Alternatif Aplikasi Pengganti Nitro PDF Reader

10 Alternatif Aplikasi Pengganti Nitro PDF Reader (+Link Download)

NESABAMEDIA.COM – PDF merupakan salah satu bentuk format file dokumen yang paling populer dan banyak digunakan untuk berbagai hal seperti brosur, dokumen kantor, e-book, majalah digital, CV, portofolio, dan lain sebagainya.

Berkat kemudahan dan kesimpelannya lah yang membuat orang-orang terus setia menggunakan format file PDF ini.

Nah, untuk mengakses file PDF ini Anda membutuhkan sebuah aplikasi khusus. Salah satu aplikasi yang paling terkenal adalah Nitro PDF Reader. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang sangat bagus, namun ada beberapa fitur yang tidak dimilikinya seperti tanda tangan digital.

Alternatif Aplikasi Pengganti Nitro PDF Reader

Mungkin bagi Anda yang tidak terlalu membutuhkan fitur tersebut tidak masalah. Tapi, bagaimana jika suatu saat Anda membutuhkan fitur tanda tangan digital tersebut? Nah, berikut ini 5 alternatif aplikasi pengganti Nitro PDF Reader yang wajib Anda coba. Simak pembahasannya berikut ini.

1. SumatraPDF

Sumatra-PDF

Alternatif aplikasi pertama sebagai pengganti Nitro PDF Reader adalah aplikasi SumatraPDF. Aplikasi ini dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis. Bukan hanya format file PDF saja yang didukung, namun format file EPUB, MOBI, FB2, DjVu, dan XPS juga didukung.

Aplikasi SumatraPDF ini memberikan kemudahan untuk para penggunanya dengan memberikan shortcut pada keyboard agar Anda dapat membuka dan membaca file PDF dengan cepat.

Selain itu, aplikasi ini menyediakan beberapa mode tampilan seperti single page, presentasi atau buku yang dapat Anda pilih untuk menambah kenyamanan saat membaca PDF. Adapun kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak adanya fitur tanda tangan digital, pengisian formulir, dan fitur anotasi.

2. Foxit Reader

Foxit-Reader

Aplikasi pengganti selanjunya adalah Foxit Reader. Aplikasi ini bukan hany dapat digunakan untuk membaca file PDF Anda saja, tapi Anda juga dapat mengunggah hasil pindaian dan mengonversikannya ke dalam bentuk dokumen Word, presentasi PowerPoint ataupun file Excel ke dalam format PDF dengan aplikasi ini.

Bahkan Anda juga dapat menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file dengan sangat mudah di Foxut Reader ini. Aplikasi Foxit Reader juga menyediakan beberapa pilihan keamanan untuk menjaga PDF Anda tetap aman, yakni dengan menambahkan kata sandi, tanda tangan digital, serta enkripsi.

3. PDF-XChange Viewer

PDF-XChange-Viewer

Aplikasi selanjutnya adalah PDF-XChange Viewer. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara bebas dan gratis asalkan Anda tidak mendistribusikannya untuk mendapatkan sebuah profit. Contohnya seperti menjadikan PDF-XChange Viewer sebagai bonus pembelian untuk sebuah produk komersil.

Aplikasi PDF-XChange Viewer dapat menyimpan atau mengonversi halaman-halaman di dalam PDF Anda menjadi sebuah gambar dengan berbagai format pilihan seperti format BMP, DCX, TGA, dan lain sebagainya.

Selain itu, jika Anda ingin mengunci file PDF aplikasi ini mampu melakukannya. Ada 2 jenis password yang dapat Anda pilih, yaitu mengunci dokumen dengan password dimana hanya Anda saja yang dapat membukanya dan password dimana dokumen Anda tidak bisa di copy, di edit, dan di print.

4. Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader merupakan sebuah aplikasi PDF reader yang disediakan oleh Adobe untuk Anda gunakan secara gratis di beberapa tools seperti  menyorot teks, menambah dan mengisi komentar, serta menandatangani dokumen dalam format PDF tersebut. Bahkan, Anda juga dapat menikmati fitur text to speech yang bisa membacakan isi teks tersebut untuk Anda.

Aplikasi Adobe Acrobat Reader juga sudah terhubung ke Adobe Document Cloud dan penyimpanan awan lainnya seperti DropBox dan Microsoft OneDrive.

Sehingga Anda dapat dengan mudah membuka, melihat, membagikan, serta mengomentari file PDF tersebut dari mana saja dan perangkat apapun yang Anda inginkan. Tidak perlu khawatir jika file PDF Anda besar, karena Adobe Acrobat Reader ini mampu menangani file-file yang berukuran besar.

5. MuPDF

MuPDF

Alternatif aplikasi pengganti Nitro PDF Reader yang terakhir adalah MuPDF. Mungkin jika dilihat dari namanya aplikasi ini hanya mampu membaca file PDF saja, padahal yang sebenarnya tidak seperti itu. Aplikasi ini juga mampu membuka berbagai format file lainnya seperti  XPS, OpenXPS, FictionBook 2, EPUB dan CBZ.

Salah satu keunggulan dari aplikasi MuPDF ini adalah portabilitas. Jadi, setelah Anda mengekstrak aplikasi ini, Anda dapat menyimpannya di mana saja baik di flashdisk ataupun di komputer lain tanpa harus menginstalnya kembali.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 5 alternatif aplikasi pengganti Nitro PDF Reader yang dapat Anda coba dengan mudah. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend