konsol xbox vs playstation 5 persaingan penjualan sony dan microsoft

Perang Konsol Game: PlayStation 5 Unggul di Atas Xbox

NESABAMEDIA.COM – Microsoft dan Sony telah terlibat dalam perlombaan sengit – lebih dikenal sebagai perang konsol – sejak tahun 2001 ketika Xbox generasi pertama berhadapan dengan PlayStation 2 hingga generasi PlayStation 5.

Sayangnya untuk Microsoft, ini belum banyak menjadi kontes (kecuali mungkin bentrokan antara Xbox 360 dan PlayStation 3) dan tampaknya head-to-head terbaru tidak jauh berbeda – atau lebih menyarankan data yang dibagikan SimilarWeb dengan TNW beberapa waktu lalu.

Sementara kunjungan ke playstation.com dan xbox.com relatif bersaing menjelang tanggal peluncuran pre-order masing-masing merek, lalu lintas ke situs PlayStation 5 memuncak pada sedikit di atas 892.000 pada 16 September ketika Sony memulai pra- pesanan untuk konsol generasi berikutnya. Sebaliknya, situs Xbox mencapai 776.200 kunjungan pada peluncuran praorder masing-masing pada tanggal 22 September.

Puncak pemesanan di muka PlayStation menunjukkan peningkatan lalu lintas sebesar 327,4%, rata-rata, dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya dalam sebulan. Itu juga 279,4% lebih tinggi daripada lalu lintas ke xbox.com pada hari itu.

Sebaliknya, puncak pemesanan di muka Xbox mengalami lonjakan lalu lintas sebesar 263,6% dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya pada bulan tersebut, dan 211,4% lebih banyak kunjungan daripada yang diterima playstation.com pada hari itu.

Garis bawahnya? Peluncuran preorder PlayStation menarik sekitar 116.000 bola mata (atau 232.000 jika Anda ingin bertele-tele) lebih banyak daripada Xbox, menurut data SimilarWeb. Meski begitu, angka-angka ini tidak memberi tahu kita banyak tentang bagaimana hal itu diterjemahkan menjadi penjualan aktual, jadi anggap saja dengan sebutir garam. Perlu juga diperhatikan bahwa semua data mengacu pada kunjungan desktop dan tidak termasuk lalu lintas seluler.

SimilarWeb mencatat bahwa kedua merek tersebut sebagian besar mengandalkan penelusuran organik untuk sebagian besar lalu lintas mereka, dengan PlayStation mencetak potongan lalu lintas organik yang sedikit lebih tinggi daripada Xbox.

“Strategi lain yang digunakan xbox.com adalah mengarahkan lalu lintas dari situsnya ke pengecer eksternal yang menjual produknya,” kata SimilarWeb dalam laporannya.

Jika Anda bertanya-tanya, berikut adalah sumber kunjungan dan pembelian SONY PlayStation 5 terbesar dari pendekatan ini:

  • microsoft.com pada 26,7%
  • bestbuy.com sebesar 6,6%
  • walmart.com sebesar 1,8%
  • target.com pada 1%
  • gamestop.com sebesar 0,4%

Leave a Reply

Send this to a friend