Penawaran Windows 11 22H2 Muncul di Perangkat Yang Tidak Didukung, Microsoft Beri Peringatan

Penawaran Windows 11 22H2 Muncul di Perangkat Yang Tidak Didukung, Microsoft Beri Peringatan

NESABAMEDIA.COMWindows 11 22H2 yang merupakan pembaruan fitur utama pertama dari sistem operasi, sebelumnya telah meluncur ke pengguna Windows Insider di saluran Pratinjau Rilis. Di saat pembaruan ini telah memasuki tahap peluncuran RTM, ini seharusnya tidak akan tersedia untuk perangkat PC yang tidak didukung, karena Microsoft terus melanjutkan kampanye prosesor baru dan TPM 2.0-nya. 

Secara tidak terduga, Microsoft kedapatan menawarkan Windows 11 22H2 ke perangkat PC yang tidak didukung. Hal ini kemudian menimbulkan anggapan bahwa mereka berniat untuk menghilangkan persyaratan perangkat keras yang sebelumnya diterapkan. 

Akan tetapi beberapa waktu setelahnya, Microsoft membuat klarifikasi dalam sebuah pernyataan resminya bahwa mereka tidak sengaja memunculkan penawaran Windows 11 22H2 itu untuk perangkat yang tidak memenuhi syarat, dan segera melakukan tindakan investigasi. 

Walaupun hal tersebut sudah ditarik lagi oleh Microsoft, namun bagi beberapa pengguna, penawaran itu masih muncul dan mereka bisa melakukan pengunduhan dan pemasangan. Jika anda mendapati penawaran itu muncul di perangkat anda yang seharusnya tidak memenuhi syarat, maka lebih baik untuk tidak mengunduh dan memasangnya. 

Microsoft mengklaim apabila anda mengunduh dan memasang Windows 11 22H2 lewat penawaran tersebut, dan perangkat anda sebenarnya tidak memenuhi syarat, maka sistem operasi versi baru itu tidak akan bisa anda gunakan. Anda memang bisa mengunduh dan memasang pembaruan versi 22H2 itu, dan bahkan sampai ke layar pemasangan. Namun pembaruan itu tidak akan bisa diterapkan.

“Kami melakukan investigasi pada masalah di mana banner untuk Windows 11 versi 22H2 muncul di perangkat yang tidak memenuhi syarat, dan kami sedang melakukan perbaikan. Memilih untuk memasangnya, hanya akan berujung pada error atau kesalahan sistem,” ungkap Microsoft.

Dari laporan pengguna, sebagian mengatakan bahwa mereka tidak bisa menerapkan pembaruan Windows 11 22H2 setelah sukses mengunduhnya. Sementara sebagian pengguna lainnya di perangkat yang tidak memenuhi syarat mengatakan, bahwa mereka bisa memasang pembaruan itu tanpa adanya masalah. 

Seperti yang dijelaskan di atas, Microsoft telah mengambil langkah-langkah terkait untuk memblokir pembaruan itu bisa muncul di perangkat yang tidak memenuhi syarat. Dan jika anda mendapati banner penawaran itu muncul, lebih baik abaikan saja. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend