Tujuan Kewirausahaan - Cover

3 Tujuan Kewirausahaan Beserta Contohnya Yang Perlu Diketahui

Saat banyak sekali kita lihat berbagai jenis usaha yang berkembang. Mulai dari usaha kecil,menengah,hingga besar. Semua itu merupakan sebuah ide dan pemikiran kreatif dari seorang pengusaha yang mampu membuat kesejahteraan masyarakat sekitar tempat usaha berdiri bisa makmur dan sejahtera.

Tentu saja hal seperti itu merupakan bentuk kecil dari tujuan kewirausahaan. Sedangkan wujud besarnya berupa majunya sebuah negara, karena sokongan dari bidang kewirausahaan yang terus bergeliat di berbagai daerah. Begitu hebatnya kewirausahaan tersebut ternyata memang mengakar pada beberapa tujuan. Seperti apakah tujuan yang dimaksud? Penjelasan setelah ini akan merangkumnya.

Tujuan Kewirausahaan

Tujuan Kewirausahaan

Kewirausahaan telah menunjukkan eksistensinya. Bahkan tidak hanya wilayah perkotaan saja. Hal tersebut sudah merambah pada area pedesaan. Itu menjadi sebuah capaian memuaskan. Dibalik menjamurnya kewirausahaan, ada tujuan yang ditimbulkan. Seperti apakah tujuan tersebut? Berikut rinciannya.

1. Kewirausahaan Mampu Mewujudkan Masyarakat Sejahtera Di Sekitar Tempat Usaha

Suatu usaha apapun jenis dan bentuknya, umumnya membutuhkan ketersediaan sumber daya manusia. Penyediaan dalam jumlah tertentu yang berfungsi untuk mengisi semua lini dalam perusahaan. Hal inilah yang menyebabkan warga produktif di sekitar lokasi usaha terkena imbasnya.

Beragam kemampuan yang dimiliki tiap individu di area tersebut sangat berguna untuk menjalankan bisnis. Dari situlah pendapatan diperoleh masing-masing warga. Mereka tidak perlu lagi bersusah payah mencari penghidupan di tempat jauh. Karena sebuah perusahaan telah berdiri dekat dengan tempat tinggal.

2. Menularkan Jiwa dan Semangat Wirausaha Pada Masyarakat Sekitar

Menjadi seorang wirausaha biasanya mempunyai semangat juang tinggi. Mereka tidak akan menyerah menghadapi rintangan. Ketika batu sandungan muncul, tidak terus terpuruk karena jatuh. Justru dari situlah mereka bangkit dengan segenap ide kreatif dan inovasi dalam merengkuh peluang baru.

Hal seperti itu umumnya terpancar pada orang-orang di sekitarnya. Dengan begitu mereka jadi ikut merasakan sensasi menjadi seorang wirausaha. Bahkan tidak menutup kemungkinan mereka mengikuti jejak pendahulunya untuk memiliki usaha sendiri.

Meskipun jenis dan ukuran usahanya berbeda, namun jiwa sang pemimpin sejati pada perusahaan tempat orang-orang tersebut mencari rezeki, sudah berhasil merasuk sempurna. Tumbuhlah wirausaha lainnya, dan begitu seterusnya terulang. Hingga suatu daerah benar-benar menunjukkan perubahan tingkat kemakmurannya.

3. Generasi Muda Terpacu Untuk Menjadi Pemilik Usaha

Generasi unggul yang telah menyelesaikan studinya umumnya memilih untuk bekerja di sebuah perusahaan. Harapan mereka hasil jerih payah selama menempuh pendidikan dalam kurun waktu tertentu terbayarkan, ketika bekerja.

Alasan utama mereka lebih memilih menjadi bagian dari suatu perusahaan, karena adanya jaminan kepastian tiap bulannya. Hal seperti itu sangat berbeda dengan menjadi pemilik usaha. Tantangan untuk selalu kuat dalam berbagai kondisi dibutuhkan.

Kalau daerah tempat generasi muda ini banyak ditemukan pengusaha sukses. Secara langsung generasi potensial ini mengikuti jejak pengusaha. Mereka berani keluar dari zona nyaman. Lalu merasakan energi baru untuk mewujudkan impian. Yakni dengan pendirian suatu bisnis yang berkelanjutan dan sesuai passion mereka.

Contoh Kewirausahaan

Setelah mengetahui tujuan kewirausahaan biasanya individu akan ada pertanyaan dalam pikiran. Bentuk usaha apa yang kiranya tepat untuk dijalankan? Tidak terlalu berlebihan tetapi mampu memberikan income setiap harinya. Mau tau apa saja jenisnya? Yuk simak contohnya berikut ini.

1. Laundry

Laundry

Jika Anda memiliki lokasi hunian dekat dengan perkantoran ataupun tempat untuk kuliah. Maka tidak ada salahnya membuka usaha laundry. Anda tidak perlu pusing untuk menyewa bangunan. Cukup gunakan area tertentu dari rumah Anda untuk usaha ini.

Kebutuhan menjalankan bisnis ini juga sederhana. Anda siapkan saja mesin cuci, deterjen, pewangi pakaian, setrika. Jangan lupa sediakan satu atau dua orang untuk membantu Anda dalam menjalankan aktivitas cuci baju dan setrika.

Bagaimanapun juga usaha laundry itu meski terlihat sederhana. Kalau sudah banyak yang memakai jasa Anda, hasilnya nyata. Bahkan, tenaga kerja juga bisa bertambah. Dengan begitu Anda juga ikut membagi kesejahteraan dengan orang lain.

2. Cuci Mobil dan Motor

Tujuan Kewirausahaan untuk Bisnis Cuci Mobil

Usaha yang satu ini juga tidak kalah menggiurkan dengan laundry. Setiap orang pasti membutuhkan tampilan mobil atau motor bersih, kinclong setiap saat. Nah, bagi seseorang yang tingkat intensitas kegiatan harian begitu padat. Biasanya tidak ada waktu untuk mencuci kendaraan pribadi.

Sehingga mereka akan mengunjungi tempat cuci mobil dan motor. Biaya jasa cuci tergolong terjangkau, untuk motor bisa sampai 10 ribu rupiah. Sedangkan cuci mobil biayanya mulai 30 sampai 50 ribu rupiah. Kalau setiap hari ada saja pelanggan yang datang ke tempat cuci mobil dan motor Anda. Balik modal akan cepat terwujud.

Apalagi lokasi yang dipilih strategis dekat dengan jalan raya. Konsumen banyak yang memakai jasa Anda. Belum lagi kalau musim hujan datang menyapa. Tiap hari arus kas lancar jaya pastinya. Target pekerja juga akan banyak terserap, karena semakin laris tempat cuci Anda, butuh kerja cepat hasil maksimal. Tenaga Pun ikut ditingkatkan kuantitasnya.

3. Usaha Minuman Kopi

Usaha Minuman Kopi

Kopi banyak sekali penggemarnya, tidak ada batasan gender. Saat ini kopi telah berhasil menduduki peringkat minuman favorit tertinggi di masyarakat kita. Itu tidak lain karena dari beragam jenis kopi dapat diolah sedemikian rupa menjadi minuman unik dengan beragam cita rasa dan tampilan.

Nah, bagi Anda sekalian usaha minuman kopi dapat dijalankan. Tidak perlu membuat atau menyewa bangunan. Karena berjualan minuman ini dapat memakai boot, truk, gerobak kayu berbentuk seperti sepeda, dan masih banyak lagi. Asalkan varian dan tampilan kopi kekinian, harga terjangkau semua kalangan. Pendapatan yang diterima lancar dan segera balik modal.

Sedangkan dari sisi karyawan, umumnya membutuhkan lebih dari satu. Dengan memakai sistem shift. Apalagi kalau usaha minuman Anda semakin ramai, karyawan ikut dibutuhkan banyak. Maka, Anda turut serta meminimalkan pengangguran.

4. Usaha Potong Rambut

Tujuan Kewirausahaan untuk Potong Rambut

Usaha keempat ini sampai kapan saja dibutuhkan banyak orang. Karena rambut manusia itu selalu tumbuh, apalagi bagi laki-laki sudah pasti harus tampil rapi. Nah, usaha ini memberikan jawaban akan pengurangan angka pengangguran dan memaksimalkan pendapatan pemilik.

Ketika Anda membuka potong rambut, butuh beberapa tenaga untuk membantu pekerjaan. Apalagi lokasi dekat kampus, jalan raya, perkantoran, dan area umum lainnya. Biasanya tiap hari akan ada saja pengunjung datang. Dengan begitu kalau Anda lakukan sendiri untuk memotong rambut beberapa orang. Umumnya butuh waktu, demi menjaga kualitas dan kepercayaan konsumen. Suntikan tenaga tambahan diperlukan.

Pelanggan puas dengan hasil potongan rambutnya. Pengerjaan terstruktur dan cepat, antri tidak lama. Yang pasti harga jasa potong rambut tidak mahal. Lokasi Anda akan selalu jadi langganan banyak orang. Setelah pembaca sekalian mengetahui akan pentingnya tujuan kewirausahaan.

Ayo, jangan ragu lagi untuk menjadi wirausaha baru. Mulailah dari yang sederhana dahulu. Jika hasil sudah terlihat nyata dalam beberapa tahun sesuai target. Kalau Anda ingin melakukan inovasi usaha lain lagi tidaklah masalah.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend