• Our Partners:

Alternatif Aplikasi Pengganti Adobe Dreamweaver

10 Alternatif Aplikasi Pengganti Adobe Dreamweaver (+Link Download)

NESABAMEDIA.COM – Aplikasi pembuatan dan pengembangan website yang paling populer saat ini adalah aplikasi milik Adobe yaitu Adobe Dreamweaver. Aplikasi ini dapat digunakan dilintas platform seperti Windows dan MacOS.

Dan aplikasi Adobe Dreamweaver ini mendukung WYSIWYG atau editor kode. Namun, aplikasi ini masih dianggap cukup mahal, dengan kisaran harga antara $300 sampai $500 USD.

Alternatif Aplikasi Pengganti Adobe Dreamweaver

Dengan harga yang mahal tersebut, membuat para desainer web memutar otak untuk beralih menggunakan aplikasi lainnya.

Nah, agar Anda tidak bingung mencari-cari aplikasi gratis pengganti Adobe Dreamweaver, artikel ini akan memberikan 5 rekomendasi aplikasi penggantinya. Silakan simak pembahasannya berikut ini.

1. Adobe Muse

adobe muse

Alternatif aplikasi pengganti adobe Dreamweaver yang pertama adalah aplikasi Adobe Muse. Aplikasi ini sama seperti Adobe Dreamweaver yaitu sama-sama milik Adobe atau berada dalam satu paket aplikasi yang sama yaitu Adobe Creative Cloud.

Anda dapat dengan mudah membuat sebuah website secara profesional, dinamis, responsif dan interaktif tanpa harus mengoding atau menulai baris kode programming dari awal seperti HTML ataupun CSS.

Beberapa fitur Adobe Muse yang akan sangat membantu Anda antara lain seperti, kustomisasi tools, drag and drop, fleksibilitas, theme and template, dan masih banyak lagi. Ohiya, aplikasi Adobe Muse ini merupakan software website offline builder. Sehingga ketika Anda tidak memiliki koneksi internet sama sekali, Anda tetap bisa mengaksesnya.

2. Pinegrow Web Editor

Aplikasi Pengganti Adobe Dreamweaver

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi Pinegrow Web Editor. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mendesain sebuah web modern dengan lebih cepat di berbagai platform seperti MacOS, Windows, hingga Linux.

Adapun fitur-fitur yang dimilikinya adalah pengeditan multi-halaman langsung, gaya CSS & SASS, editor CSS Grid dan dukungan untuk Bootstrap, Tailwind CSS, dan WordPress.

Fitur-fitur tersebut bisa Anda gunakan dengan mudah dan tentunya gratis. Anda juga dapat menggunakan fitor kolaborasi sehingga Anda dapat berkolaborasi dengan teman Anda menggunakan aplikasi Pinegrow Web Editor ini.

3. BlueGriffon

BlueGriffon

BlueGriffon merupakan aplikasi desain web yang bersifat open source dan gratis. Anda dapat menggunakannya dengan mudah di berbagai platform sistem operasi, seperti Windows, MacOS, bahkan Linux sekalipun. Aplikasi BlueGriffon ini juga mendukung editor WYSIWYG.

Aplikasi ini mencakup FTP dengan add-on dan dukungan untuk pratinjau halaman, spell checking, template, web font, dan termasuk editor SVG untuk menggambar grafik vektor dalam aplikasi. Meskipun gratis, ada beberapa fitur yang perlu Anda beli secara terpisah, seperti manajer proyek, CSS editor gaya-sheet, dan layar penuh viewer.

4. CoffeeCup HTML Editor

 Aplikasi Pengganti Adobe Dreamweaver

Aplikasi pengganti Dreamweaver selanjutnya adalah aplikasi CoffeeCup HTML Editor. Jika Anda ingin membuat sebuah blog dengan tampilan yang menarik, aplikasi CoffeeCup HTML Editor ini dapat menjadi pilihan Anda. Tenang saja, aplikasi ini sepenuhnya dapat Anda gunakan secara gratis di berbagai platform seperti MacOs dan Windows.

Aplikasi CoffeeCup HTML Editor auto suggest tags dalam membuat kode pemrograman berbasis web. Aplikasi CoffeeCup HTML Editor termasuk editor yang mendukung JavaScript serta editing layar terpisah yang memiliki built-in FTP. Aplikasi ini juga memiliki skema pemilih warna untuk website untuk memilih warna.

5. KompoZer

KompoZer

Alternatif aplikasi pengganti Adobe Dreamweaver terakhir adalah aplikasi KompoZer. Apabila Anda seorang web developer pemula yang ingin instan alias tidak ribet mempelajari kode HTML atau bahasa pemrograman lainnya, aplikasi KompoZer ini dapat Anda pertimbangkan.

Aplikasi ini akan membantu Anda untuk menciptakan desain tampilan website sesuai dengan keinginan Anda. Aplikasi KompoZer termasuk aplikasi web design gratis dan open-source yang mendukung berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac, Linux, dan BSD.

KompoZer memiliki fitur WYSIWYG editor yang juga dapat mengedit dengan mudah tetapi tidak mendukung server-side scripting, editing bersama, frame, XSLT, MathML, XForms, RSS, Atom, XPath, atau SVG.

Beberapa fitur menarik dari KompoZer yang dapat Anda gunakan antara lain seperti, markup cleaner, resize table, FTP situs manager Tab dan CSS Editor.

Sekian artikel kali ini yang membahas 5 alternatif aplikasi pengganti Adobe Dreamweaver yang dapat Anda coba. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend