• Our Partners:

Alternatif Aplikasi Pengganti CorelDRAW

10 Alternatif Aplikasi Pengganti CorelDRAW Terbaik (+Link Download)

NESABAMEDIA.COM – Jika kita ingin membuat sebuah karya grafik vektor pasti tidak lain tidak bukan yang akan kita bukan adalah aplikasi CorelDRAW.

Aplikasi CorelDRAW merupakan sebuah program komputer editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel Corporation, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Ottawa, Kanada.

Sebenarnya aplikasi CorelDRAW berfungsi dengan baik untuk mengolah gambar dan lain sebagainya. Namun, ada satu permasalahan yang mungkin dihadapi oleh semua orang yaitu harganya yang cukup fantastis.

Alternatif Aplikasi Pengganti CorelDRAW

Nah, dengan permasalahan tersebut membuat beberapa orang mencari-cari alternatif aplikasi penggantinya yang mungkin bisa lebih murah bahkan gratis. Pada artikel kali ini kita akan membahas 5 alternatif aplikasi pengganti CorelDRAW. Penasaran? Langsung saja, silakan simak pembahasannya berikut ini.

1. Inkscape

inkscape

Alternatif aplikasi pengganti CorelDRAW yang pertama adalah aplikasi Inkscape. Aplikasi pengolah vector ini sudah bersifat open source alias gratis. Dan dapat Anda gunakan di berbagai platform sistem operasi yaitu Windows, MacOS, dan Linux.

Aplikasi Inkscape sendiri mempunyai lisensi dibawah GPL (General Public License), yang bertujuan untuk menjadi sofware pengolah grafis dengan standart XML, SVG, dan CSS.

SVG disini merupakan Scalable Vector Graphics yang merupakan format file untuk menampilkan  grafik dalam membangun web yang berbasis XML(Extensible Markup Language). Aplikasi Inkscape ini menjadi salah satu yang paling populer sebagai pengganti CorelDRAW.

2. Affinity Designer

Alternatif Aplikasi Pengganti CorelDRAW

Aplikasi pengganti selanjutnya adalah Affinity Designer. Aplikasi Affinity Designer merupakan sebuah sofware editor grafis yang sudah bersifat open source dan dapat diunduh secara gratis sebagai pengganti aplikasi CorelDRAW.

Aplikasi ini dikembangkan oleh serif labs yang berkantor pusat di Inggris yang didirikan pada tahun 1990 yang mendukung berbagai platform seperti Windows dan MacOS.

Aplikasi Affinity Designer memiliki beberapa menu standart seperti pen tool untuk membuat karya grafis dengan kompleksitas dan artwork berbasis pixel dengan toolbar membagi vector, pixel dan eksport tools menjadi tiga bagian.

Selain memiliki menu standard, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur yang diperuntukkan untuk para profesional, sehinnga banyak profesional yang senang dan suka menggunakan aplikasi ini untuk membuat ilustrasi vektor mereka.

3. Vectornator

vectornator

Vectornator merupakan sebuah aplikasi desain grafis yang awalnya hanya populer di iPhone dan iPad. Namun, kini sudah hadir di MacOS. Aplikasi ini dapat Anda unduh dan gunakansecara gratis untuk mengedit konten jenis ini dengan beberapa alat yang relatif kuat.

Vectornator memiliki versi Pro, adapun beberapa tools yang disediakan seperti Artboards, Pen Tools, Auto Trace, hingga Blend. Anda juga dapat menyimpan hasil karya Anda dalam berbagai format file seperti AI, PDF, SVG, PNG, dan JPG, serta mengekspor layer satu per satu.

4. sK1

Aplikasi Pengganti CorelDRAW

sK1 adalah sebuah aplikasi ilustrasi yang sudah bersifat open source alias gratis untuk para profesional. Apakah aplikasi ini mendukung semua platform? Ya, aplikasi ini mendukung berbagai platform  seperti Windows, Linux/GNU, dan MacOS. Aplikasi sK1 ini adalah aplikasi yang dapat membuat para penggunanya lebih produktif.

Aplikasi sK1 mempunyai performa yang sangat bagus serta memiliki manajemen warna yang profesional dan kompatibilitas, sehingga akan memberikan akurasi warna dan fleksibilitas gambar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasi sK1 ini dapat menjadi pilihan aplikasi yang dapat Anda pertimbangkan dengan berbagai fitur yang dimilikinya.

5. Adobe Illustrator

Alternatif Pengganti CorelDRAW

Alternatif aplikasi pengganti CorelDRAW yang terakhir yang harus Anda coba adalah aplikasi besutan Adobe yaitu Adobe Ilustrator.

Para desainer grafis profesional pasti tidak asing lagi dengan aplikasi milik Adobe satu ini. Tampilan antarmukanya yang sederhana dan tools yang mudah digunakan menjadi alasan para penggunanya menyukai aplikasi ini untuk membuat desain ataupun vektor.

Tidak perlu takut merasa kesulitan dan kebingungan, karena banyak sekali video tutorial yang dapat Anda akses di internet. Eits, tapi sayangnya Anda harus berlangganan terlebih dahulu untuk dapat mengakses aplikasi ini sepenuhnya.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 5 alternatif aplikasi pengganti CorelDRAW yang dapat Anda coba. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend