• Our Partners:

Puget Systems Windows 11 Mulai Mampu Saingi Windows 10

Puget Systems: Windows 11 Mulai Mampu Saingi Windows 10

NESABAMEDIA.COMTahun lalu di bulan September, satu bulan sebelum Windows 11 tersedia untuk umum, Microsoft menjelaskan bagaimana sistem operasi barunya itu dirancang untuk bisa bersanding dengan perangkat keras terbaik. Kemudian pada bulan November, Microsoft berjanji bahwa pada tahun 2022, Windows 11 akan lebih cepat daripada sebelumnya.

Sepertinya, Microsoft tidak melebih-lebihkan hal tersebut, karena data pengujian terbaru yang dilakukan oleh Puget Systems menemukan fakta bahwa Windows 11 memang lebih cepat daripada sebelumnya.

Meskipun sistem operasi ini tidak memiliki keunggulan yang jelas, jika dibandingkan dengan Windows 10, sebab keduanya tampaknya saling kontras dalam hal kinerja perangkat keras. 

Teknisi lab senior di Puget System, Matt Bach mengatakan bahwa:

“Terakhir kali kami membandingkan Windows 11 dengan Windows 10 untuk penyuntingan video, rendering dan pengembangan game, kami menemukan bahwa Windows 10 biasanya memberikan kinerja yang jauh lebih tinggi daripada Windows 11. Kondisi saat itu adalah ketika Windows 11 baru saja diluncurkan secara, dan tentunya sudah ada sejumlah pembaruan dan optimasi sekarang. 

Kabar baiknya adalah kami tidak melihat banyak masalah kinerja dengan Windows 11 kali ini, begitu banyak masalah yang kami lihat saat awal peluncuran, tampaknya sudah mampu diselesaikan. Di sisi lain, Windows 11 juga bukan pemenang yang jelas atas Windows 10 dalam banyak kasus. 

Secara keseluruhan, hanya ada beberapa contoh penggunaan di mana ada keuntungan kinerja yang jelas antar dua sistem operasi tersebut, misalnya:

  • Premiere Pro: Dalam beberapa kasus Windows 10 begitu kecil, namun lebih cepat dibandingkan dengan Windows 11.
  • V-Ray CUDA Mode: Windows 11 secara konsisten lebih cepat 20% dibandingkan Windows 10.
  • Unreal Engine: Sepertinya ada sebuah bug dengan Windows 10, namun Intel Core i9 12900K menunjukkan kinerja yang jauh lebih unggul dengan Windows 11. 

Bug di Unreal Engine 4.26 yang dicatat Puget sepertinya mempengaruhi prosesor Intel Alder Lake-S i9-12900K. Ada kemungkinan bahwa arsitektur Performance Hybrid Chip tidak cukup dioptimalkan untuk mesin tersebut pada Windows 10. Itulah sebabnya ada perbedaan besar antara Windows 10 dan 11. 

Anda bisa melihat hasil lengkap pengujian tersebut dalam tautan berikut ini.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend