapkan pengiriman pesan spam ke semua member email yang terdaftar atau masuk kedalam data website tersebut. Pengiriman spam dilakukan secara otomatis sehingga semua email yang terdaftar dalam website tersebut bisa mendapatkan pesan spam secara terus menerus. Spam bisa dikatakan sebagai pesan yang sangat mengganggu. Karena banyak keresahan yang bisa ditimbulkan dengan adanya spam. Beberapa diantaranya adalah:

1. Kapasitas penyimpanan pesan menjadi bertambah

Bertambahnya kapasitas pesan memang menjadi hal yang serius jika pesan tidak diorganisir atau dihapus secara berkala. Dengan adanya banyak spam dari berbagai jenis (misalnya spam email), akan meningkatkan ukuran pesan spam dalam perangkat anda atau dalam akun anda. Dengan begitu, kapasitas penyimpanan pesan akan semakin berkurang karena banyak terisi oleh spam. Hal ini sangat merugikan karena bisa saja informasi penting yang harusnya kita terima menjadi tidak bisa masuk karena kapasitas penyimpanan yang overload.

2. Menyita waktu untuk membersihkan spam

Kita bisa saja memiliki waktu luang yang cukup untuk istirahat dalam setiap harinya. Namun jika waktu itu digunakan untuk membersihkan spam yang secara terus menerus masuk ke akun anda, anda akan merasa lelah dengan adanya spam tersebut. Banyak waktu yang akhirnya terbuang hanya untuk menghapus spam-spam yang masuk.

Istilah Lain yang Berhubungan dengan Spam

spammer

Spammer

Dalam spam, ada beberapa istilah yang sangat berhubungan dengan adanya spam. Beberapa orang yang kurang up-to-date terhadap teknologi mungkin tidak mengetahui arti dari istilah-istilah tersebut. Berikut adalah beberapa contoh istilah yang berhubungan dengan spam:

1. Spamming

Spamming merupakan salah satu aktivitas menyebarkan spam. Spamming biasanya dilakukan dengan mengirimkan berbagai pesan email palsu. Informasi yang dikirimkan dalam spamming adalah informasi yang cenderung tidak penting dan sangat mengganggu penerima pesan. Pesan atau informasi dalam spamming adalah informasi yang tidak diinginkan oleh penerima pesan spam.

2. Spammer

Spammer merupakan sebutan bagi orang yang mengirimkan pesan spam. Menjadi seorang spammer terlihat mudah dilakukan dan tidak memiliki resiko. Namun, jauh dibalik hal tersebut ternyata sebagai seorang spammer ternyata memiliki resiko yang tinggi. Spammer bisa dikategorikan menjadi kegiatan kriminal atau cybercrime karena bisa merusak atau menimbulkan dampak negatif dalam kegiatan dunia maya.

Contoh Spam

Banyak jenis spam yang mudah ditemui saat ini. Berbagai contoh spam bisa anda dapatkan diberbagai sumber informasi. Berikut adalah beberapa contoh spam yang bisa anda pelajari:

1. Spam iklan di email

spam 1

Akun email adalah akun yang paling sering mendapatkan pesan spam. Contohnya: pesan iklan yang selalu dikirimkan secara berulang dan sering. Email kini sudah memiliki sistem yang canggih sehingga sudah dilengkapi dengan filter spam. Pesan spam dalam email langsung masuk ke folder spam.

2. Spam pesan pemenang undian

spam 2

SMS menjadi target penyebaran spam. Terkadang banyak sms informasi pengumuman pemenang undian. Dan menyertakan alamat suatu situs. Contoh seperti itu bisa dikatakan sebagai spam karena sangat mengganggu kenyamanan pengguna.

3. Spam pesan penawaran jasa

spam adalah

Pesan penawaran jasa yang dikirimkan melalui pesan text atau sma juga bisa menjadi contoh spam. Karena pesan akan terus dikirimkan meskipun tidak setiap hari.

4. Spam telepon penawaran jasa

Selain email dan sms, spam juga bisa dikirimkan melalui telepon. Terkadang telepon dari perusahaan yang menawarkan jasa berkali-kali dengan kata yang sama adalah termasuk spam. Karena hal tersebut sangat mengganggu kenyamanan pengguna.

Itulah artikel mengenai artikel mengenai pengertian spam, contoh spam dan istilah-istilah umum yang berhubungan dengan spam. Banyak contoh spam yang bisa anda pelajari. Untuk menjaga keamanan data dari spam, anda harus membedakan akun untuk kebutuhan professional atau pekerjaan dengan akun yang umum untuk iklan. Hal tersebut bisa membantu ada dalam mengurangi adanya pesan spam. Data pribadi adalah informasi yang sangat penting untuk tidak disebarluaskan. Mari kita menjaga informasi data pribadi masing-masing dengan aman.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend