Pengertian Twitter Beserta Sejarah dan Manfaat Twitter yang Dibahas Secara Lengkap

Siapa yang tidak kenal Twitter? Twitter berkembang dengan pesat dan dengan cepat menjadi populer di dunia. Nah, pada artikel ini, saya akan menjelaskan tentang pengertian, sejarah, dan manfaat Twitter.

Berdasarkan ranking sosial media dengan kategori Internet and Telecom > Social Network yang dibuat oleh Similar Web pada 1 January 2019, Twitter menempati urutan ke-3. Sedangkan, untuk Global Rank, Twitter menempati urutan ke-6.

Dengan popularitasnya tersebut, Twitter telah dimanfaatkan untuk banyak hal misalnya kampanye, media belajar, berbagi pendapat/pandangan, media protes, dan yang lainnya. Penggunaan Twitter cenderung akan melonjak ketika terjadi peristiwa trending/populer. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengertian Twitter, mari simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Twitter

pengertian Twitter adalahTwitter adalah sebuah layanan jejaring sosial (media sosial) dan juga mikroblog yang memungkinkan penggunanya berkirim dan membaca pesan yang tidak lebih dari 280 karakter yang disebut sebagai tweet. Sebelumnya, pesan di Twitter hanya sampai 140 karakter tetapi pada tanggal 7 November 2017 ditambah menjadi 280 karakter.

Twitter didirikan pada 21 Maret 2006 oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone, dan Evan Williams. Sosial Media Twitter sendiri dirilis ke publik pada 15 Juli 2006. Maskarnya berada di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Sejarah Twitter

pengertian Twitter dan sejarah TwitterTwitter didirikan oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone, dan Evan Williams pada 21 Maret 2006 di San Francisco, Amerika Serikat. Twitter pertama kali diperkenalkan oleh Jack Dorsey pada sebuah acara diskusi yang diselenggarakan oleh Odeo (sebuah perusahaan podcast). Jack Dorsey adalah seorang mahasiswa sarjana di Universitas New York yang mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dalam sebuah kelompok kecil sehingga timbul interaksi.

Jack Dorsey merupakan karyawan Odeo sedangkan Evan Williams dan Biz Stone berasal dari Google. Twitter sendiri pertama kali digunakan sebagai layanan internal untuk para karyawan Odeo dan versi lengkapnya dirilis ke publik pada 15 Juli 2006.  

Pada akhir tahun 2006, Evan Williams, Biz Stone dan mantan karyawan Odeo lainnya, mendirikan sebuah perusahaan bernama Obvious Corp dengan mengakuisisi Odeo dan semua asetnya termasuk Odeo.com dan Twitter.com dari para pemegang saham dan investor. Awal pendirian Twitter dimulai dari perusahaan terpisah pada April 2007 oleh Obvious Corp dan berdiri sebagai perusahaan mandiri pada bulan April 2007 dengan nama Twitter,Inc. 

Nama (kode singkat) asli dari layanan ini adalah Twttr yaitu gagasan yang diungkapkan oleh Evan Williams yang terinspirasi dari Flickr dan kode singkat SMS Amerika yang berjumlah lima digit. Awalnya, para developer memberikan angka “10958” sebagai kode singkat untuk layanan ini tetapi kemudian diubah menjadi “40404” agar mudah diingat. Projek ini mulai dikerjakan pada 21 Maret 2006 yaitu ketika Jack Dorsey mempublikasikan pesan singkat Twitter pertamanya pada pukul 9:50 PM PST.

Pada masa itu, pesan instan sangatlah populer seperti AOL Instant Messenger. Karena hal inilah, Jack Dorsey bertanya-tanya pada dirinya apakah ia dapat menggabungkan ide-ide awalnya untuk membuat sebuah layanan pesan instan/singkat. Dari situlah, ide Twitter berasal.

Adapun, konsep awal dari Twitter yaitu sebuah sistem yang memungkinkan pengguna mengirimkan pesan yang dapat dibaca semua teman. Setelah melalui beberapa revisi, akhirnya Twitter mampu menjadi layanan jejaring sosial dengan fitur posting pesan singkat atau status dan beberapa fitur menarik lainnya.

Twitter mulai populer pada tahun 2007 yaitu bertepatan saat diadakannya festival musik yang cukup populer yaitu South by Southwest (SXSW). Nah, selama proses acara tersebutlah, penggunaan Twitter mulai meningkat sebanyak 40.000 tweets per hari yaitu yang awalnya 20.000 tweets per hari menjadi 60.000 tweets per hari.

Manfaat Twitter

grafik twitter dan manfaat Twitter

Leading countries based on number of Twitter users as of January 2019 (in millions) – Source: Statista

1. Media Komunikasi

Seperti media sosial lainnya, Twitter merupakan media komunikasi yang memungkinkan para pengguna untuk berinteraksi. Dengan memanfaatkan Twitter, Anda dapat mengirimkan pesan kepada pengguna lain baik secara personal ataupun terbuka. Twitter menghubungkan pengguna yang satu dengan pengguna lainnya di berbagai belahan dunia, kapanpun dan dimanapun selama ada akses internet.

2. Berbagi Informasi, Berita dan Pendapat

Anda dapat berbagai informasi, berita, dan pendapat/opini Anda kepada para pengguna lainnya dengan membuat tweet. Buatlah tulisan Anda lalu klik tombol Tweet untuk mempostingnya. Anda juga dapat berbagi informasi, berita, dan opini dari akun pengguna lain dengan me-retweet tulisan tersebut.

3. Berbagi Motivasi

Tidak jarang kita menemukan akun-akun motivasi yang berisi kata-kata bijak dan pembangkit semangat hidup pada Twitter. Kita bahkan bisa mem-follow nya agar bisa melihat postingan terbarunya di timeline. Anda bisa mengomentarinya, menyukainya dan juga me-retweetnya. Seringnya, kata-kata motivasi yang sering kita baca mampu memberikan energi positif pada aktivitas atau psikologis kita.

4. Media Bisnis

Twitter dapat dijadikan sebagai media bisnis baik untuk promosi maupun pemesanan karena mampu menjangkau followers Anda. Anda hanya perlus menulis tweet mengenai bisnis Anda dan membagikannya ke publik.

Dengan begitu, akan banyak orang yang tahu mengenai bisnis Anda dan akan menghubungi/mengomentari tweet Anda jika mereka tertarik. Bahkan, mereka bisa saja me-retweet nya sehingga informasi mengenai bisnis Anda menjangkau lebih banyak pengguna lainnya.

5. Menggerakkan atau Mempengaruhi Masa

Anda dapat mengajak orang lain untuk mengikuti pandangan atau ajakan Anda atau dengan kata lain menggerakkan masa dengan cara membuat tweet yang berisi kata-kata persuasif atau ajakan yang berisi fakta-fakta dengan tujuan tertentu. Misalnya, ajakan untuk memilih calon presiden A atau B.

6. Hiburan

akun twitterSeperti media sosial lainnya, Twitter juga dapat menjadi hiburan di waktu senggang. Anda dapat menemukan cerita menarik/lucu, video dan foto yang menghibur, serta informasi menarik lainnya untuk mengisi waktu luang Anda (refreshing).

7. Mengasah Kemampuan Menulis

Dengan adanya Twitter, Anda dapat berbagi tulisan singkat Anda kepada orang lain baik berupa informasi, cerita ataupun pandangan Anda terhadap sesuatu hal. Kebiasaan menulis tersebut mampu mengasah kemampuan menulis Anda menjadi lebih baik dari waktu ke waktu karena Anda pastinya akan terus mempelajari hal baru saat Anda mulai menulis. Apalagi jika Anda menuliskan pandangan/opini Anda, pola berpikir kritis Anda akan terus terasah.

Baiklah, sekian pembahasan mengenai pengertian Twitter beserta sejarah, dan manfaat Twitter. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Send this to a friend