• Our Partners:

Rumus Cepat Rambat Gelombang Beserta Contoh Soal dan Pembahasannya

Pernahkah kamu mencoba menjatuhkan sesuatu kedalam air yang tenang ? Atau pernahkah kamu berbicara menggunakan kaleng yang telah dihubungkan dengan tali kepada seseorang ? Jika pernah, maka tahukah kamu hal yang kamu lakukan tersebut sudah menciptakan suatu gelombang ?

Gelombang pada umumnya yaitu suatu getaran yang merambat. Jadi apabila kamu sudah memberikan getaran pertama kepada tali atau air, maka selanjutnya detaran tersebut akan terus merambat. Nah, rambatan tersebut adalah suatu gelombang.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai cepat rambat gelombang, yaitu rumus dari cepat rambat gelombang dan contoh soal beserta pembahasannya. Berikut adalah penjelasan mengenai cepat rambat gelombang.

Rumus Cepat Rambat Gelombang

Cepat Rambat Gelombang

Di dalam suatu gelombang, pasti selalu didasari oleh arah rambatan getarannya, dan gelombang tersebut dikelompokkan menjadi 2 kelompok, yakni gelombang longitudinal dan gelombang transversal.

Untuk lebih mengetahui apa itu yang dimaksud dengan gelombang longitudinal dan gelombang transversal, Anda dapat melihatnya pada penjelasan dibawah ini :

1. Gelombang Longitudinal

Gelombang longitudinal ini merupakan gelombang yang getarannya mempunyai arah yang sama bersama arah rambatannya. Tidak hanya itu, gelombang ini gerakan di medium suatu gelombang akan searah bersama propagasi gelombang. Gelombang bunyi adalah satu contoh dari jenis gelombang ini.

Di dalam gelombang bunyi yang merupakan medium dari perantaranya yaitu udara, medium ini akan dengan bergantian untuk merapat dan juga merenggang. Hal itu dikarenakan terdapat pergeseran getaran maupun dapat berpindah tempat.

Baca Juga : Rumus Massa Jenis dan Contoh Soal

2. Gelombang Transversal

Gelombang transversal yaitu gelombang yang mempunyai arah getaran yang tegak lurus kepada arah perambatannya. Contoh untuk gelombang transversal ini yaitu apabila Anda menemukan gelombang air yang ada di lautan maupun yang ada pada tali.

Maka arah getarannya tersebut berbentuk tegak lurus bersama arah dari getarannya . Oleh karena itu bentuk dari gelombang transversal yaitu seperti gunung dan lembah yang secara berurutan.

Jika sudah mengetahui macam-macam gelombang, maka Anda juga harus mengetahui penjelasan mengenai gelombang bunyi beserta dengan rumusnya. Dibawah ini merupakan pembahasan mengenai rumus cepat rambat gelombang :

Rumus Cepat Rambat Gelombang Bunyi

Rumus Cepat Rambat Gelombang Bunyi dan Contoh Soalnya

Bunyi pada dasarnya pasti merambat melewati medium yang tertentu, contohnya yaitu seperti pada zat cair, zat padat maupun zat gas. Bunyi mempunyai cepat rambat yang telah bergantung di media yang sudah dilewatinya.

Baca Juga : Rumus GLBB dan GLB

Bunyi itu sendiri adalah suatu gelombang longitudinal yang telah terjadi akibat adanya sebuah getaran dan juga bisa merambat, yang akan membuat getaran tersebut bisa sampai kepada telinga manusia dan hewan. Dan kemudian telinga juga memiliki fungsi yang baik untuk mendengarkan berbagai macam suara yang terdapat di sekitarnya.

