Qualcomm Snapdragon 480 5G

Qualcomm Hadirkan Snapdragon 480 5G Untuk Smartphone Murah

NESABAMEDIA.COMQualcomm kembali mengumumkan chipset baru mereka yakni Snapdragon 480 yang menawarkan dukungan teknologi 5G dari chipset seri 4 untuk pertama kalinya. Chipset ini juga diklaim akan meningkatkan performa pada kamera, pengisian ulang baterai, dan juga tampilan grafis. Diperkirakan smartphone yang akan menggunakan chip ini akan dirilis pada awal tahun 2021 ini.

Selama ini chipset Qualcomm Snapdragon yang mendukung teknologi 5G hanya tersedia untuk smartphone kelas menengah dan flagship saja. Namun Qualcomm juga ingin menghadirkannya untuk perangkat kelas harga murah. 

Inti dari Qualcomm Snapdragon 480 ini adalah sebuah modem X51 yang menyediakan kecepatan 5G ‘multi-gigabit’ untuk gelombang sinyal milimeter dan frekuensi sub-6GHz. Mungkin pengguna tidak akan mendapatkan modem X60 seperti yang ada pada Snapdragon 888, namun apa yang ditawarkan chipset ini cukup untuk memenuhi kebutuhan pengunduhan dan streaming video. 

Keberadaan teknologi Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1 juga akan meningkatkan koneksi jarak dekat pengguna.

Chipset ini juga menghadirkan peningkatan performa yang cukup signifikan. Dibangun dari prosesor delapan core Qualcomm, yakni Kryo 460 2GHz, empat di antaranya berbasis arsitektur Cortex-A76 ARM dan empat lainnya merupakan Cortex-A55 yang efisien. 

Tentunya keberadaan arsitektur baru itu merupakan lompatan besar dibandingkan Snapdragon 460 yang dirilis tahun lalu. Disandingkan dengan GPU ADreno 619 yang mengalami peningkatan grafis dan juga pemrosesan 8 nanometer, Qualcomm mengklaim akan terjadi peningkatan sebesar 100 persen untuk performa CPU dan GPU, dan juga 70 persen peningkatan teknologi AI.

Fungsi dasarnya juga diharapkan mengalami peningkatan tajam. Snapdragon 480 merupakan chipset Qualcomm seri 4 pertama yang menghadirkan tiga prosesor pencitraan, membuatnya mampu menangkap gambar dari tiga kamera 13MP secara bersamaan. 

Sementara untuk peningkatan grafis, chipset ini juga mampu mendukung refresh rate hingga 120 FPS di layar FHD+ untuk gaming atau aplikasi lain yang membutuhkan tampilan grafis yang lebih berat. Selain itu, chipset ini merupakan dari seri 4 pertama yang mendukung teknologi pengisian cepat Quick Charge 4. 

Qualcomm menyebutkan bahwa smartphone pertama yang akan ditenagai oleh chipset ini akan hadir pada awal tahun 2021. Sayangnya, Qualcomm tidak menjelaskan secara spesifik nama dari perangkat itu. Namun kemungkinan besar yang akan memakainya adalah pelanggan lama mereka seperti Nokia, Oppo dan Vivo, di mana nama-nama ini selama ini juga handal dalam menghadirkan smartphone dengan budget rendah.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend