Rekomendasi Film Animasi Terbaik

10+ Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru 2022)

Sebuah film bukan hanya hadir dengan karakter manusia asli saja, banyak juga film yang berupa animasi atau kartun yang sangat seru untuk ditonton bersam keluarga.

Film-film animasi terbaik sepanjang masa biasanya datang dari studio Pixar dan Walt Disney. Penasaran film animasi terbaik apa saja yang bisa menemani akhir pekanmu bersama keluarga? Simak 10 rekomendasi film animasi terbaik berikut ini.

1. Soul

Soul

Soul – 2020

Rekomendasi film animasi terbaik pertama adalah Soul. Film ini diproduksi oleh Disney dan Pixar yang tayang pada tahun 2020 lalu. Film Soul ini berhasil meraih penghargaan Film Animasi Terbaik dalam dalam ajang Oscar 2021. Bahkan film Soul berhasil mengalahkan Onward (Pixar), Over the Moon (Netflix), Shaun the Sheep Movie: Farmageddon (Netflix).

Film ini menceritakan tentang pria paruh baya yang bernama Joe Gardner yang bermimpi menjadi pianis jazz. Mimpi itu perlahan ia kejar dengan menjadi guru musik paruh waktu. Namun, ketika ia mendapatkan kesempatan tampil untuk mendampingi musisi jazz kenamaan, ia justri mengalami kecelakaan dan membuatnya koma. Selama jiwanya melayang-layang di The Great Before, ia mulai memahami arti kehidupan.

2. Coco

Film Animasi Terbaik Coco  

Coco – 2017

Film animasi terbaik berikutnya berasal dari negara Amerika yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios serta Walt Disney Pictures. Film ini berjudul Coco, yang berhasil mendapatkan banyak penghargaan sekaligus, di antaranya Academy Awards untuk Film Animasi Terbaik dan Lagu Asli Terbaik “Remember Me”.

Film Coco ini mengisahkan tentang bocah laki-laki asal Mexico, Miguel Rivera, yang tinggal bersama keluarga besarnya dan nenek buyutnya bernama Coco di sebuah desa kecil. Miguel bercita-cita menjadi penyanyi dan ia pun senang bermusik. Namun mimpinya itu sangat ditentang karena musik adalah hal yang sangat dilarang bagi keluarganya.

Film animasi Coco ini juga berhasil mendapatkan score rating IMDb yang sangat tinggi yaitu sebesar 8.4, makanya tak heran film ini menyabet beragam penghargaan dan nominasi.

3. How To Train Your Dragon

How To Train Your Dragon 

How To Train Your Dragon – 2010

Film animasi berikut ini memang sudah lama tayang sekitar tahun 2010 lalu. Namun, film ini berhasil menempati hati para penggemarnya. Film How to Train Your Dragon berhasil mendapatkan score rating IMDb yang sangat tinggi yaitu 8.1, makanya tak heran film ini mendapat berbagai penghargaan.

Film ini menceritakan tentang remaja muda Viking bernama Hiccup yang bercita-cita mengikuti tradisi sukunya menjadi pembunuh naga. Hal tersebut disebabkan karena desanya sering sekali diserang naga yang suka merusak dan mencuri ternak.

Setelah berhasil menangkap naga pertamanya dan akan membunuhnya, tiba-tiba Hiccup menyadari bahwa dirinya tidak ingin membunuh naga itu. Ketika Night Fury terjerat dalam perangkap, Hiccup melepaskannya. Lalu, ia berteman dengan naga tersebut dan memanggilnya Toothless.

4. Inside Out

Film Animasi Terbaik Inside Out 

Inside Out – 2015

Rekomendasi film animasi terbaik berikutnya adalah Inside Out. Film ini merupakan salah satu karya terbaik Pixar yang akan membuat Anda sedikit berpikir ketika menontonnya. Film Inside Out ini sudah tayang pada tahun 2015 lalu, dan mendapatkan rating score IMDb sebesar 8.2.

Film ini bercerita tentang sisi psikologis manusia yang memang benar adanya. Penulis naskah dari film ini tidak asal-asalan dalam membuat cerita, pasalnya ia banyak melakukan konsultasi dengan psikolog saat membuat ceritanya.

Menceritakan tentang seorang gadis remaja yang emosinya sedang tidak stabil. Dia dan orang tuanya harus pindah kota sehingga gadis ini harus beradaptasi lagi dengan lingkungan baru. Dari film ini juga, kita bisa tahu kalau ada lima jenis emosi di dalam kepala setiap manusia. Cocok banget nih ditonton bareng adik atau keluarga di akhir pekan.

5. Zootopia

Zootopia 

Zootopia – 2016

Film animasi terbaik berikutnya datang dari dunia binatang. Film Zootopia yang rilis tahun 2016 ini mendapatkan score rating terbaik di IMDb yaitu 8.0. Film ini menceritakan tentang kehidupan binatang yang sangat menyenangkan. Judy Hopps adalah seekor kelinci yang bercita-cita menjadi polisi di kota Zootopia.

Dia pun berusaha keras untuk menggapai mimpinya dan berhasil menjadi polisi. Namun, ada kasus misterius yang membuatnya kewalahan. Bersama dengan seekor rubah, Nick, dia bersama-sama menyelesaikan kasusnya. Film Zootopia ini berhasil mencetak rekor box office sebagai film animasi Disney terlaris kedua setelah Frozen (2013). Film Zootopia pun berhasil memenangkan beberapa kategori penghargaan, salah satunya adalah Best Animated Feature di ajang Academy Awards.

6. Big Hero 6

Film Animasi Terbaik Big Hero 6 

Big Hero 6 – 2014

Film berikutnya ini merupakan salah satu film favorit saya yaitu Big Hero 6. Film ini menjadi film pertama dari produksi Disney animasi untuk menampilkan karakter Marvel sejak akuisisi The Walt Disney Company dari Marvel Entertainment pada tahun 2009. Film ini dirilis pada 7 November 2014 oleh Walt Disney Pictures.

Film ini menceritakan seorang anak jenius yang baru saja lulus SMA di usianya 13 tahun, Hiro Hamada, dan ia memiliki ketertarikan untuk bergabung di universitas yang dimasuki oleh sang kakak, Tadashi Hamada. Untuk bisa masuk dan melanjutkan kuliah di universitas tersebut, ia harus mepresentasikan sebuah temuan sebagai ujian masuknya.

Singkat cerita, ia berhasil namun ada sebuah tragedi terjadi yang membuat hidupnya berubah. Tragedi apakah itu? Tonton cerita lengkapnya di akhir pekan ini ya.

7. Kimi No Na Wa

Kimi No Na Wa 

Kimi No Na Wa – 2016

Film animasi berikut ini datang dari negara Jepang. Kimi ni No na Wa adalah salah satu film kartun Jepang terbaik sepanjang masa yang wajib Anda tonton. Dengan score rating IMDb sebesar 8.4 tak heran film ini menjadi film animasi kartu Jepang terbaik.

Film ini menceritakan sebuah kisah unik yang mungkin belum Anda temukan di cerita lainnya. Awalnya, Anda akan disuguhkan oleh dua cerita anak SMA dengan latar belakang berbeda. Film animasi ini akan membawa Anda kepada Mitsuha Miyamizu yang tinggal di sebuah desa dan Taki Tachibana yang tinggal di desa.

Mereka berdua saling berhubungan dan ada kalanya berpindah tubuh. Anda akan dibawa kepada petualangan yang pastinya bikin baper. Penasaran kelanjutannya? Jadwalkan film ini untuk ditonton di akhir pekan ya.

8. Incredibles 2

Incredibles 2 

Incredibles 2 – 2018

Film Incredibles 2 merupakan kelanjutan dari film The Incredibles yang pertama tayang di bisokop pada tahun 2004 lalu. Film ini merupakan karya dari Pixar, dan hasilnya tentunya tidak diragukan lagi. Film animasi ini menceritakan kisah keluarga superhero dalam melawan musuh yang berfokus pada pasangan superhero Mr. Incredible dan Elasticgirl.

Akhir pekan ini sangat cocok buat Anda bersama anak-anak dan keluarga untuk menonton film The Incredibles 2 ini.

9. Wreck-It Ralph

Film Animasi Terbaik Wreck-It Ralph 

Wreck-It Ralph – 2012

Film animasi berikutnya merupakan produksi dari Walt Disney tanpa bantuan Pixar. Film Wreck-It Ralph ini menceritakan seorang penjahat yang sudah bosan menjalani kehidupannya di sebuah game bernama Fix-It Felix Jr. Suatu ketika, Wreck-It Ralph berusaha untuk mendapatkan sebuah medali yang akan merubahnya menjadi terpandang dipermainannya.

Namun tanpa ia sadari, ia malah membuka jalan bagi para penjahat yang dapat membunuh semua games di kompleks permainan itu. Satu-satunya harapannya adalah Vanellope von Schweetz, yang juga dapat mengajarkan Ralph menjadi karakter yang baik hati. Namun apakah Ralph mempunyai waktu, sebelum para penjahat mematikan seluruh game yang ada?

10. Toy Story 4

Toy Story 4

Toy Story 4 – 2019

Rekomendasi film animasi terbaik yang terakhir adalah Toy Story 4. Film ini merupakan hasil karya ke 10 dari Pixar yang berhasil memenangkan piala Best Animated Feature di Oscar tahun 2020 lalu. Pada ajang tersebut,  Toy Story 4 berhasil menyaingi How to Train Your Dragon: The Hidden World, The Missing Link, I Lost My Body, dan Klaus.

Seperti yang Anda tahu, film animasi ini mengisahkan mainan manusia yakni Woody, Buzz, Mr. dan Mrs. Potato Head, dan lainnya yang terlibat dalam petualangan baru. Saat itu, Woody bertemu dengan Forky, teman baru yang dibuat Bonnie.

Petualangan mereka dimulai ketika Forky melarikan diri dari keluarga Bonnie karena merasa dirinya adalah sampah, bukannya mainan. Woody tak ingin Bonnie bersedih karena kehilangan mainan kesayangannya, seperti yang pernah dialami Andy saat kehilangan dirinya. Bagaimana kisah selanjutnya? Langsung saja tonton di aplikasi video online favoritmu ya.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 rekomendasi film animasi terbaik yang dapat Anda tonton bersama adik ataupun keluarga di akhir pekan. Nahhhh,,, film animasi apa nih yang bakal jadi watchlist pertamamu?

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend