Microsoft Windows 10 Polaris

Polaris, Sistem Operasi Yang Dibatalkan Microsoft Bocor di Internet

NESABAMEDIA.COMWindows Core Polaris yang masih dalam tahap pengembangan, beberapa hari yang lalu bocor dan tersebar di internet. Hal ini membuktikan bahwa Microsoft masih aktif melakukan pengembangan terhadap sistem operasi yang didesain untuk perangkat dengan spesifikasi rendah tersebut.

Sebagai informasi, Microsoft secara diam-diam tengah mengerjakan versi modular dari platform Windows yang memiliki kode nama “Windows Core OS.” Dengan sistem operasi tersebut, Microsoft berencana untuk menawarkan SKU yang berbeda dari Windows untuk berbagai faktor bentuk seperti smartphone, perangkat PC dengan layar ganda, atau perangkat kolaborasi.

Saat membangun Windows Core OS itu, Microsoft membaginya dalam dua jenis proyek, yakni Andromeda untuk perangkat mobile dan Polaris untuk laptop tradisional. Polaris diciptakan untuk perangkat spesifikasi rendah, dan sebenarnya akan menggantikan Windows 10 Mode S, untuk mewujudkan konsep Microsoft soal sistem operasi yang terbatas, ke tingkat lanjut. 

Polaris juga disebutkan sebagai langkah awal Microsoft untuk menghapus semua elemen yang ada di Windows, seperti Control Panel. 

Bocoran Gambar Sistem Operasi Polaris Windows

Bocoran Gambar Sistem Operasi Polaris Windows

Beberapa hari yang lalu, sebuah Polaris versi 16299 yang dikembangkan tahun 2018, bocor ke internet, namun tanpa Windows Shell atau aplikasi. 

“Ini adalah Polaris OS. Ini merupakan edisi yang dibatalkan dari Windows Core OS yang didesain untuk perangkat desktop dan laptop. Gambar ini merupakan versi yang sangat awal, untuk tidak menyertakan lebih dari OS itu sendiri. Tidak ada shell, dan tidak bisa memuat apapun. Butuh perangkat ARM untuk melakukan booting, dan juga driver sideload sebelum melakukan booting. Wim-nya memang memungkinkan untuk dilakukan boot, namun juga bisa dipasang secara langsung dengan menerapkan indeks 1,” kata Scamdisk yang membocorkan Polaris itu.

Tanggal pembuatannya tertulis tahun 2018, ketika saat itu Microsoft mengalihkan fokus mereka ke Windows Lite atau Santorini, yang kini telah dikenal dengan Windows 10X

Scamdisk sendiri selama beberapa tahun terakhir memang memiliki sejarah dalam hal membocorkan versi Windows yang statusnya dalam pengembangan rahasia. Dulu, dia juga pernah membocorkan versi pengembangan rahasia dari Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan juga Windows Server. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend