Microsoft Berlakukan Watermark Untuk Perangkat Windows 11 Yang Tidak Didukung

Microsoft Terapkan Watermark Untuk Perangkat Windows 11 Yang Tidak Didukung

NESABAMEDIA.COMTidak seperti Windows 10, Windows 11 hadir dengan beberapa persyaratan minimal yang jauh lebih ketat, khususnya pada prosesor yang digunakan. Sistem operasi baru ini, membutuhkan prosesor generasi ke-8 atau yang lebih baru, bersama dengan modul TPM 2.0. Namun ada beberapa cara mudah dan resmi untuk menyiasati persyaratan tersebut. 

Menyunting Registry adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk melewati persyaratan TPM dan prosesor, untuk kemudian memasang Windows 11.

Microsoft tidak berencana untuk menghentikan metode bypass ini, namun pembaruan opsional terbaru secara diam-diam mengaktifkan sebuah fitur yang menambahkan watermark ke perangkat yang tidak didukung, yang dimunculkan di layar desktop.

Sebelumnya, Microsoft telah melakukan pengujian dalam menampilkan watermark ini dengan Insider selama beberapa minggu, dan sepertinya kini mereka telah menyetujui penggunaan watermark itu ke perangkat produksi atau RTM. Pembaruan opsional terbaru yang tersedia di saluran Pratinjau Rilis (Release Preview), menyertakan watermark di desktop untuk mengingatkan pengguna bahwa perangkat mereka tidak mendukung pengguna Windows 11. 

Langkah ini tidak mengejutkan, karena pada dasarnya Microsoft memang tidak merekomendasikan tindakan bypass sistem persyaratan minimal Windows 11, dan mereka sebelumnya juga telah meminta pengguna untuk meningkatkan perangkat keras untuk bisa memenuhi standar baru yang diberlakukan.

Watermark tersebut bertuliskan “System Requirement Not Met”, dan muncul di atas fitur jam di pojok kanan bawah desktop, dan apabila diklik, akan mengarahkan pengguna ke aplikasi Settings. 

Aplikasi Settings sendiri juga telah diperbarui dengan banner peringatan kepada pengguna mengenai kemungkinan kerusakan yang bisa ditimbulkan, serta sebuah tautan ke halaman dokumentasi dukungan di situs Microsoft. 

Untungnya, watermark tersebut hanya muncul di layar desktop dan itu tidak akan berdampak pada aplikasi, seperti pesan error aktivasi di Windows sebelumnya. Microsoft juga sebelumnya memperingatkan pengguna bahwa pembaruan keamanan vital tidak akan disediakan untuk perangkat yang tidak didukung di masa mendatang. 

Meski watermark Windows 11 untuk perangkat tidak didukung itu tidak memberikan kerugian, namun kemunculannya juga terlihat mengganggu. Beruntungnya, ada cara untuk menghapus watermark tersebut menggunakan pengaturan Registry, dengan langkah berikut ini:

  • Buka Registry Editor (Win+R Regedit)
  • Buka HKEY_CURRENT_USER
  • Cari UnsupportedHardwareNotificationCache
  • Klik kanan dan ubah DWORD SV2 dari 1 ke 0
  • Restart PC
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend