Alternatif Aplikasi Pengganti Internet Download Manager

10 Alternatif Aplikasi Pengganti IDM Terbaik (+Link Download)

NESABAMEDIA.COM – Jika Anda pengguna internet pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya aplikasi IDM (Internet Download Manager). Aplikasi ini terkenal sebagai software yang dapat membantu orang-orang dalam mengunduh berbagai file di internet hanya dalam waktu yang singkat.

Aplikasi IDM menjadi salah satu download manager yang paling populer. Banyak fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini seperti akselerasi kecepatan unduhan, memulai ulang unduhan, unduhan yang terjadwal, dan masih banyak lagi. Namun, sangat disayangkan aplikasi ini hanya memberikan waktu uji coba selama 30 hari untuk para penggunanya, setelah itu pengguna harus membayar lisensi.

Alternatif Aplikasi Pengganti Internet Download Manager

Saat ini bukan hanya Internet Download Manager saja yang menjadi satu satunya aplikasi download manager, sudah banyak berbagai aplikasi sejenisnya yang dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Pada artikel kali ini, saya akan merekomendasikan 5 alternatif aplikasi pengganti Internet Download Manager yang bisa Anda gunakan secara gratis. Silakan simak pembahasannya berikut ini.

1. Xtreme Download Manager

Xtreme Download Manager

Aplikasi alternatif pertama sebagai pengganti IDM yang dapat Anda gunakan adalah Xtreme Download Manager. Aplikasi Xtreme Download Manager merupakan salah satu aplikasi download manager yang bersifat open source. Sehingga dapat dipastikan bahwa aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, aman, dan pastinya dapat berjalan dengan baik.

Awalnya aplikasi Xtreme Download Manager ini hanya tersedia di sistem operasi Linux saja, namun saat ini untuk pengguna Windows dan MacOS pun dapat menggunakannya secara gratis tis tis.

Untuk mengunduh video Youtube Anda hanya perlu mengklik satu kali saja tanpa harus meng-copy paste link video tersebut. Aplikasi ini juga tersedia fitur smart queue dan pause/resume yang dapat memudahkan Anda dalam mendownload.

2. Free Download Manager

Aplikasi Pengganti Internet Download Manager

Alternatif aplikasi pengganti IDM selanjutnya adalah Free Download Manager. Jika dilihat dari namanya sudah tentu aplikasi ini gratis diunduh dan digunakan.

Aplikasi downloader gratis ini mempunyai fitur add ons di browser, yang berarti Anda tidak perlu lagi ribet-ribet untuk menyalin dan menempel linknya ke dalam aplikasi Free Download Manager ini.

Aplikasi Free Download Manager ini termasuk salah satu aplikasi downloader gratis yang terbaik di kelasnya. Yang membuat aplikasi ini cukup populer di seluruh dunia adalah ketersediaan berbagai bahasanya yang dapat memudahkan para penggunanya.

Salah satu fitur yang diunggulkan di aplikasi ini adalah Support file torrent yang mampu mempercepat laju download Anda, mengatur bandwith, serta dapat mengatur hasil download dan menjadwalkan hasil download-an tersebut.

3. JDownloader

JDownloader

JDownloader merupakan salah satu aplikasi pengganti IDM yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh file dan meninggalkannya untuk beraktivitas.

Salah satu fitur yang paling keren di JDownloader ini adalah fitur monitoring remote yang mana dapat Anda gunakan untuk memantau sejauh mana file unduhan Anda tanpa harus berada di depan PC ataupun laptop. Yang perlu Anda lakukan hanya menginstal aplikasi JDownloader di Android yang tersedia gratis di Google Playstore.

Fitur yang cukup diandalkan lainnya adalah Link Grabber, dimana Anda akan sangat mudah sekali untuk mengunduh banyak hal. Cukup dengan meng-copy paste link saja, file unduhan Anda akan otomatis terdeteksi. Bahkan yang kerennya lagi, fitur ini juga mendukung video Youtube Anda yang mana Anda dapat memilih secara bebas kualitas video yang ingin Anda unduh.

4. uGet Download Manager

uGet Download Manager

uGet Download Manager merupakan aplikasi download manager yang sudah bersifat open source yang khusus dikembangkan untuk platform linux. Namun, kini aplikasi uGet juga dikembangkan untuk platform lainnya seperti MacOS dan Windows.

Pada aplikasi ini Anda akan lebih mudah untuk mengatur file download, serta Anda juga dapat menunda proses download (pause) dan dapat dilanjutkan di lain waktu (resume).

Tampilan antarmuka yang disajikan pun terbilang cukup simpel, namun tetap memiliki fitur yang terbilang cukup lengkap seperti Download Queue, Clipboard monitor, Multi-Segment, dan masih banyak lagi.

5. Persepolis Download Manager

Aplikasi Pengganti Internet Download Manager

Aplikasi alternatif yang terakhir yang dapat Anda gunakan adalah Persepolis Download Manager. Apabila Anda adalah pecinta IDM, aplikasi Persepolis Download Manager ini juga tidak kalah menarik pasalnya tampilan antarmuka yang dihadirkan sangat mirip dengan IDM.

Meskipun metode download yang digunakan di aplikasi ini agak sedikit ribet karena harus meng-copy paste link secara manual, tapi semuanya masih dapat terbilang cukup simpel dan cepat.

Selain itu, aplikasi Persepolis Download Manager ini mendukung pause dan resume selama server download Anda mendukung. Jika Anda pengguna Linux Debian, aplikasi Persepolis Download Manager ini dapat menjadi salah satu pilihan terbaik Anda.

Sekian artikel kali ini yang membahas 5 alternatif aplikasi pengganti internet download manager. Sebelum memilih aplikasi yang akan Anda gunakan pastikan terlebih dahulu apakah cocok untuk PC ataupun laptop Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend