Fitur Spesifikasi Chipset Qualcomm Snapdragon 888

Qualcomm Snapdragon 888, Spesifikasi Lengkap dan Smartphone Yang Akan Menggunakannya

NESABAMEDIA.COMQualcomm mengumumkan seri chipset terbarunya yakni Snapdragon 888 pada 1 Desember 2020 kemarin. Nantinya chipset ini akan menjadi komponen utama untuk smartphone flagship Android di tahun 2021 mendatang. Qualcomm pun juga mengungkap secara detail fitur dan spesifikasi yang dibawa oleh Snapdragon 888.

Snapdragon 888 akan menggunakan CPU Kryo 680 bersamaan dengan ARM Cortex-X1 dan juga GPU Adreno 660 dengan clock speed maksimal 2.84GHz. Qualcomm pun mengklaim bahwa Snapdragon 888 ini akan menawarkan peningkatan performa hingga 25 persen, dibandingkan dengan chipset pendahulunya. 

Untuk GPU-nya akan meningkatkan performa grafis hingga 35 persen, dan bagi Qualcomm ini adalah performa GPU terbaik yang pernah ada saat ini. Efisiensi dayanya juga ditingkatkan dibanding Snapdragon 865, di mana menghasilkan 20 persen peningkatan dan untuk Adreno 600 meningkat hingga 25 persen. 

Dalam hal teknologi jaringan, Snapdragon 888 merupakan chipset Qualcomm pertama yang mendukung teknologi 5G, yang secara khusus terintegrasi dengan baik pada modem 5nm X60 buatan mereka. Kombinasi ini akan menghasilkan kecepatan unduhan yang lebih baik hingga 7,5 Gbps. Wi-Fi 6 kabarnya juga akan ditambahkan, serta standar Wi-Fi 6E 6GHz yang baru. 

Untuk kemampuan kamera, chipset ini hadir dengan Qualcomm Spectra 580 baru yang memiliki tiga ISP (Image Signal Processor), teknologi pertama yang dibuat oleh Qualcomm. Teknologi tersebut memungkinkan prosesor untuk menangani berbagai tugas seperti merekam 3 video streaming 4K secara bersamaan, 3 foto 28 MP sekaligus sebanyak 2.7 gigapiksel per detik, dan pengambilan gambar konstan hingga 120 foto dengan resolusi 10MP dalam satu detik. 

Peningkatan lainnya termasuk komputasi video HDR ke 4K, arsitektur penangkapan gambar dengan cahaya rendah yang lebih baik, dan pengambilan foto dalam 10 warna dalam format HEIF. 

Peningkatan kualitas chipset tidak akan lengkap tanpa menyebutkan teknologi AI-nya. Snapdragon 888 mengemas prosesor AI Hexagon 780 baru dari Qualcomm dengan mesin AI generasi keenam. Qualcomm mengatakan bahwa chipset baru itu mampu menawarkan kinerja yang lebih baik dalam komputasi fotografi, game dan kemampuan asisten suara. Peningkatan lainnya termasuk 26 TOPS (trillion operations per second), skalar yang lebih baik dan peningkatan dalam efisiensi daya.

Selain itu, Snapdragon 888 juga dilengkapi dengan teknologi Sensing Hub generasi kedua, yang merupakan prosesor AI berdaya rendah yang khusus untuk mengerjakan tugas-tugas kecil, termasuk mengontrol gerakan, mendeteksi gyroscope dan sebagainya. Sehingga untuk tugas-tugas yang tidak terlalu berat, tidak akan dibebankan kepada prosesor Hexagon 780.

Sejauh ini sejumlah daftar smartphone yang bakal terpasang Snapdragon 888 seperti Xiaomi Mi 11, Oppo Find X3, Realme Race, Nubia Red Magic 6 dan OnePlus 9. Dari sejumlah nama yang sudah terkonfirmasi itu, Qualcomm juga menyebut 14 nama lain yang berencana akan menyematkan Snapdragon 888 di smartphone buatan mereka. Diantaranya seperti ASUS, Black Shark, Lenovo, LG, Meizu, Motorola, Sharp, Vivo dan ZTE. 

Leave a Reply

Send this to a friend