Dibawah ini merupakan rumus cepat rampat gelombang bunyi :

Rumus Cepat Rambat Gelombang

Keterangan dari rumus tersebut ialah :
* V merupakan kecepatan yang memiliki satuan m/s
* s merupakan jarak yang memiliki satuan m
* Dan t merupakan waktu yang memiliki satuan s

Tetapi, apabila yang sudah diketahui adalah nilai frekuensinya (f), periode (T) atau panjang gelombangnya (λ), maka Anda tidak perlu untuk menggunakan rumus seperti diatas, tetapi Anda cukup untuk menggunakan rumus dibawah ini :

Rumus Cepat Rambat Gelombang 2

Keterangan dari rumus tersebut ialah :
* V merupakan kecepatan yang memiliki satuan m/s
* λ merupakan panjang gelombang yang memiliki satuan m
* Dan f merupakan frekuensi yang memiliki satuan Hz

Diatas adalah rumus dari cepat rambat gelombang, untuk lebih memahami cara menghitung atau menggunakan rumus diatas untuk soal tentang cepat rambat gelombang, maka dibawah ini akan memberikan Anda contoh soal beserta pembahasan mengenai cepat rambat gelombang.

Contoh Soal dan Pembahasannya

Anda dapat melatih kemampuan menghitung Anda mengenai cepat rambat gelombang menggunakan rumus diatas dengan contoh soal dibawah ini :

1. Suatu kapal menggunakan sebuah perangkat suara untuk mengukur kedalaman laut saat ini. Dan apabila bunyi yang ditembakkan dari dasar laut, dan bunyi pantulannya baru diterima selama 15 detik. Maka, hitunglah kedalaman laut itu apabila cepat rambat dari bunyinya sekitar 200 m/s ?

Pembahasan :

Telah diketahui bahwasanya waktu yang diterima dari bunyi pantulan selama 15 detik dan cepat rambat bunyinya adalah 2000 m/s. Maka dapat ditulis terlebih dahulu apa yang sudah diketahui.

Diketahui :

t (waktu) = 5 s

V (cepat rambat bunyi) = 2000 m/s

Yang ditanyakan yaitu : Berapa s (jarak) kedalaman laut tersebut ?

Lalu dapat Anda masukkan rumus cepat rambat gelombang tapi dengan rumus yang dicari adalah s (jarak, rumusnya yaitu : s = vt / 2.

Mengapa dibagi dengan 2 ? Karena gelombang tersebut akan memantul dan kemudian kembali ke kapal, maka didalam rumusnya harus dibagi 2.

Jika diinisialisasikan, maka bentuk dari rumus jarak tersebut ialah :

s = 2000 m/s x 15 s / 2 

s = 3000 / 2

s = 15.000 m

Maka, jarak kedalaman laut tersebut yaitu 15.000 m.

2. Gelombang yang merambat di air, memiliki 5 gelombang yang sudah terjadi dalam waktu 10 s. Apabila jarak diantara dua puncak dari gelombang tersebut adalah 4 m, maka berapakah kecepatan dari gelombang tersebut ?

Pembahasan :

Telah diketahui bahwasanya waktu yang terjadi pada gelombang yaitu 10 s, gelombang yang dimiliki yaitu 5 gelombang dan panjang dari gelombang tersebut yaitu 4 m. Maka dapat ditulis terlebih dahulu apa yang sudah diketahui.

Diketahui :

t (waktu) = 10 s

n (jumlah gelombang) = 5

λ (panjang gelombang) = 4 m

Yang ditanyakan adalah, berapa m/s kesepatan (v) pada gelombang tersebut ?

Lalu dapat Anda masukkan rumus cepat rambat gelombang tapi untuk mencari cepat rambat gelombangnya kita harus mencari terlebih dahulu frekuensi nya. Maka tulislah rumus frekuensi :

f = n/t

f = 5/10 = 0,5 Hz

Maka, sudah didapatlah hasil frekuensi nya, yaitu 0,5 Hz. Selanjutnya, dapat dimasukkan rumus cepat rambat gelombang, yaitu :

v = λ . f

v = 4 m . 0,5 Hz = 2 m/s

Maka hasil dari kecepatan pada gelombang tersebut ialah 2 m/s.

Demikianlah artikel penjelasan mengenai rumus cepat rambat gelombang beserta dengan contoh soal dan pembahasannya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend