Pengertian WhatsApp Beserta Sejarah, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp

Dengan adanya media sosial, orang-orang di berbagai belahan dunia dapat terhubung satu sama lain. Salah satu media sosial yang populer saat ini adalah WhatsApp. Nah, pada artikel ini, saya akan menjelaskan tentang pengertian, sejarah, fungsi dan manfaat, kelebihan dan kekurangan WhatsApp.

Berdasarkan ranking sosial media dengan kategori Internet and Telecom > Social Network yang dibuat oleh Similar Web pada 1 January 2019, WhatsApp menempati urutan ke-8. Sedangkan, untuk Global Rank, WhatsApp menempati urutan ke-30.

WhatsApp berperan sebagai aplikasi messenger online yang saat ini banyak digunakan untuk berbagai hal seperti chat personal, komunitas, seminar online, dan sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengertian WhatsApp, mari simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian WhatsApp

Pengertian WhatsApp adalah

WhatsApp Messenger atau WhatsApp merupakan sebuah aplikasi perpesanan (messenger) instan dan lintas platform pada smartphone yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan seperti SMS tanpa menggunakan pulsa melainkan koneksi internet. WhatsApp memiliki basic yang mirip dengan BlackBerry Messenger.

WhatsApp dirilis pada January 2009. Tetapi, pada tahun 2014, WhatsApp resmi menjadi milik Facebook setelah melalui proses akuisisi selama 8 bulan. Pada WhatsApp, Anda dapat mengirimkan teks, foto, audio, file dan gambar kepada pengguna lainnya, menelpon, video call, serta membuat story

Untuk menggunakan WhatsApp, Anda cukup melakukan registrasi menggunakan nomor handphone Anda. WhatsApp dapat dijalankan dibeberapa platform yaitu Android, BlackBerry 10, BlackBerry OS, iOS, Series 40, Windows Phone, Symbian, dan Web-Based.

Sejarah WhatsApp

Pengertian WhatsApp dan sejarah WhatsAppWhatsApp Inc didirikan pada 24 Februari 2009 di Mountain View, California, United States oleh Brian Acton dan Jan Koum yang dulu bekerja sebagai karyawan Yahoo!. Setelah mereka meninggalkan Yahoo! pada September 2007, mereka pergi ke Amerika Selatan untuk refreshing kemudian melamar ke Facebook tetapi ditolak.

Pada Januari 2009, setelah Koum membeli iPhone, ia mengunjungi temannya Alex Fishman di untuk membahas potensi industri aplikasi App Store. Saat itu, Koum bermodalkan $ 400.000 yang ia kumpulkan selama bekerja di Yahoo! Untuk mewujudkan idenya, dia tentu memerlukan develoer iPhone.

Fishman akhirnya memperkenalkan kepada Koum, seorang developer iPhone asal Rusia yang ia temukan di RentACoder.com yaitu Igor Solomennikov. Aplikasi yang ia buat diberi nama “WhatsApp”. Selanjutnya, ia mendirikan WhatsApp Inc di California pada 24 Februari 2009.

Tetapi, prosesnya tidaklah mulus, artinya WhatsApp sendiri sering mengalami crash dan gagal beroperasi dari yang diharapkan. Akhirnya, Koum merasa putus asa dan berniat menutup usahanya. Tetapi, Brian Acton mendorong untuk tetap berusaha selama beberapa bulan kedepan. Acton sendiri akhirnya bergabung dengan Koum. Pada Oktober 2009, Brian Acton mengajak lima mantan karyawan Yahoo! untuk berinvestasi $ 250.000 dalam pendanaan awal di WhatsApp dan diberikan posisi sebagai co-founder.

Barulah, pada November 2009, WhatsApp akhirnya resmi dirilis di App Store untuk iPhone. Setelah berhasil masuk ke App Store, pada bulan Januari 2010 WhatsApp sudah masuk ke BlackBerry Store kemudian pada Agustus 2010, dukungan WhatsApp untuk Android OS sudah ditambahkan.

Status WhatsApp pun berubah dari gratis menjadi berbayar. Pengguna aktif WhatsApp sudah mencapai 200 juta per Februari 2013. Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat pada bulan Desember dan meningkat lagi menjadi 500 juta pada bulan April 2014. Per September 2015, pengguna aktif WhatsApp sudah mencapai 900 juta.

Karena popularitas dan perkembangan WhatsApp yang sangat pesat, Facebook menjadi tertarik dan ingin membeli WhatsApp. Akhirnya WhatsApp berhasil beralih hak milik ke Facebook setelah membelinya dengan harga yang fantastis yaitu $22.

Fungsi dan Manfaat WhatsApp

Fungsi dan Manfaat WhatsApp

1. Personal atau Group Chat

Dengan adanya WhatsApp, kita dapat berkirim pesan dengan pengguna lain baik teks, audio, file dokumen, foto dan video. Bukan hanya personal chat saja, tetapi kita juga bisa membuat group chat yang berisi beberapa pengguna WhatsApp lainnya. Misalnya kita ingin membuat group chat yang berisi anggota keluarga besar guna mempermudah komunikasi antar keluarga yang terpisah oleh jarak.

2. Media Pendidikan

Saat ini, tidak jarang orang menggunakan WhatsApp sebagai media untuk belajar seperti kursus/les (baik didalam group chat atau personal chat), seminar dan juga workshop secara daring. Cukup dengan membuat group chat kemudian mengundang para partisipan masuk ke grup maka kelas pun dapat dimulai.

3. Media Bisnis

WhatsApp sering dimanfaatkan juga untuk kegiatan berbisnis misalnya untuk promosi, informasi, dan pemesanan. Para pembisnis yang menggunakan WhatsApp dapat mempromosikan bisnisnya secara personal dengan pengguna lain atau dengan mengirimkan informasi bisnisnya ke group chat. Jika seseorang tertarik dengan bisnis tersebut, mereka biasanya akan diarahkan untuk mengontak WhatsApp pemilik bisnis untuk informasi lebih lanjut dan juga pemesanan.

4. Berbagi Informasi dan Berita

Anda dapat berbagi informasi dan berita kepada para pengguna WhatsApp lainnya dengan mengirimkannya ke personal chat ataupun group chat.

5. Video dan Voice Call

Nah, selain dapat berkirim pesan, Anda juga dapat menelpon pengguna lain dan juga melakukan video call dengannya. Agar video dan voice call Anda berjalan lancar tanpa noise, pastikan koneksi internet Anda stabil.

6. Membuat Status/Story

Sama seperti Instagram, di WhatsApp Anda juga dapat membuat status/story yang dapat dilihat orang teman Anda (pengguna WhatsApp lainnya). Anda dapat memasukkan teks, caption, stiker dan coretan pada story dengan fitur yang tersedia.

7. Media Komunitas

Anda dapat memanfaatkan WhatsApp sebagai tempat perkumpulan suatu komunitas secara daring. Anda dapat terhubung dengan para anggota komunitas lainnya sehingga penyebaran informasi dan komunikasi mudah dilakukan. Dengan komunikasi yang lancar diharapkan aktivitas komunitas pun dapat berjalan dengan baik.

Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp

whatsApp users

Kelebihan WhatsApp

Berikut dibawah ini beberapa kelebihan WhatsApp.

1. Cara Penggunaannya Mudah

WhatsApp mudah digunakan bagi pengguna baru sekalipun. Anda hanya cukup mendaftarkan nomor telepon Anda agar bisa menggunakan WhatsApp.

2. Nomor Telepon Tersinkron Secara Otomatis

Anda tidak perlu memasukkan kontak teman Anda satu per satu ke WhatsApp karena semua nomor telepon pada smartphone Anda akan otomatis tersinkron dan langsung masuk ke WhatsApp. Anda cukup cari nama teman Anda di WhatsApp tanpa perlu menambahkannya kembali.

3. Bisa Backup Chat/Obrolan

Jika Anda akan mengganti smartphone baru, Anda bisa mem-backup/mencadangkan obrolan WhatsApp Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan obrolan WhatsApp Anda yang berada di smartphone lama.

4. Menggunakan Koneksi Internet

Untuk bisa menggunakan WhatsApp, Anda membutuhkan koneksi internet. Tentunya cara ini lebih hemat dari penggunaan SMS yang membutuhkan pulsa.

6. Dapat Membatalkan Pengiriman Pesan

Anda dapat membatalkan pengiriman pesan Anda baik pada personal maupun group chat dengan cara mengetuk opsi “Delete for Everyone”. Jadi, pesan yang Anda batalkan tidak akan dibaca oleh penerima.

7. Informasi Pribadi dapat Disembunyikan

Anda dapat menyembunyikan informasi pribadi Anda seperti status dan juga foto profil dari pengguna lain. Bukan hanya itu saja, Anda dapat menyembunyikan status last seen Anda serta read receipts Anda sehingga pengguna lain tidak akan tahu kapan terakhir Anda online serta apakah Anda sudah baca pesan mereka atau belum. Tapi, perlu Anda ingat, Anda juga tidak akan bisa melihat status last seen dan read receipts milik orang lain juga.

Kekurangan WhatsApp

Berikut dibawah ini beberapa kekurangan WhatsApp.

1. Boros Kuota

Berbeda dengan aplikasi messenger lainnya, jika Anda ingin melihat gambar, video, ataupun audio yang dikirimkan kepada Anda maka Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu. Cara ini tentunya cukup boros karena jika Anda ingin membuka foto misalnya, maka Anda harus mendownloadnya.

2. Membutuhkan Koneksi Internet yang Cukup Kuat

Untuk bisa menggunakan WhatsApp Web, Anda tentu membutuhkan koneksi internet yang cukup kuat agar penggunaannya berjalan lancar. Karena jika koneksi internet yang Anda lemah maka WhatsApp Web akan lambat menerima responnya.

3. Hanya Bisa Digunakan Jika Smartphone Menyala

Perlu Anda ketahui bahwa WhatsApp Web hanya bisa dijalankan jika smartphone Anda masih menyala. Jadi, jika smartphone Anda mati maka Anda tidak bisa menggunakan WhatsApp Web, hal ini tentu berbeda dengan Line.

4. WhatsApp Web Tidak Bisa Voice Call

Berbeda dengan aplikasi Line Dekstop, pada WhatsApp Web, Anda tidak bisa menggunakan voice call (panggilan).

5. Boros Baterai

Penggunaan WhatsApp Web dalam waktu yang cukup lama akan membuat smartphone Anda menjadi cepat panas dan boros baterai. Berdasarkan hasil survei Avast 2017, WhastApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang boros baterai. Jadi, sebaiknya Anda menonaktifkan push notifikasi apalagi jika banyak chat yang akan muncul.

Baiklah, semoga pembahasan mengenai pengertian, sejarah, fungsi dan manfaat, kelebihan dan kekurangan WhatsApp yang telah dijelaskan diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend