Alternatif Aplikasi Pengganti Adobe Photoshop

10 Alternatif Aplikasi Pengganti Adobe Photoshop (+Link Download)

NESABAMEDIA.COM – Aplikasi yang paling sering digunakan oleh para desainer grafis biasanya adalah Adobe Photoshop. Mengapa? Karena fitur-fitur yang disediakan sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan para desainer grafis.

Namun, seperti yang Anda tahu, keluarga Adobe tidak dapat diunduh sembarangan karena ada biaya yang harus dikeluarkan dan tentunya tidak murah.

Alternatif Aplikasi Pengganti Adobe Photoshop

Namun, sebenarnya Anda bisa mendapatkan fitur-fitur yang hampir dibilang sama seperti Photoshop tanpa harus mengeluarkan biaya.

Nah, pada artikel ini kita akan membahas 10 alternatif aplikasi pengganti Adobe Photoshop yang tentunya fitur-fitur didalamnya tidak kalah dari Photoshop dan dapat digunakan secara gratis. Langsung saja, silakan simak pembahasannya berikut ini.

1. GIMP

GIMP

Alternatif aplikasi pengganti Adobe Photoshop pertama adalah GIMP. Aplikasi GIMP ini termasuk aplikasi yang cukup populer dengan berbagai fiturnya yang lengkap sama seperti Adobe Photoshop.

Anda tidak perlu khawatir apakah perangkat Anda mendukung atau tidak, aplikasi GIMP ini mampu mendukung berbagai sistem operasi mulai dari Windows, MacOs, hingga Linux dan tentunya aplikasi ini dapat digunakan secara gratis.

Bukan hanya itu saja, aplikasi GIMP ini memiliki add-ons yang dapat Anda unduh guna memudahkan pekerjaan mendesain Anda. Dan jangan takut dengan penggunannya apakah sulit atau tidak, karena banyak sekali tutorial yang tersedia yang dapat Anda tonton dan ikuti.

2. Krita

Alternatif Aplikasi Pengganti Adobe Photoshop

Aplikasi alternatif berikutnya adalah Krita. Aplikasi Krita ini dapat Anda unduh secara gratis dan cocok untuk Anda sebagai fotografer yang membutuhkan lebih banyak fleksibilitas dalam hal kreativitas. Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi ini sangat cocok untuk para seniman konseptual, pelukis tekstur, ilustrator, hingga komikus.

Anda dapat menggunakan menggunakan palet warna pop-up yang unik untuk mewarnai foto. Selain itu, Anda juga dapat mengakses berbagai warna yang umum digunakan dan mengonfigurasikan semua pengaturan warna tersebut hanya dalam beberapa klik saja.

Salah satu fitur unik yang dimiliki aplikasi ini adalah fitur impor paket kuas dan tekstur dari artis lain untuk memperluas tools warna yang Anda miliki.

3. Affinity Photo

Affinity Photo

Affinity Photo merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk para fotografer. Dengan berbagai tools editing yang dimiliki aplikasi Affinity Photo ini sangat cocok dimanfaatkan untuk Anda seorang fotografer.

Beberapa tools canggih yang dimiliki oleh aplikasi Affinity Photo ini adalah multi layer 360 image editing, Panorama stitch, Raw Editing, Batch Processing hingga penghapus background.

Namun, dengan berbagai tools yang disediakan tersebut, aplikasi edit foto pengganti Adobe Photoshop ini bukanlah bersifat open source ataupun gratis. Anda perlu membayar aplikasi ini untuk dapat mengaksesnya, namun harga yang ditawarkan tentunya lebih terjangkau dibandingkan dengan Adobe Photoshop.

4. Paint.NET

Alternatif Aplikasi Adobe Photoshop

Aplikasi Paint.NET awalnya hanya ditujukan sebagai pengganti dari aplikasi Microsoft Paint. Namun dalam pengembangannya, justru malah semakin seperti aplikasi pengedit foto. Jika Anda memerlukan aplikasi untuk editing foto dan desain sederhana, aplikasi Paint.NET ini dapat Anda coba.

Pasalnya, fitur-fitur yang dimiliki aplikasi ini adalah fitur dasar edit foto seperti layer, curve, dan levels. Jadi, sangat cocok untuk Anda yang hanya membutuhkan aplikasi editing foto dengan fitur-fitur dasar saja. Namun sangat disayangkan aplikasi ini masih hanya bisa digunakan oleh pengguna Windows saja.

5. Autodesk Pixlr

autodesk pixl

Aplikasi pengganti selanjutnya adalah Autodesk Pixlr. Aplikasi Pixlr ini berbasis cloud, sehingga Anda tidak perlu mengunduh aplikasi ini ke perangkat PC ataupun laptop. Anda cukup membuka situs Pixlr, menunggah foto kemudian mengeditnya dengan basis cloud stoarge atau penyimpanan awan.

Aplikasi Autodesk Pixlr ini hadir dengan layers dan blending mode, banyak efek dan filter, fitur history dan bahkan memiliki healing tools yang banyak digunakan oleh para pengguna Photoshop. Karena diakses secara online, jadi Anda dapat menggunakannya tidak peduli dengan sistem operasi apa yang Anda gunakan.

6. Corel PaintShop Pro

Corel PaintShop Pro

Corel PaintShop Pro merupakan sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk melakukan photo editing. Cukup banyak para professional photo editor di seluruh dunia yang menggunakan aplikasi ini. Bukan hanya untuk photo editing saja,aplikasi ini juga mampu membuat graphic design.

Tampilan antarmuka yang dibuat pun sangat user friendly. Sehingga sangat mudah untuk memahami dan menggunakan aplikasi Corel PaintShop Pro ini.

Fitur-fitur dalam aplikasi ini juga dibuat cukup lengkap untuk mendukung proses editing ataupun design. Mulai dari fitur remove flaws and distractions, smartClone, Add effects, color palettes dan masih banyak lagi.

7. MyPaint

Aplikasi Pengganti Adobe Photoshop

Jika menurut Anda aplikasi Microsoft Paint terlalu sederhana dan aplikasi Adobe Photoshop terlalu rumit, mungkin aplikasi penggantinya yang satu ini adalah yang Anda cari yaitu MyPaint. Aplikasi MyPaint dikembangkan oleh Martin Renold yang berawal dari pengalamannya selama melukis dengan tablet Wacom.

Anda dapat mengakses aplikasi ini secara gratis yang dirilis secara rutin di Github. Beberapa painting tool  yang dapat anda gunakan adalah Line and Curve untuk meng-gambar garis lurus dan kurva, Connected Lines yang setiap ujung akhirnya menjadi titik awal untuk membuat garis baru, serta Ellipses and Circles untuk membuat elips dan lingkaran.

Selain itu, aplikasi MyPaint juga menyediakan fitur auto backup. Apabila sewaktu-waktu Anda mengalami crash atau masalah lainnya, maka aplikasi MyPaint akan menampilkan jendela recovery saat anda menjalankannya kembali.

8. Photoscape

photoscape

Aplikasi alternatif pengganti Adobe Photoshop selanjutnya adalah Photoscape. Aplikasi Photoscape ini pun tidak kalah populer dari Adobe Photoshop. Banyak sekali fitur dan fungsi-fungsi yang disediakan di dalam aplikasi ini untuk mengedit foto ataupun gambar.

Beberapa fitur yang bisa Anda gunakan diantaranya adalah Viewer, Editor, Batch Editor, Page, Combine, Color Picker, Rename, RAW, Animated GIF, Print, Splitter, Converter, hingga Face Search. Tidak perlu khawatir dengan ukuran dari aplikasi ini, karena Photoscape hanya berukuran sekitar 20 MB saja dan tentunya dapat Anda unduh dan gunakan Free alias Gratis.

9. Clip Studio Paint

clip studiopaint

Clip Studio Paint merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat sebuah animasi, manga, manhwa dan manhua yang dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan. Banyak sekali fitur-fitur yang disediakan di dalam aplikasi ini seperti  kanvas, kuas, tinta, pensil, dan cat warna dalam bentuk digital.

Dahulu, aplikasi ini ini dibuat hanya untuk digunakan menggambar objek-objek hitam putih saja. Namun, pada 2007 diperkenalkanlah fitur-fitur untuk membuat gambar full color.

Ada salah satu fitur yang mungkin tidak dimiliki oleh aplikasi lain yaitu penggunaan teknologi AI (Artificial Intelligence). Gambar Anda akan dianalisis terlebih dahulu, lalu setiap objek diberi warna yang dianggap paling sesuai.

Tentu saja, mungkin hasilnya tidak akan sempurna, namun hal ini dapat mempersingkat waktu Anda dalam mewarnai objek.

10. PhotoFiltre

PhotoFiltre

Aplikasi pengganti Adobe Photoshop yang terakhir adalah PhotoFiltre. Aplikasi PhotoFiltre ini memiliki tiga macam versi. PhotoFiltre Studio X merupakan versi yang paling lengkap namun Anda wajib membayar lisensinya.

Sedangkan untuk versi gratis, tersedia versi PhotoFilter 7 dan PhotoFiltre 6 yang termasuk paling sederhana tanpa disertai dengan kemampuan membuat layer dalam mengedit foto.

Keunggulan dari aplikasi PhotoFiltre ini mampu memproses banyak foto secara serentak. Selain itu, mampu mengubah format gambar, memperbaiki kontras yang terlalu rendah, menambah intensitas cahaya dan merubah ukuran canvas.

Fitur-fitur tersebut dapat dilakukan secara serentak. Namun, sangat disayangkan bahwa aplikasi ini tidak mendukung format file RAW yang dihasilkan kamera.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 rekomendasi alternatif aplikasi pengganti Adobe Photoshop yang dapat Anda gunakan. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend