• Our Partners:

Antarmuka Baru Gmail, Mulai Dirilis untuk Semua Pengguna

Antarmuka Baru Gmail, Mulai Dirilis untuk Semua Pengguna

NESABAMEDIA.COM – Februari merupakan bulan pertama Google mengumumkan bahwa akan mengubah tampilan antarmuka Gmail, beberapa minggu yang lalu perusahaan juga telah membocorkan tampilan sekilas untuk Gmail yang lebih segar. Sekarang, Google telah siap mengubah seluruh antarmuka Gmail dan diakses oleh semua orang, Kamis (27/7).

Google selaku perusahaan yang menaungi Gmail, kini telah merilis bocoran lainnya dari fitur yang akan digunakan nanti. Melalui gambar, mereka merilis apa saja perubahan dan fungsi dari beberapa alat yang mereka tambahkan, seperti menambahkan label untuk mengorganisir setiap surel yang masuk.

Namun, alih-alih memberikan peningkatan untuk pengguna tablet, sepertinya Google belum mengubah antarmuka mereka untuk pengguna tablet, Gmail masih dalam langkah untuk dapat meningkatkan kemampuan aplikasi dalam menggunakan emoji, dan lainnya.

Antarmuka UI Gmail

Tampilan Antarmuka Rinci Gmail

Gmail juga memberikan pilihan yang dapat digunakan oleh pengguna, ketika mereka lebih memilih untuk menggunakan antarmuka lama. Secara keseluruhan memang Gmail menambahkan beberapa fitur, yang memenuhi Dashboard. Gmail juga memiliki beberapa tambahan fitur, yang dapat terhubung dengan layanan Google Workplace.

Layanan seperti Google Meet dan Chat nantinya akan hadir di antarmuka, namun jika pengguna merasa terganggu akan tampilan ini, maka dapat langsung dihapus pada pengaturan, tepatnya di Quick Settings.

Bagi mereka yang tidak begitu nyaman dengan antarmuka baru ini, maka dapat memilih untuk tetap menggunakan antarmuka lama, tetapi akan kehilangan integrasi dengan layanan Google Workplace lainnya yang sangat berguna untuk kinerja yang lebih efisien.

Fitur-fitur yang ada di tampilan baru Gmail, merupakan fitur lama yang sebagian besar masih digunakan, hanya tata letaknya saja yang diubah oleh Google. Surel seperti spam telah dihapus oleh Google, nantinya pengguna hanya akan melihat semua pesan yang tergabung menjadi satu baris.

Perubahan tampilan antarmuka ini tidak hanya terjadi untuk pengguna Gmail saja, melainkan untuk berbagai aplikasi dan layanan dari Google Workplace, termasuk diantaranya Google Docs, Sheet, dan masih banyak lagi. Google nampaknya ingin mengembangkan sebuah tampilan dan fitur, yang terintegrasi dengan kecerdasan buatan mereka.

Antarmuka Gmail terbilang menarik, karena memberikan kepada pengguna tata cara mengubah tampilan sederhana, dengan lebih baik dan interaktif.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend