• Our Partners:

Alternatif Aplikasi Pengganti Microsoft Office

10 Alternatif Aplikasi Pengganti Microsoft Office (+Link Download)

Saat ini mungkin aplikasi office suite yang paling populer dan banyak digunakan oleh orang banyaka adalah Microsoft Office. Saat ini siapa sih yang tidak kenal dan tidak menggunakan salah satu aplikasi buatan Microsoft ini?

Microsoft Office merupakan aplikasi office suite yang biasa digunakan untuk melakukan pengolahan kata, perhitungan dengan spreadsheet, presentasi digital, dan tugas digital lainnya yang dapat membantu produktivitas kerja.

Namun, mengingat dengan mahalnya biaya berlangganan aplikasi tersebut ada kalanya Anda akan membutuhkan aplikasi alternatif selain Microsoft Office.

Alternatif Aplikasi Pengganti Microsoft Office

Sebenarnya ada banyak aplikasi office suite selain Microsoft Office yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas 10 alternatif aplikasi pengganti Microsoft Office yang tidak kalah canggih dan hebat. Langsung saja, silakan simak pembahasannya berikut ini.

1. LibreOffice

Libre Office

Aplikasi alternatif pertama sebagai pengganti Microsoft Office yang dapat Anda gunakan adalah LibreOffice. Aplikasi LibreOffice merupakan aplikasi office suite yang dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis. Aplikasi ini juga sudah bersifat open source.

Jika Anda lihat sekilas aplikasi LibreOffice ini sangat mirip dengan Microsoft Office. Anda tidak perlu khawatir apakah aplikasi ini dapat digunakan di PC ataupun laptop Anda, karena aplikasi LibreOffice ini mendukung berbagai sistem operasi, mulai dari Windows, MacOS, hingga Linux.

Aplikasi ini pun dapat membuka semua format dokumen Micsrosoft Anda sebelumnya. 6 Program standa yang dapat Anda gunakan di LibreOffice ini adalah Writer, Draw, Impress, Math, dan Base.

2. WPS Office

WPS Office

Alternatif aplikasi pengganti Microsoft Office selanjutnya adalah WPS Office. WPS Office merupakan singkatan dari Writer, Presentation, dan Spreadsheets. Ketiganya dapat Anda gunakan secara mudah di dalam WPS Office.

Selain tampilan LibreOffice yang sangat mirip dengan Microsoft Office, ternyata aplikasi WPS Office pun juga memiliki tampilan antarmuka yang juga mirip dengan Microsoft Office.

Aplikasi office suite ini dikembangkan oleh Kingsoft yang sudah mendukung berbagai perangkat dan sistem operasi, seperti Windows, MacOS, Linux, hingga iOS dan Android.

Aplikasi WPS Office ini dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis, namun yang disayangkan aplikasi ini menampilkan cukup banyak iklan. Anda dapat membayarnya sekitar 30 dolar per tahun untuk menghilangkan iklan tersebut. WPS Office ini pun juga menyediakan penyimpanan awan sebanyak 1 GB.

3. Apache OpenOffice

Apache OpenOffice

Apache OpenOffice (AOO) merupakan aplikasi office suite yang sudah bersifat open source dan juga tersedia di berbagai platform. Dengan pengembangannya yang sudah dilakukan selama lebih dari 20 tahun, office suite ini selalu bermain secara konsisten.

Seperti aplikasi LibreOfficel, aplikasi OpenOffice ini menggunakan format Open Document (ODF). Sehingga Anda dapat melihat dan mengedit sejumlah besar jenis file lainnya, terutama file Microsoft Office.

Aplikasi Apache OpenOffice ini tidak dapat menyimpan atau menyunting dokumen menggunakan format XML terbuka, seperti DOCX. Namun, Anda dapat membuka file ini dan menyimpannya sebagai format yang berbeda.

4. OnlyOffice

Only Office

Alternatif aplikasi pengganti Microsoft Office berikutnya adalah OnlyOffice. Aplikasi Only Office ini dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis dan sudah besifat open source. OnlyOffice merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Ascensio Systems SIA yang tersedia lebih dari 22 bahasa dan salah satu klien utama mereka adalah Oracle.

Aplikasi OnlyOffice bukan hanya bisa Anda gunakan untuk mengolah kata atau spreadsheet saja tetapi Anda juga dapat melakukan pemenuhan pesanan dan untuk mendokumentasikan penjualan, cocok untuk Anda pemiliki bisnis kecil.

Salah satu fitur yang mungkin sangat berguna untuk Anda agar tetap up to date dengan tugas-tugas pribadi dan pekerjaan adalah fitur kalender. Aplikasi ini juga mendukung integrasi pihak ketiga.

5. SoftMaker FreeOffice

SoftMaker FreeOffice

Aplikasi selanjutnya adalah SoftMaker FreeOffice. Tampilan antarmuka aplikasi ini bisa terbilang sangat mirip dengan Microsoft Office. Jika Anda mencari aplikasi alternatif Microsoft Office yang mudah dan gratis, FreeOffice ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

SoftMaker FreeOffice ini sangat cocok digunakan untuk pekerjaan rumah ataupun tempat kerja. Tidak perlu khawatir dengan sistem operasi yang didukungnya, karena aplikasi ini mendukung berbagai sistem operasi dan perangkat. Anda dapat menggunakan aplikasi ini di Android.

Aplikasi ini juga mendukung jenis file yang lebih lama seperti PPT dan XLS. Tampilan antarmukanya pun terbilang modern dan klasik dan mirip dengan Microsoft Office sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan saat peralihan.

6. OfficeSuite

Office Suite

Office Suite merupakan aplikasi pengganti dari Microsoft Office yang dapat Anda gunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Android, bahkan iOS. Aplikasi ini dikembangkan oleh MobiSystems. Biasanya perangkat yang dibuat olerh Toshiba, Amazon, Alcatel, dan Sony sudah dilengkapi dengan aplikasi Office Suite yang sudah diinstal di dalamnya.

Aplikasi Office Suite ini memungkinkan Anda untuk melakukan sinkronisasi di seluruh perangkat dan tentunya aplikasi ini gratis. Namun, ya hanya fitur-fitur dasar saja yang dapat Anda akses seperti mengedit dokumen Word, Excel, dan PowerPoint.

Berbeda jika Anda menggunakan versi yang berbayar, Anda akan mendapatkan kompatibilitas penuh dengan berbagai format seperti ZIP, RTF, ODT, CSV, dan DOC. Office Suite juga sudah memiliki layanan penyimpanan awan seperti OneDrive, Dropbox, dan GDrive.

7. Calligra

Calligra

Aplikasi pengganti Microsoft Office selanjutnya yang bisa Anda gunakna dengan mudah adalah Calligra. Aplikasi ini sudah bersifat open source dan dapat diunduh secara gratis. Aplikasi Calligra ini dirilis pada Oktober 2000 lalu yang merupakan bagian dari KOffice. Aplikasi kembangan dari KDE ini cocok digunakan untuk desain seni grafis.

Aplikasi Calligra dapat digunakna di berbagai sistem operasi, seperti Windows, MacOS, Linux, dan Android. Berbeda dari LibreOffice yang memiliki tampilan yang mirip dengan Microsoft Office, Calligra tidak. Ada banyak fitur tab yang bisa digunakan untuk mengatur sisi kanan layar bukan di atas seperti Microsoft Office dan office suite kantor lainnya.

Salah satu fitur tambahan yang membuat aplikasi Calligra lebih menonjol dari aplikasi lainnya adalah ia menawarkan pemetaan gambaran dan alat pengelolaan proyek. Namun, biasanya ini dikenakan biaya tambahan.

8. Polaris Office

Polaris Office

Aplikasi selanjutnya adalah Polaris Office. Aplikasi ini dirilis pada bulan Maret 2014 lalu yang dikembangkan oleh Intraware. Aplikasi Polaris Office ini dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis di berbagai perangkat dan sistem operasi seperti Windows, MacOS, iOS, dan Android.

Polaris Office ini bisa dikatakan cukup populer di dunia bisnis, karena aplikasi ini banyak digunakan oleh orang-orang Amazon dan Samsung. Jika Anda kurang puas dengan versi gratisnya, Anda bisa meningkatkannya ke versi bisnis.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk menyunting berbagai formati file seperti PPT, XLS, DOCX, dan HWP.  Bahkan dengan versi terbarunya, Anda dapat mengonversi file suara dan gambar ke dalam bentuk dokumen. Dan Anda juga dapat mengonversi serta menyunting file PDF.

9. SSuite Office

SSuite Office

SSuite Office merupakan salah satu aplikasi office suite yang cukup terkenal. Aplikasi ini tidak kalah canggih dan bagus dari aplikasi pesaingnya. Aplikasi SSuite Office ini dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis alias freeware.

Meskipun aplikasi ini tidak seterkenal Microsoft Office, siapa sangka jika aplikasi ini menawarkan kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi office suite pada umumnya.

Anda tidak perlu lagi menginstal JavaScript ataupun Net Framework untuk dapat mengakses aplikasi SSuite Office ini. Anda cukup menginstalnya dan menggunakan SSuite Office secara langsung. SSuite Office ini dapat Anda nikmati di berbagai sistem operasi Windows.

10. Ashampoo Office

ashampoo office

Aplikasi alternatif yang terakhir adalah Ashampoo Office. Aplikasi ini merupakan aplikasi office suite yang bisa menjadi alternatif Microsoft Office yang mungkin membutuhkan biaya yang lebih besar untuk menggunakannya.

Aplikasi ini memiliki tiga komponen utama yaitu TextMaker (pengolah kata), PlanMaker (pengolah angka), dan juga Presentations Maker(pengolah presentasi).

Anda tidak perlu khawatir dengan file atau dokumen Microsoft Office Anda sebelumnya apakah bisa dibuka atau tidak. Karena Ashampoo Office ini kompatiberl dengan Microsoft Office.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi alternatif pengganti Microsoft Office di PC ataupun laptop Anda. Silakan Anda pilih aplikasi mana yang menurut Anda paling simpel dan mudah digunakan.

Sebelum memilih sebaiknya Anda pastikan PC ataupun laptop Anda support dengan aplikasi tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend